Beberapa Cara Turun Kelas BPJS dan Persyaratannya

Beberapa Cara Turun Kelas BPJS dan Persyaratannya - Jobnas

BPJS memiliki tiga kelas yang berbeda mulai dari BPJS kelas 1 hingga BPJS kelas 3. Yang membedakannya ada pada iuran yang setiap bulan harus dikeluarkan dan layanan rawat inap. Anda bisa naik maupun turun kelas sesuai keinginan. Lalu bagaimana cara turun Kelas BPJS?

Apabila iuran yang harus Anda keluarkan terasa terlalu berat. Anda bisa melakukan turun kelas BPJS dengan beberapa cara, serta syarat yang harus Anda penuhi. Untuk mengetahui cara turun kelas BPJS online dan persyaratannya, simak ulasan berikut ini.

Sekilas Tentang BPJS Kesehatan

Mungkin sudah banyak yang tahu mengenai BPJS kesehatan. Jadi BPJS kesehatan sendiri merupakan badan hukum public yang dibentuk dengan tujuan menyelenggarakan jaminan kesehatan.

Sebagaimana yang dimaksud dalam Undang – Undang. Sistem pembiayaan BPJS kesehatan berbasis asuransi kesehatan sosial. Untuk itu, peserta BPJS diperlukan membayarkan iuran sesuai dengan kelas yang dimiliki.

Syarat Turun Kelas BPJS 2022

Sebelum membahas bagaimana cara turun kelas BPJS. Alangkah baiknya kamu mengetahui syarat turun kelas BPJS 2022 maupun dokumen yang harus kamu siapkan. Agar prosesnya bisa berjalan lancar. Berikut beberapa syarat yang harus Anda penuhi.

  • Peserta BPJS harus sudah terdaftar minimal satu tahun pada kelas saat ini.
  • Tidak ada tunggakan iuran serta status peserta BPJS harus aktif.
  • Peserta yang melakukan pemindahan kelas pada bulan berjalan, maka perubahan kelas akan berlangsung pada bulan selanjutnya.
  • Perubahan kelas akan berlaku untuk seluruh anggota keluarga dalam satu kartu keluarga (KK)
  • Perubahan kelas hanya bisa dilakukan oleh peserta mandiri. Bukan pekerja penerima upah, untuk pekerja penerima upah akan disesuaikan pihak BPJS.

Dokumen Turun Kelas BPJS

Setelah mengetahui syarat diatas, kamu bisa langsung melakukan penurunan kelas BPJS. Penurunan kelas BPJS bisa dilakukan secara langsung dengan datang ke kantor BPJS. Untuk itu, pastikan Anda membawa dokumen yang diperlukan. Beberapa dokumen yang akan diperlukan.

  • Kartu tanda penduduk
  • Kartu keluarga
  • Kartu peserta BPJS

Pastikan kamu membawa dokumen diatas, bisa dalam bentuk fotocopy maupun asli. Untuk mempermudah, kamu bisa menyiapkan bentuk fotocopy maupun aslinya.

Cara Turun Kelas

Untuk melakukan penurunan kelas BPJS, bisa dilakukan dalam beberapa cara. Ada cara turun kelas BPJS secara online maupun langsung. Berikut langkah – langkahnya.

1. Aplikasi

Cara turun kelas bisa dilakukan melalui aplikasi mobile JKN. Ini merupakan salah satu cara turun kelas BPJS secara online yang tentunya lebih praktis. Berikut langkahnya.

  1. Pertama, download aplikasi mobile JKN, bisa melalui app store maupun google play store.
  2. Jika Anda merupakan member baru, Anda wajib melakukan pendaftaran akun.
  3. Untuk melakukan pendaftaran, pilih menu “ Daftar” dan kemudian pilih “ Aktivasi akun”.
  4. Isi kolom yang ada, mulai dari nomor BPJS, NIK, password, e-mail, hingga nomor handphone peserta. Dan pencet tombol “ Registrasi”
  5. Kemudian akan ada kode verifikasi yang dikirim melalui email.
  6. Jika verifikasi sudah berhasil, itu artinya kamu telah terdaftar.
  7. Kemudian silakan login dengan memasukkan nomor BPJS maupun e-mail. Anda tinggal ikuti petunjuk dan langkah yang ada.
  8. Setelah berhasil masuk, pilih menu “ Ubah data peserta” yang ada pada beranda utama aplikasi.
  9. Pilih opsi “ Kelas” dang anti dengan kelas yang Anda inginkan.

