Loading...

Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2022

Apabila Anda merupakan peserta dari JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan maka Anda bisa mengecek saldo yang Anda miliki secara mudah melalui JMO atau BPJSTKU. JMO dan BPJSTKU merupakan aplikasi...
Posted in Insurance   •   Business
September 9, 2022
Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2022

Apabila Anda merupakan peserta dari JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan maka Anda bisa mengecek saldo yang Anda miliki secara mudah melalui JMO atau BPJSTKU. JMO dan BPJSTKU merupakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam hal ini, JMO atau Jamsostek Mobile dan BPJSTKU adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Baik diakses melalui ponsel Android atau ios.

JMO (Jamsostek Mobile)

Jamsostek Mobile merupakan suatu inovasi layanan digital yang diluncurkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi JMO  ini memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan terkait layanan BPJAMSOSTEK tanpa harus mendatangi kantor cabang.

Anda bisa dengan mudah melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda melalui aplikasi ini. Dengan aplikasi ini, Anda tak perlu jauh-jauh ke kantor dan antri untuk melihat kepesertaan dan saldo Anda.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Untuk dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, khususnya Anda sebagai peserta jaminan hari tua. maka Anda bisa melakukan cara yakni melalui aplikasi BPJS Ketenagakerjaan JMO ataupun melalui website.

1. Menggunakan Aplikasi JMO

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni cek saldo menggunakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Untuk melihat saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda dapat mengunduh aplikasi JMO terlebih dahulu. Berikut tutorialnya:

  1. Bukalah Google Play Store pada ponsel Android Anda atau App Store pada perangkat ios Anda;
  2. Ketiklah JMO atau Jamsostek Mobile. Jika sudah ketemu, klik unduh atau instalasi;
  3. Tunggu proses mengunduh selesai. Selanjutnya izinkan akses dan lakukan instalasi seperti umumnya;
  4. Bukalah aplikasi JMO yang sudah terinstal;
  5. Jika Anda belum memiliki akun, klik Buat Akun pada aplikasi BPJS Ketenagakerjaan mendaftar untuk melakukan pendaftaran;
  6. Pilihlah Kewarganegaraan Anda, kemudian pilihlah jenis kepesertaan. Anda bisa memilih penerima upah, bukan penerima upah, maupun pekerja migran Indonesia;
  7. Selanjutnya masukkan data diri Anda yakni berupa Nomor Induk Kependudukan atau NIK, nama lengkap, tanggal lahir, serta nomor kartu peserta BPJamsostek;
  8. Apabila sebelumnya Anda telah memiliki akun, maka Anda bisa login aplikasi BPJS Ketenagakerjaan;
  9. Masukkan email dan password yang Anda miliki;
  10. Klik pada menu Jaminan Hari Tua kemudian klik Cek Saldo. Tak berselang lama, sistem akan menampilkan berapa jumlah saldo  BPJS ketenagakerjaan yang Anda miliki.

Baiklah, itulah cara mengecek saldo menggunakan Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan JMO sekaligus cara untuk download Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Anda bisa mengikuti tutorial yang disampaikan di atas agar bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mudah.

2. Melalui Website

Selain menggunakan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Online, Anda juga bisa menggunakan website untuk melakukan pengecekan BPJS ketenagakerjaan online. Berikut adalah cara yang bisa Anda coba apabila aplikasi BPJS Ketenagakerjaan yakni JMO sedang bermasalah.

Berikut tahapan yang perlu Anda ikuti:

  1. Bukalah browser pada ponsel atau PC Anda; bisa menggunakan Chrome atau Firefox. Pastikan koneksi internet Anda lancar.
  2. Kunjungi situs sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Masuklah dengan akun yang sudah Anda buat sebelumnya menggunakan aplikasi;
  3. Apabila telah login dengan memasukkan email dan password, maka akan terlihat tampilan situs BPJS Ketenagakerjaan;
  4. Anda bisa klik menu Lihat Saldo JHT kemudian akan muncul tampilan saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki.

Selesai, itulah cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecek saldo BPJS apabila aplikasi sedang mengalami gangguan.

BPJSTKU

Selain menggunakan JMO, BPJS Ketenagakerjaan juga meluncurkan aplikasi yang disebut sebagai BPJSTKU. Aplikasi BPJSTKU ini memberikan layanan pada pengguna mengenai simulasi JHT, cek saldo JHT, sekaligus rincian iuran.

Dikutip dari laman resmi BPJS Ketenagakerjaan, BPJSTKU alah aplikasi yang bisa digunakan oleh peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam mengakses layanan BPJS Ketenagakerjaan. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis pada ponsel Android atau ios.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda dalam mengajukan klaim online dimana bisa terintegrasi langsung dengan layanan klaim dan mampu berkembang sesuai kebutuhan Anda. Berikut adalah manfaat dari aplikasi BPJSTKU.

