Yuk, Ketahui 5 Fitur Android 13 yang Berfungsi Meningkatkan Produktifitas Kalian

Google News
Android 13
Android 13

Jobnas.com – Percaya atau tidak setiap harinya, ponsel pintar yang kita gunakan semakin nyaman untuk digunakan untuk meningkatkan produktivitas.

Dewasa ini tepatnya tahun 2022 muncullah sederet fitur Android 13 yang baru diluncurkan Google pada bulan September.

Fungsi lain dari bisa dan sangat mendukung komunikasi, smartphone atau posel pintar kita juga mendukung multitasking. Memang, apa saja fitur terbaru Android 13 yang perlu kita ketahui sepaya bisa membantu produktivitas?

Jika kalian penasaran di artikel kali ini, Jobnas akan menjelaskannya kepada kalian dengan jelas dan tuntas!

Fitur Android 13

Fitur Android 13
Android 13

1. Pengaturan Perangkat Pintar

Dengan fitur yang baru diluncurkan ini, kalian akan dengan mudah mengelola berbagai perangkat pintar yang kalian miliki.

Akhir-akhir ini, banyak perangkat pintar telah muncul sebagai bagian dari IoT. Sangat sedikit orang yang memiliki perangkat pintar seperti jam tangan pintar, TV pintar, speaker pintar, dll. untuk mendukung produktivitas.

Sebelumnya, untuk mengelola perangkat pintar ini, Anda harus memiliki aplikasi terpisah, Google Home. Dengan Android 13, Anda dapat mengaksesnya dengan lebih mudah dengan menekan tombol daya.

Jika sebelumnya hanya muncul opsi shutdown dan restart, maka akan muncul opsi pengaturan Android 13 untuk perangkat pintar. Anda dapat lebih mudah melihat kesehatan baterai, perangkat mana yang aktif, dan lainnya dalam satu tampilan.

2. Riwayat Pemberitahuan

Mengacu pada Notification History mengenai notifikasi, fitur di Android 13 yang juga bisa membantu produktivitas. Selain itu pada fitur ini menjadi idaman para banyak pengguna.

Dengan fitur ini kalian dapat memiliki banyak aplikasi yang mengirimkan banyak notifikasi hampir bersamaan.

Sesuai dengan kebiasaan banyak orang terkadang kalian tidak sengaja menghapus notifikasi penting. Untungnya, di Android 13, hal ini telah teratasi.

Kalian dapat melihat notifikasi masuk yang berbeda sehingga kalian tetap dapat menerima notifikasi penting meskipun tidak sengaja terhapus.

3. Lisensi Sementara

Yang sering menjadi keluhan banyak pengguna smartphone Android adalah soal privasi. Diketahui banyak kasus pembobolan data hanya karena pengguna tidak mengetahui adanya aplikasi yang mengakses hal-hal yang tidak perlu.

Android sudah memahami hal ini. Dalam situs resminya, Google mengatakan bahwa privasi lebih diperhatikan sebagai fitur Android 13 untuk memfasilitasi produktivitas pengguna.

Itu sebabnya OS Android terbaru meningkatkan keamanan dengan memberikan izin sementara untuk masing-masing aplikasi.

Beberapa aplikasi sengaja mengakses kamera dan mikrofon bahkan saat tidak digunakan. Tentunya hal ini sangat merugikan dan mengancam privasi pengguna.

Saat kalian membuka aplikasi, akan muncul pop-up yang meminta izin untuk mengakses berbagai hal di ponsel cerdas kalian, seperti kamera, mikrofon, dan lokasi.

Di Android 13, kalian hanya dapat mengizinkan aplikasi mengakses item ini saat membuka aplikasi. Ini membantu mencegah aplikasi dari sengaja mengakses hal-hal yang tidak perlu saat aplikasi tidak berjalan.

4. Penggabungan Notifikasi

Berasal dari Androidauthority salah satu fitur penting Android 13 adalah grup notifikasi. fitur ini menjadi harapan banyak orang ketika muncul. Pasalnya dengan mengelompokkan notifikasi, kalian bisa melihat yang penting terlebih dahulu.

Sebelumnya, setiap notifikasi yang muncul muncul sesuai urutan diterimanya. Tentu sangat mengganggu karena beberapa aplikasi memiliki notifikasi sendiri yang tidak mendukung produktivitas.

Pengelompokan ini akan memberikan notifikasi chat atau obrolan di area terpisah. Ini akan membuat kalian tetap up to date dengan berita terbaru dari kolega atau keluarga.

Baca juga: Sama-Sama Mudahkan Transaksi, Apa Perbedaan Digital Banking, Mobile Banking dan Internet Banking?

5. Gelembung Obrolan

Fitur ini menjadi salah satu yang paling ditunggu karena dapat membantu produktivitas. Pada fitur yang ketiga ini dikenal dengan sebutan Chat bubbles atau gelembung obrolan.

Dengan gelembung obrolan, kalian dapat melanjutkan aktivitas dan berkomunikasi di aplikasi pesan singkat tanpa meninggalkan aktivitas.

Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia di aplikasi Facebook Messenger, namun di versi Android 13, fitur ini bisa mendukung banyak aplikasi lainnya.

Hingga artikel ini ditulis, hanya Whatsapp dan Telegram yang mendukung fitur ini. Namun, tidak menutup kemungkinan kedepannya aplikasi lain dapat menggunakan fitur ini.

Jadi, inilah 5 hal penting perihal fitur android 13 yang perlu kalian ketahui dan semua itu dapat membantu produktivitas. Jika kalian tertarik dengan informasi serupa, kalian bisa mendapatkan infomasinya di blog Jobnas.