Cara Produktif Untukmu yang Sering Menunda Pekerjaan Melalui 5 Second Rule

Cara Produktif Untukmu yang Sering Menunda Pekerjaan Melalui 5 Second Rule 

Jobnas.com – Ketika kamu sering menunda pekerjaan, kamu bisa memanfaatkan metode 5 Second Rule untuk meminimalisirnya. Metode semacam ini sudah terbukti secara ilmiah serta dapat dipercaya mendongkrak kreativitas.  

Baca Juga: Ingin Jadi Sales Representative yang Profesional? Wajib Kuasai 5 Skill Ini

Tentu kamu semakin penasaran, kan ? Nah, di artikel ini Jobnas.com akan menjelaskan terkait metode 5 second rule yang bisa kamu terapkan. Yuk, baca selengkapnya !

Pengertian 5 Second Rule

Adalah Mel Robbins yang mencetuskan metode ini melalui bukunya yang bertajuk The 5 Second Rule. Baginya, hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Pada dasarnya, yang perlu kamu ingat soal aturan lima detik ini adalah jika kamu memiliki insting atau keinginan untuk melakukan sesuatu, kamu harus langsung melakukan tindakan dalam 5 detik.

Jika tidak, otak kita akan mengesampingkan keinginan tersebut atau malah melupakannya sama sekali. Inilah sebuah tesis yang berusaha dibangun oleh metode ini. Cara kerja metode ini yaitu kamu harus menghitung mundur dari 5 hingga 1 ketika kamu merasa malas namun tahu harus mengerjakan suatu hal, sehingga dengan metode seperti itu, kamu langsung dapat bergerak dan melakukannya.

baca juga: Atasi Typo dalam Menulis Melalui 5 Cara Ini

Menurut Elle Kaplan, teknik ini membuat otak kita tidak lagi memikirkan keraguan atau perasaan yang bisa mengganggu pengambilan tindakan. Hal ini selaras dengan apa yang disampaikan oleh Mel Robbins yang juga menyampaikan bahwa 5 second rule merupakan bentuk dari metacognition, yaitu cara mengelabui otak kita untuk mencapai suatu tujuan.

Kita bisa mengatur kebiasaan baik untuk otak kita sehingga tidak berfungsi secara autopilot atau otomatis dengan melakukan 5 second rule. Fungsi otak yang disebut prefrontal cortex akan terganggu, ketika  otak kita bekerja tanpa kendali. Padahal, menurut seorang peneliti di Yale, Amy Arnstern, bagian otak ini sangat penting untuk membuat keputusan, rencana, dan tindakan untuk mencapai suatu tujuan.

Tips Melakukan 5 Second Rule

Metode 5 second rule adalah teknik yang sederhana. Akan tetapi, terkadang masih banyak orang melakukan kesalahan saat mencoba melakukannya. Beberapa tips di bawah ini bisa kamu coba dengan baik untuk melakukan 5 second rule.

Baca Juga: Mencari Sponsorship Online? Berikut Tips, Jenis dan Manfaatnya

1. Pahami Insting

Ketika kita merasakan dorongan sebuah insting, metode 5 second rule adalah teknik yang perlu langsung diaplikasikan. Namun, bagaimana cara mengetahui itulah insting yang perlu ditindaklanjuti? Secara sederhana, insting merupakan dorongan yang hanya bisa dirasakan diri kita masing-masing. 

Biasanya, insting yang perlu langsung ditindaklanjuti adalah hal yang kamu tahu perlu dilakukan dan sebenarnya tidak punya pilihan untuk menundanya, meski tidak ingin melakukan hal tersebut. Insting untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan adalah  salah satu insting yang tentunya sering kita rasakan.

2. Paksa Diri

Sulit rasanya untuk mengimplementasikan metode 5 rule ini apabila tidak dipaksakan. Tidak ada kenyamanan di zona nyaman, dan tidak ada zona nyaman dalam kenyamanan. Konteksnya, ketika sudah yakin bahwa kamu merasakan sebuah insting yang penting untuk suatu tujuan, langsung berikan dirimu dorongan untuk melakukannya meskipun nyaman bermalas-malasan.

Memang sulit melawan perasaan ini, karena secara alami otak kita cenderung mengajak kita untuk malas. Namun, kontrol atau berusaha untuk mengendalikan diri adalah aspek terpenting dalam 5 second rule.

Akan sulit untuk memiliki kendali lebih akan fungsi otak kita, tanpa kesadaran khusus untuk melakukannya. Pada saat inilah kamu harus langsung menghitung mundur dari angka 5 hingga 1 dan beranjak dari kemalasan.

Baca Juga: What the Meaning of Email?

Ketika memutuskan untuk meninggalkan zona nyamanmu, tidak apa-apa untuk tidak langsung melakukan hal yang semestinya dilakukan. Yang penting, ada tindakan fisik yang dikerjakan menuju hal tersebut. Tentunya, jangan melakukan hal yang terlalu tidak terkait dengan tujuan awalmu. 

Itulah penjelasan Jobnas.com terkait 5 second rule yang perlu kamu pahami. Bagaimana? Secara teoritis, 5 second rule adalah teknik yang cukup mudah, kan? Setelah mengetahuinya, yuk, coba melakukannya agar semakin produktif!

0
654