Mencari Sponsorship Online? Berikut Tips, Jenis dan Manfaatnya

Mencari Sponsorship Online?  Berikut Tips, Jenis dan Manfaatnya - Jobnas

Jobnas.com – Mencari Sponsorship online? ketika akan menyelenggarakan suatu acara, baik yang berskala nasional maupun internasional, saat ini sangatlah mudah.

Namun, terkadang keberadaan sponsorship tersebut kurang membantu terhadap naiknya rating dari kegiatan yang kita selenggarakan, apalagi sponsorship yang berbasis online.

Oleh karena itu, carilah Sponsorship Online yang benar-benar kompeten. Sehingga bisa memberi feedback bagi kedua belah pihak.

Sebelum mencari sponsorship online, tahukah Kamu, apa itu Sponsorship? Selain sponsor yang mendukung berjalannya acara, Sponsorship merupakan salah satu bentuk pemasaran yang cukup sering diterapkan dalam bisnis.

Lantas, apa itu sponsorship online dan apa saja jenisnya? Simak penjelasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Pengertian Sponsorship

Apa itu Sponsorship? Sponsorship adalah program promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan, dengan mengadakan perjanjian dengan pihak lain. Sehingga diharapkan akan ada timbal balik bagi penerimanya.

Konsep ini menjadi alat bantu pemasaran, agar produk atau merek perusahaan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Sistem sponsorship juga dimaknai sebagai proses dimana perusahaan memberikan sponsorship berupa fee kepada event organizer, kemudian pihak penyelenggara akan memajang atau mempromosikan produk-produk dalam acara tersebut.

Dasar penting dalam mencari sponsorship online adalah adanya kesepakatan kerjasama antara kedua belah pihak, baik  perusahaan sponsor maupun penerima manfaat, untuk saling menguntungkan.

Jenis-jenis Sponsor

Sponsorship, dalam konteks pemasaran, adalah strategi yang digunakan perusahaan atau merek untuk mendukung acara atau kegiatan tertentu dengan tujuan memperoleh visibilitas dan mempromosikan merek mereka kepada audiens yang relevan. Berikut ini adalah beberapa jenis sponsorship yang umum digunakan dalam dunia pemasaran:

1. Sponsor online

Sponsor online adalah jenis sponsor yang dilakukan selama acara online berlangsung, misalnya, saat ini banyak webinar dan kompetisi diadakan secara online.

Merek sponsor acara akan sering ditampilkan di tengah ringkasan acara, ini bisa dalam bentuk penyebutan produk, peluncuran merek, atau hadiah saat menampilkan merek sponsor.

2. Sponsor Brand

Kegiatan sponsorship brand, khususnya teknik pemasaran yang dilakukan dengan mensponsori acara besar, membagikan selebaran, menyiarkan Iklan di televisi dengan tujuan mempromosikan merek, produk, atau brand tertentu.

Bedanya dengan event sponsorship adalah tujuan dari kedua jenis sponsorship tersebut, dan jika sponsorship acara dilakukan untuk mendukung berjalannya suatu acara sambil menjalankan promosi, maka sponsorship merek adalah taktik pemasaran dengan mengadakan acara aktual yang dilakukan untuk mempromosikan sesuatu.

3. Sponsor acara

Sponsor acara adalah strategi pemasaran dan dukungan yang diberikan untuk acara offline.

Bentuk yang paling umum adalah membuka booth dan memasang spanduk di area sekitar acara.

Contoh event yang menjalankan sponsored event antara lain konser, jalan sehat, kompetisi sepak bola, dan lain-lain.

Tugas Utama Sponsorship Online

Kesepakatan antara penerima dan sponsor sangat penting, agar nantinya bisa saling menerima feedback yang seimbang.

1. Memberikan peluang branding

Kesepakatan tentang format promosi yang akan dilaksanakan Implementasi umum akan dibahas antara dua bagian.

Kapan dan seberapa sering penyelenggara harus mempromosikan brand, sehingga penting untuk Anda mengetahui hal ini dengan jelas untuk saling menguntungkan.

2. Mendukung kesuksesan acara

Perusahaan sponsor memiliki kewajiban untuk mendukung penyelenggara acara. Dan di pihak penyelenggara, ada kewajiban untuk mendukung kampanye dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan dalam kerangka sponsor acara.

