Ingin Jadi Sales Representative yang Profesional? Wajib Kuasai 5 Skill Ini

Google News
Sales Representative
Sales Representative

Jobnas.com – Menjadi seorang sales representative yang profesional adalah salah satu pekerjaan yang selalu dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Kenapa bisa begitu? Ialah karena posisi ini merupakan pekerjaan yang tugas utamanya menjual produk atau jasa kepada klien, mereka juga punya target meningkatkan angka penjualan dari suatu perusahaan tersebut.

Memang tidak jauh berbeda dengan perkejaan seorang sales pada umumnya, sales representative juga dituntut menguasai berbagai skill untuk mendukung kinerja yang maksimal dan sesuai harapan.

Jika Anda tertarik dan berkeinginan untuk berkarir di posisi ini, maka skill yang wajib Anda kuasai dulu seperti halnya ulasan berikut ini.

Skill yang harus dikuasai oleh Seorang Sales Representative

Marketing
Marketing

1. Skill Komunikasi yang Baik

Tentu, dalam perkerjaan seorang sales representative yang prosfesioanl, skill yang utama dan wajib dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi yang baik.

Karena umumnya, pekerjaan seorang sales akan selalu bertemu dan berkomunikasi dengan banyak orang, sehigga pesan yang Anda sampaikan harus bisa dicerna dengan mudah oleh calon klien Anda.

Hal itu tidak lain dan tidak bukan untuk mempermudah pemahaman klien Anda dalam mencerna dan memahami maksud dan tujuan dari pesan yang komunikasi yang Anda sampaikan.

Selain aspek komunikasi, maka penting juga untuk memperhatikan juga aspek intonasi, nada, pengucapan kata, hingga kecepatan dalam bertutur kata.

Sebab ketika seorang sales representative yang profesional yang menawarkan produk atau jasanya dengan menggunakan kecepatan bicara tinggi, maka kemungkinan besar pesannya sulit ditangkap dan dipahami.

Karena pada umumnya, calon customer atau klien lebih memperhatikan bagaimana cara sales menyampaikan pesan ketimbang apa yang disampaikan.

Bagaimana si sales mengkomunikasikan pesannya menentukan ketertarikan klien menyimak presentasimu sampai selesai.

2. Pahami product knowledge Anda

Seorang sales representative yang professional harus juga memiliki skill mengakap maksud dan tujuan yang ingin disampaikan kepada para konsumen.

Khusunya dalam memahami produk yang ingin ditawarkan, karena bagaimana mau menawarkan produk kalau Anda saja belum paham produk yang Anda jual?

Hal yang harus anda pahami seputar apa kelebihannya, bahan dasarnya, manfaatnya buat orang yang mengkonsumsi produk tersebut.

Sebagai sales teladan Anda harus bisa membantu calon klien mengenal secara detail produk/jasa yang Anda tawarkan, hal tersebut bertujuan agar klien yakin bahwa produk yang Anda tawarkan tidak menyisakan tanda Tanya lagi di benak konsumen.

Bahkan kalau perlu, jelaskan setiap komponen yang ditawarkan dan jawab setiap pertanyaan klien Anda dengan maksimal sampai mereka betul-betul paham akan semua isi dan kandungan yang ada di dalamnya.

3. Pahami sifat sampai suasana hati klien dengan identifikasi karakter

Identifikasi karakter dinilai sebagai salah satu kunci penjualan yang sukses, dan mejadi skiil yang harus dikuasi oleh setiap sales representative.

Sebab, setiap klien/konsumen memiliki ciri dan keunikannya masing-masing, dan Anda harus bisa menyesuaikannya dan harus cepat membaca sifat dan karakter seseorang agar bisa melakukan pendekatan dengan baik.

Berbeda karakter, berbeda juga cara pendekatannya, maka dalam kondisi ini Anda bisa melihat dari cara dia berbicara, tatapan mata, sampai gestur tubuh.

Pasalnya kalau klien aja merasa nyaman bicara sama Anda, kemungkinan besar mereka tidak akan keberatan melakukan pertemuan lagi dan menjalin kerjasama dengan Anda.

Karena salah satu bisnis yang baik memiliki sales representative yang professional, dan untuk skill yang sari ini, diprediksi akan sangat berguna untuk kerja sama jangka panjang,

Baca Juga: Angular VS AngularJS, Mana yang Terbaik untuk Websitemu

4. Selain jadi pembicara yang baik, jadilah pendengar yang baik

Salah satu kunci kesuksesasan seorang sales representative adalah mampu menjadi pembicara dan pendengar yang baik.

Karena dalam rumus komunikasi, harus terjalin antara sales dan customer yang berjalan dua arah.

Artinya, anda perlu juga menggunakan pendekatan semosional misalnya dengan mendengarkan cerita dan keluhan mereka, sebab dengan begitu Anda bisa mengidentifikasi apa yang sebenarnya mereka butuhkan.

Selain itu, penting juga dipahami oleh seorang sales representative professional yang perlu tau kapan waktunya Anda berbicara dan kapan waktunya Anda mendengarkan, karena dengan memahami situasi tersebut, maka klien anda akan merasa nyaman dan leluasa menceritakan kebutuhannya.

5. Penolakan dan keberatan pasti ada, karena itu Anda butuh skill objection handling

Dalam perjalanan seorang sales, tentu penolakan sudah jadi makanan sehari-hari, akan tetapi meski begitu, sales representative yang profesional harus bisa mengatasi penolakan dan keberatan yang diberikan klien.

Untuk itu, anda perlu menguasai yang namanya objection handing atau denga mlakukan negosiasi tanpa memaksa, sebab ketika klien menolak tawaran Anda, maka hal yang harus anda lakukan adalah memberi nilai lain sebagai pertimbangan.

Misalnya saat calon klien merasa keberatan dengan harga, Anda bisa ceritakan kelebihan produk, seperti material atau bahannya, proses produksi yang ramah lingkungan, atau keawetan produk.

Selain itu, jadikan penolakan dan keberatan klien Anda sebagai salah saru koreksi yang positif terhadap produk atau jasa anda, sehigga menjadi pelajaran baru kedepannya kenapa bisa terjadi demikian.

Itu tadi beberapa skill yang wajib dimiliki seorang sales representative yang profesional agar bisa sukses. Anda juga bisa mencari informasi lain seputar tema yang ingin Anda cari melalui berbagi manacam informasi di sini.

Baca juga: Memahami Inclusive Design, Konsep Desain untuk Semua Pengguna

Di era adaptasi, skill kerja harus terus berkembang, untuk membantu and menambah skiil dan kemampuan kerja Anda, dan ketika ada usulan atau pengalaman lain yang berbeda, bisa Anda tuliskan di kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba dan jangan pernah merasa puas, karena kepuasan hanya dimiliki oleh orang-orang yang tidak mau berkembang, dan semoga sukses!