Para Pemula Wajib Tahu Tips-tips Penting Mengedit Video

Ilustrasi Edit Video

Jobnas.com – Dalam dunia videografi, tentu salah satu hal yang terpenting untuk dilakukan adalah Mengedit Video. Apalagi bagi seorang pemula di bidang videografi, skill mengedit video akan menentukan kualitas video yang dihasilkan. Hal ini disebabkan karena pelaksanaan editing merupakan proses terakhir yang mesti dilakukan. 

Baca Juga: Angular VS AngularJS, Mana yang Terbaik untuk Websitemu

Nah, di artikel ini Jobnas.com sudah menyediakan beberapa hal penting yang harus dilakukan dalam mengedit sebuah video. Yuk, simak tips-tipsnya sampai tuntas !

Tips Mengedit Video untuk Pemula

Melakukan pengeditan atau editing menjadi proses terakhir yang wajib dilakukan para videografer, meskipun kamu sudah mahir merekam gambar. Para editor video telah mengungkapkan banyak hal tentang cara orang menciptakan pesan melalui visual. 

Dua editor yang berbeda dapat membuat dua video yang sama sekali tidak serupa dengan cuplikan yang mentah. Akan tetapi, selaras dengan perspektif audiens merupakan tolok ukur editor yang baik. Di samping itu, editor harus dapat menggunakan pengetahuan mereka untuk membangun cerita yang menarik.

Oleh karena itu, para pemula tidak perlu terlalu gugup , yang perlu mereka lakukan adalah menguasai tips-tips mengedit video yang memang dikhususkan untuk perintis di dunia videografi. Nah, berikut lima tips dari Jobnas.com yang perlu dipahami pemula dalam mengedit sebuah video:

1. Pilih Software yang Relevan

Mempertimbangkan software yang terbaik merupakan tips pertama sebelum mengedit video. Sebenarnya, semua perangkat lunak yang kamu butuhkan untuk melakukan pengeditan video telah tersedia secara online. 

Meski begitu, kamu tetap harus memilih satu di antara yang lain. Kamu bisa mempertimbangkannya dengan melihat kegunaan, user interface, hingga fitur-fitur pendukungnya. Untuk memilih sebuah software, kuncinya adalah pilih software yang relevan  untuk gaya pengeditan kamu dan bukan hanya karena program pengeditan video yang terpilih merupakan perangkat paling canggih.

Dikutip dari Adorama, software video editing terbaik seperti After Effects, Premiere Pro, Avid Media Composer, Final Cut Pro, dan DaVinci Resolve, yang menawarkan versi Lite gratis dengan tools untuk editing yang lengkap.

2. Perhatikan Bahasa Tubuh Subjek

Gerak tubuh subjek di kamera perlu untuk senantiasa diperhatikan. Hal ini disebabkan karena selama tersorot kamera, subjek dapat mengungkapkan banyak hal melalui bahasa tubuh mereka. 

Baca Juga: 5 Tips Membuat Instagram Live yang Menarik Banyak Followers

Di samping itu, dalam bahasa tubuh mereka setiap orang akan memiliki intonasi dan irama yang unik. Oleh karena itu, hindari editing berlebih pada segmen tersebut, apabila  kamu telah menyorot gerak tubuh subjek, dan menangkap detail kecil seperti cara subjek berbicara, atau gestur mereka saat bergerak.

Selain itu, selama pengeditan video bahasa tubuh memberikan durasi pada hasil rekaman yang terkadang sulit untuk dihapus. Tentu saja, penonton akan merasa janggal saat menyaksikan adegan, apabila editor kurang tanggap, dan banyak memotong segmen karena tidak memerhatikan bahasa tubuh subjek.

3. Jangan Ragu untuk Mengedit Kesalahan

Menghapus kesalahan yang terjadi selama proses rekaman merupakan tips mengedit video berikutnya untuk pemula. Mengedit kesalahan teknis yang minor atau memperbaiki adegan di mana subjek tidak terlihat dengan baik merupakan hal yang biasa, seperti dikutip dari Goliath.

Akan tetapi, maka kamu akan memiliki nilai plus dibandingkan videografer lainnya, jika kamu dapat melakukannya dengan mulus. Mengedit kesalahan biasanya digunakan untuk memotong sebuah adegan. Tentunya, teknik ini melibatkan pemotongan dari satu shot ke shot lainnya dan memasukan sebuah gambar dari sudut dan adegan yang berbeda.

4. Perindah Video dengan Intonasi Warna

Untuk menyoroti subjek tertentu, membangkitkan emosi, dan mengatur suasana dalam sebuah adegan, warna merupakan elemen utama yang dapat dimanipulasi. Saat ini,banyak opsi pengeditan warna yang diberikan oleh program pengeditan video. Tentu hal ini merupakan salah satu keuntungan yang harus dipertimbangkan. 

Untuk memastikan bahwa suasana dalam rekaman tetap konsisten di setiap adegan, serta penilaian warna, untuk memberikan video tampilan yang unik, biasanya, para editor akan melakukan koreksi warna . Ketika kamu menginginkan sebuah cuplikan terlihat realistis dan emosi penonton ikut bermain dalam sebuah video, tentunya keduanya cukup penting untuk dilakukan. 

5. Ikuti Aturan 321

Mengikuti aturan 321 merupakan tips terakhir mengedit video bagi para pemula. Banyak para pakar video editing telah meniru konsep aturan 321, seperti dikutip dari Creativeblog. Aturan 321 memiliki tiga salinan di dua tempat yang berbeda, di mana salah satunya disimpan secara online. Google Drive yang merupakan layanan online bisa menjadi tempat yang baik untuk cadangan file. 

Demikianlah penjelasan Jobnas.com mengenai lima tips dalam mengedit video yang perlu diketahui pemula videografi. Hal yang perlu kamu ingat adalah tahap editing merupakan hal yang penting untuk dilakukan bagi seorang perintis di dunia videografi. 

Baca Juga: Apa itu Inflasi? Berikut Penjelasan Lengkap beserta 4 Penyebab Terjadinya Inflasi

Hal tersebut disebabkan karena, proses editing sangat krusial bagi nilai sebuah video yang hendak diterbitkan. Agar kamu bisa melakukan proses penyuntingan dengan lancar dan baik, terpenting kamu harus percaya diri dan memahami tips-tips video editing. 

0
37