3. Bertanggung jawab atas kampanye

Penyelenggara acara bertanggung jawab atas kelancaran kampanye dan sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangani antara kedua belah pihak.

Setelah acara selesai, pihak penyelenggara dapat melaporkan dan mengucapkan terima kasih atas sponsorship yang diberikan kepada perusahaan.

Manfaat Sponsorship

Adanya hibah tentu harus menguntungkan kedua belah pihak baik bagi penerima maupun pemberi dana.

Dari sekian banyak keuntungan yang ada, berikut ini adalah keuntungan sponsorship yang bisa didapatkan.

1. Meningkatkan kesadaran merek

Sebagai bagian dari kemitraan sponsorship,  penerima manfaat dapat memesan ruang bagi perusahaan untuk membuka stan atau setidaknya memasang logo pada poster atau spanduk, atau spanduk acara.

Munculnya logo bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan nilai brand awareness dari peserta acara.

Cara ini cukup efektif karena dengan mensponsori perusahaan dapat melihat apakah peserta yang masuk sesuai dengan target pasar.

Dengan begitu, perusahaan baru memiliki kesempatan untuk memperkenalkan produk dan layanan dengan lebih mudah.

2. Meningkatkan citra merek

Berawal dari memperluas jangkauan orang yang mengetahui tentang produk atau perusahaan, dengan niat baik maka citra perusahaan juga akan meningkat.

Mensponsori kegiatan amal atau hal-hal positif tentu memberikan publisitas yang baik tentang reputasi  perusahaan.

3. Mendukung kegiatan positif di komunitas

Sponsorship adalah bentuk dukungan bisnis untuk kegiatan di komunitas, misalnya ketika ada kegiatan bakti sosial di daerah terpencil, mengadakan lomba untuk anak-anak atau memberikan pelatihan vokasi bagi masyarakat dan siswa.

Kegiatan tersebut tentunya bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas masyarakat. Dengan cara ini, perusahaan juga berperan dalam tujuan kemanusiaan ini.

4. Membuka peluang untuk meningkatkan penjualan

Ketika event berlangsung, terkadang  perusahaan  juga dapat mendirikan counter untuk menjual produk atau memperkenalkan layanan yang diberikan.

Keberadaan lapak ini bisa menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan tambahan di luar dukungan penjualan bulanan biasanya.

Cara Mencari sponsorship online dan Melakukannya

Beberapa tahun terakhir hampir semua acara dilangsungkan secara online. Tentunya ada penyesuaian yang dilakukan oleh penyelenggara acara untuk tetap menyukseskan tujuan pemasaran perusahaan yang telah memberikan sponsorship.

Sebagai referensi, di bawah ini adalah cara mencari sponsor online dan tips melakukan sponsorship online secara benar agar menguntungkan kedua pihak yang bisa Anda terapkan.

1. Cara mencari sponsorship online

  1. Tentukan target perusahaan yang relevan dengan topik acara
  2. Buat proposal acara yang formal dan menarik perusahaan
  3. Kirimkan melalui email dengan subjek dan deskripsi yang jelas dan sopan
  4. Tunggu jawaban dari perusahaan dalam durasi tertentu
  5. Setelah mendapat jawaban, ajak perusahaan untuk melakukan diskusi melalui telepon atau meeting online
  6. Tanyakan persyaratan dan harapan dari perusahaan, serta sampaikan yang ingin Anda tawarkan
  7. Jika sepakat, lakukan kampanye yang telah didiskusikan bersama

2. Tips melakukan sponsorship online

  1. Adakan giveaway
  2. Berikan merchandise pada penanya saat sesi tanya jawab
  3. Selipkan satu sesi untuk menyebutkan brand yang memberikan sponsorship pada event tersebut
  4. Cantumkan logo brand pada poster dan background virtual

Itulah penjelasan mengenai cara melakukan sponsorship online dan bagaimana cara mencari sponsoship yang tepat.

Namun jika Anda ingin mencari sponsorship untuk acara yang akan diselenggarakan, cobalah untuk menerapkan tips di atas.

Usahakan menggunakan sponsorship yang tepat seperti microsoftazuresponsorships.com, atau menggunakan penyedia jasa sponsorship yang kompeten dan terbukti seacara karya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

0
92