2. Call Center

Cara turun kelas yang kedua bisa melalui call center BPJS dengan nomor 1500 400. Petugas yang ada akan membantu dalam mengurus proses yang dibutuhkan. Dalam prosesnya mungkin petugas akan menanyakan data diri Anda.

Berupa nomor BPJS, Nomor Induk Penduduk (NIK), Nomor Kartu Keluarga, dan berbagai dokumen yang dibutuhkan.

3. Mobile Customer Service

Mobile Customer Service atau MCS merupakan mobil layanan keliling BPJS yang bertujuan untuk menambah kualitas pelayanan. Untuk melakukan perubahan kelas bisa dengan datang mobil keliling dengan tempat dan waktu yang telah ditentukan.

Disana Anda hanya perlu input FDIP. Setelah itu tunggu antrian yang ada, untuk bisa melakukan penurunan kelas. Jadwal MCS bisa kamu lihat melalui akun twitter @BPJSKesehatanRI, instagram @bpjskesehatan_ri maupun akun facebook BPJS Kesehatan.

4. Mal Pelayanan Publik

Cara keempat bisa melalui mal pelayanan public. Cara ini pada dasarnya sama dengan lewat kantor cabang BPJS. Cukup dengan mengisi FDIP dan menunggu antrean yang ada. Pastikan kamu membawa dokumen yang dibutuhkan untuk penurunan kelas BPJS.

5. Kantor Cabang BPJS

Cara yang terakhir melalui kantor cabang BPJS yang hampir ada disetiap daerah. Cara ini bisa kamu lakukan jika kamu bingung menggunakan cara turun kelas BPJS secara online serta tidak adanya MCS maupun mal layanan publik.

Jika kamu menggunakan cara ini, pastikan kamu telah membawa dokumen seperti KK, KTP, dan kartu peserta BPJS.

Daftar Iuran BPJS 2022

Peserta BPJS mandiri atau bukan penerima upah dan bukan pekerja menyetorkan iuran setiap bulannya sesuai dengan kelas BPJS Kesehatan yang dimilikinya. Kelas BPJS memiliki 3 kelas, mulai dari BPJS kelas 1 hingga 3. Berikut rincian iuran sesuai dengan kelas BPJS.

  • Kelas 1 dengan iuran setiap bulan sebesar Rp 150.000
  • BPJS kelas 2 dengan iuran setiap bulan sebesar Rp 100.000
  • Dan kelas 3 dengan iuran setiap bulan sebesar Rp 35.000

Untuk PPU atau pekerja penerima upah, iuran yang dibayarkan setiap bulan sebagai berikut :

  1. Pekerja diwajibkan membayar iuran sebesar 1% dari total gaji yang diterima
  2. Perusahaan atau pemberi kerja harus membayar iuran sebesar 4% dari total gaji karyawan
  3. Batas gaji maksimal yang diperhitungkan sebesar 12 juta.

Kelebihan dan Kekurangan Penurunan Kelas

Melakukan penurunan kelas BPJS, memiliki kelebihan dan kekurangan bagi peserta. Berikut penjelasannya.

1. Kelebihan

Sebelum membahas kekurangan penurunan kelas, mari kita ulas lebih dahulu apa kelebihan penurunan kelas BPJS. Jika Anda melakukan penurunan kelas BPJS, Anda bisa membayar iuran setiap bulannya lebih ringan.

Seperti contohnya jika sebelumnya Anda kelas 1 dan harus membayar iuran sebesar 150 ribu,. Maka dengan penurunan kelas menjadi kelas 2, Anda cukup membayar iuran sebesar 100 ribu. Hal ini tentu lebih meringankan, apalagi di masa ekonomi yang sedang kritis ini.

2. Kekurangan

Namun jika Anda melakukan penurunan kelas akan berdampak pada layanan kesehatan yang didapatkan. Khususnya dalam pelayanan rawat inap. Ruang rawat inap untuk kelas 3 umumnya terdiri dari 6 orang, sedangkan BPJS kelas 2 diisi 2-3 orang.

Namun semuanya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Apakah cukup dengan BPJS kelas 3 atau harus kelas 1.

Baca juga: Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

Penutup

Sekian serba-serbi tentang BPJS dan beberapa cara turun kelas BPJS. Baik cara turun kelas BPJS secara online maupun langsung. Selain itu, penurunan kelas BPJS juga memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang dijelaskan. Namun semua pilihan kelas tergantung dengan kebutuhan dan kemampuan individu. Semoga sedikit informasi diatas bisa bermanfaat.

0
24