  • Sebagai sumber informasi terkait kepesertaan bagi tenaga kerja;
  • Menyediakan layanan dalam mengecek saldo JHT sehingga peserta dapat memastikan saldo juga pembayaran iuran tanpa harus mendatangi kantor cabang;
  • Memberikan layanan cek rincian iuran JHT dan JP sehingga peserta dapat memastikan jumlah upah yang dilaporkan;
  • Menyediakan layanan terkait simulasi JHT sehingga Anda bisa tahu besaran pengembangan yang dapat diperoleh dari program  JHT;
  • Menyediakan layanan dalam mengklaim saldo JHT atau e-klaim sehingga peserta bisa tahu kelengkapan berkas sekaligus kelayakan pengajuan klaim JHT sebelum mendatangi kantor cabang.

Mendaftar BPJSTKU

BPJS Ketenagakerjaan
BPJS Ketenagakerjaan

Setelah tahu terkait apa itu aplikasi BPJSTKU dan manfaatnya, Anda dapat menggunakan BPJSTKU sebagai aplikasi yang membantu Anda pada layanan BPJS. Untuk itu, berikut akan dipaparkan tutorial terkait cara download aplikasi BPJS dan mendaftar BPJSTKU.

  1. Unduhlah aplikasi BPJSTKU pada Google Play Store bagi pengguna Android atau App Store bagi pengguna Ios;
  2. Lakukan instalasi pada ponsel Anda. Apabila belum mendaftar, maka klik menu Buat Akun;
  3. Pilihlah kewarganegaraan pekerja sesuai status Anda;
  4. Jika sudah, klik Ya, Saya sudah daftar apabila telah tercatat sebagai peserta;
  5. Pilihlah jenis kepesertaan Anda. Misalnya untuk karyawan adalah Penerima Upah;
  6. Masukkan data-data yang diperlukan seperti Nomor Induk Keluarga, nama lengkap, tanggal lahir, juga nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan;
  7. Jika sudah, klik Selanjutnya;
  8. Masukkan alamat email yang masih aktif beserta nomor telepon yang akan didaftarkan;
  9. Isikan kode verifikasi yang dikirimkan pada nomor atau email Anda. Buatlah password atau kata sandi akun Anda.
  10. Selanjutnya, Anda bisa melakukan login pada aplikasi tersebut. Untuk melihat saldo yang Anda miliki sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan maka klik fitur Lihat Saldo yang terdapat dalam aplikasi;
  11. Jika sudah berhasil, maka akan muncul saldo yang Anda miliki. Tak lupa, muncul juga rincian riwayat iuran yang dibayarkan dari upah selama bekerja.

Selesai. Kini Anda berhasil mendaftar aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Anda pun sudah bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan aplikasi BPJSTKU tersebut. Kini, Anda bisa mendapatkan layanan tersebut dengan praktis dan mudah dimana saja kapan saja.

Selanjutnya Anda bisa menikmati berbagai fitur dan layanan yang disediakan pada aplikasi tersebut. Jika dilihat-lihat pada prinsipnya proses mendaftar BPJSTKU dan JMO sama. Memang kedua aplikasi tersebut memiliki tujuan yang sama dalam layanan BPJS.

Andapun bisa melakukan pendaftaran dengan mudah baik pada aplikasi JMO maupun BPJSTKU. Setelah mendaftar, Anda bisa melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki.

Bagaimana? cukup mudah bukan? Asalkan Anda lakukan dengan step-step yang urut, Anda bisa mendaftar dengan mudah lewat aplikasi BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Baca juga: Website BPJS Ketenagakerjaan Resmi, Begini Cara Mengakses dan Fungsinya

Penutup

Baiklah, sampai disini saja pembahasan mengenai aplikasi BPJS Ketenagakerjaan. Semoga aplikasi BPJS Ketenagakerjaan baik JMO ataupun BPJSTKU tersebut bisa menjadi alternatif yang praktis dan simpel bagi Anda sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Selamat mencoba!

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Browse the latest career advices

September 20, 2022
Beberapa Cara Turun Kelas BPJS dan Persyaratannya
Anda bisa naik maupun turun kelas sesuai keinginan. Lalu bagaimana cara turun kelas BPJS?
September 20, 2022
4 Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan
Apabila Anda penasaran mengenai adakah cara menonaktifkan BPJS kesehatan, maka jawabannya adalah ada.
September 8, 2022
Website BPJS Ketenagakerjaan Resmi, Begini Cara Mengakses dan Fungsinya
BPJS Ketenagakerjaan merupakan jaminan yang diberikan oleh pemerintah terkait tenaga kerja di Indonesia dalam memperoleh haknya. Untuk bisa melihat JHT (Jaminan Hari Tua) maka Anda bisa mengunjungi website BPJS Ketenagakerjaan....
September 7, 2022
Tracking BPJS Ketenagakerjaan dengan Mudah
Apabila Anda merupakan peserta dari BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda akan mendapatkan benefit yang disebut sebagai  Jaminan Hari Tua (JHT). Anda pun juga bisa melakukan tracking BPJS Ketenagakerjaan berupa JHT ini...