Atasi Typo dalam Menulis Melalui 5 Cara Ini

Google News
Atasi Typo dalam Menulis Melalui 5 Cara Ini
Atasi Typo dalam Menulis Melalui 5 Cara Ini

Jobnas.com – Supaya tulisanmu memiliki kredibilitas di mata orang lain, kamu harus memahami tips mengatasi Typo. Bagi seorang penulis, sudah menjadi fakta umum bahwa typo memang telah menjadi problem besar. Selain itu, typo akan membuat tulisanmu tidak enak dibaca oleh orang lain. Di sinilah pada akhirnya typo akan berakibat fatal bagi kualitas tulisanmu.

Baca Juga: Cek Kartu BPJS Kesehatan Aktif Atau Tidak

Apabila kamu ingin mengirim tulisan ke sebuah media, sedangkan tulisanmu banyak typonya maka ada kemungkinan besar akan ditolak oleh editor. Nah, bagaimana sih cara mengatasi sebuah typo dalam tulisan ? Pada artikel ini, Jobnas.com akan mendeskripsikan tips untuk mengatasi tulisan typo-mu. 

1. Baca Ulang

Membaca ulang setiap tulisan yang sudah jadi, merupakan  langkah awal untuk mengatasi typo-mu.  Menurut NPR Training, langkahnya bisa dimulai dari baca ulang keseluruhan tulisanmu, lalu beri tanda di bagian mana terdapat typo, salah menempatkan tanda baca, atau bahkan salah ejaan.

Untuk itu, perbaiki kesalahan tersebut dengan hati-hati. Jangan sampai kamu malah menimbulkan kesalahan yang lain dalam tulisan. Soalnya kebanyakan rata-rata penulis terkadang malas untuk melakukan kegiatan ini. Dengan demikian,  buang rasa malasmu supaya menghasilkan tulisan yang berkualitas sehingga renyah dibaca oleh orang.

2. Minta Koreksi Teman

Ketika kamu dan temanmu misalnya menjadi seorang content writer, tips yang sangat mujarab untuk mengatasi tulisan typo-mu ialah memeriksa tulisanmu dengan mereka. Dengan kata lain, kamu bisa bekerja sama untuk saling mengoreksi.

Baca juga: 5 Aplikasi Gratis untuk Tracking Mengayuh Sepeda

Seperti dikutip dari Crypt Life, berikan kesempatan kepada temanmu untuk memperbaiki tulisanmu. Pasalnya, sudut pandang dari orang lain akan membuat tulisanmu menjadi lebih berwarna. Selain mencari typo ataupun kesalahan tanda baca, mungkin temanmu juga bisa memberikan diksi yang tepat dari beberapa kalimat dalam tulisanmu.

3. Gunakan Fitur Auto Correct

Sebaiknya kamu menggunakan fitur autocorrect apabila kamu sering Menulis di Google Docs atau Microsoft Word. Fitur ini akan membantumu untuk membuat tulisan menjadi benar jika kamu secara tidak sengaja melakukan typo satu huruf saja.

Baca Juga: Sama-Sama Mudahkan Transaksi, Apa Perbedaan Digital Banking, Mobile Banking dan Internet Banking?

Sebagai contoh, kamu secara tidak sengaja menulis “menmbak”. Dengan fitur auto correct, otomatis itu dapat diubah menjadi “menembak”. Kendati demikian, kamu jangan terlalu mengandalkan fitur ini. Sebab, auto correct terkadang tidak menyajikan prediksi kata yang sesuai dengan apa yang ingin kamu tulis.

4. Istirahat Sejenak

Sebelum melakukan proofreading, ada kalanya kamu istirahat sejenak. Ha ini sangat penting dilakukan mengingat kamu telah memakan banyak waktu untuk menulis sehingga seringkali kamu akan merasa lelah. Oleh karena itu, beri waktu sekitar 5-10 menit untuk mengistirahatkan otak dan badan. Setelah itu, baru baca ulang tulisanmu. Setelah istirahat, ada kemungkinan kamu mempunyai ide segar untuk memperbaiki tulisan yang sekiranya dapat dikembangkan serta memperbaiki kesalahan-kesalahan.

5. Cetak Tulisanmu

Tidak ada salahnya untuk mencetak tulisanmu terlebih dahulu sebelum dibaca ulang apabila kamu mempunyai mesin printer di kantor atau rumah. Hal ini dikarenakan tulisan dalam versi cetak akan memberikan suasana segar bagimu untuk mencari setiap typo dalam menulis. 

Baca Juga: Yuk, Ketahui 5 Fitur Android 13 yang Berfungsi Meningkatkan Produktifitas Kalian

Dikutip dari Quicky and Dirty Tips, kebanyakan orang bahkan lebih banyak menemukan kesalahan dalam tulisan saat membacanya dari versi cetak daripada membacanya dari layar monitor. Namun, jika kamu tidak memiliki mesin cetak, kamu dapat memanfaatkan preview blog untuk membaca tulisanmu. Jadi, intinya cari wadah baru agar kamu tidak suntuk saat membaca ulang tulisanmu.

Itulah lima tips dari Jobnas.com yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi typo dalam tulisan. Hal yang perlu kamu ingat adalah bahwa ketika tulisanmu banyak typo-nya, maka tulisanmu perlahan akan tidak enak dibaca. Lewat tips di atas, diharapkan kamu dapat meminimalisir terjadinya typo dalam tulisanmu itu.