5 Tips Membuat Instagram Live yang Menarik Banyak Followers

Live IG

 Jobnas.com – Apa pernah kamu melihat Instagram Live yang membosankan dan penontonnya sedikit? Nah, sebenarnya ada berbagai cara untuk membuat Instagram Live yang menarik dan berkesan!

Live Instagram tersendiri merupakan bagian dari Instagram stories yang banyak sekali dimanfaatkan untuk sesuatu keperluan bisnis.

Dikutip dari Oberlo, ada sekitar 500 juta akun yang menggunakan Instagram Stories setiap hari pada 2018. Sementara itu, dari satu per tiga Instagram stories yang paling banyak dilihat berasal dari akun bisnis.

Jadi, tidak akan heran jika bakal banyak orang yang memanfaatkan Instagram Live sebagai sebuah platform branding dan marketing bisnis mereka.

Lalu, bagaimana dengan cara membuat Instagram Live yang akan menjadi menarik? Berikut Jobnas akan memberikan beberapa tips untukmu.

Tips Membuat Instagram Live Menarik Banyak Followers

1. Tentukan Tujuan “SMART”

Instagram Live sering sekali dianggap membosankan karena tidak memiliki perencanaan yang matang.

Maka seperti yang dikutip dari Hootsuite, cara pertama dalam melakukan Instagram Live adalah membuat perencanaan “SMART” yang merupakan singkatan dari specific, measurable, attainable, relevant, dan timely.

Specific. Buat tujuan yang spesifik dari Instagram Live-mu. Misalnya, kamu ingin Live-mu ditonton oleh setidaknya 350 akun.

Measurable. Tentukan tujuan yang terukur dari sesi Live-mu. Sebagai contoh, kamu ingin followers-mu bertambah 50 akun setelah live.

Attainable. Buat tujuan yang mungkin dicapai. Hindari membuat tujuan Instagram Live yang terlalu tinggi, contohnya kamu ingin followers–mu bertambah 1 juta akun setelah live.

Relevant. Tentukan tujuan live yang sesuai dengan tujuan bisnismu.

Timely. Pastikan tujuanmu memiliki deadline. Sebagai contoh, kamu ingin produkmu terjual habis dalam tiga hari usai sesi live.

Di luar itu, perencanaan lain juga perlu dilakukan. Hal itu misalnya dilakukan dengan cara mengatur durasi, topik, alur, dan poin-poin yang ingin kamu sampaikan dalam Instagram Live.

2. Promosikan Sesi Live

Sebelum melakukan Instagram Live, pastikan kamu telah mempromosikan rencana kapan kamu akan live-mu tersebut.

Kamu juga bisa mempublikasikan pengumuman bahwa kamu akan live kapan, di akun apa, dan dengan siapa (jika ada). Bagikan pengumuman tersebut di Instagram feeds dan Instagram stories-mu.

Dengan begitu, pengikutmu juga akan tahu dan menjadwalkan diri untuk mengikuti sesi live-mu.

Jadi, jangan sampai kamu pernah melewatkan cara melakukan Instagram Live yang satu ini, ya!

Baca Juga: Bagaimana Cara Menjadi MC yang Baik? Perhatikan 5 Skill Ini

3. Pin Topik Live

Cara berikutnya untuk membuat Instagram Live yang menarik adalah membuat pin berisi topik live.

Pin merupakan salah satu fitur Instagram live yang bisa kamu manfaatkan untuk menampilkan informasi penting bagi penonton.

Sebagai contoh, kamu bisa menulis, “Live bersama Maudy Ayunda – How to Find Your Work Life Balance in Pandemic”.

Selain topik, kamu juga bisa membuat pin berisi beberapa pertanyaan yang bisa dijawab oleh penonton.

4. Ciptakan Engagement

Salah satu kelebihan Instagram Live adalah penonton bisa langsung memberikan komentar secara real time. Maka, manfaatkan fitur itu dengan maksimal.

Jika ada seorang penonton yang menanyakan sesuatu, kamu bisa menjawabnya langsung pada saat sesi live.

Alternatif lainnya, kamu bisa membuat sesi question & answer (Q&A) pada bagian akhir Instagram Live. Cara ini sangat efektif dalam membangun engagement dengan penonton saat live.

5. Tutup dengan Call-to-Action

Terakhir, cara yang tidak boleh kamu lewatkan dalam melakukan Instagram Live adalah menyampaikan call-to-action (CTA).

CTA adalah sebuah ajakan agar audiens melakukan sesuatu yang kamu inginkan.

Dikutip dari Wordstream, kamu bisa membuat CTA yang sesuai dengan tujuan awalmu melakukan live.

Sebagai contoh, kamu bisa mengajak penonton untuk mengikuti akun Instagrammu agar tidak ketinggalan informasi menarik.

Itulah dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat Instagram Live yang ciamik dan menarik. Kini, followers-mu pasti semangat untuk mengikuti setiap Instagram Live yang kamu buat!

Selain Instagram live, sebenarnya ada berbagai cara lain lagi yang bisa kamu manfaatkan untuk branding dan promosi bisnismu, salah satunya yaitu Instagram marketing.

Jika tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut, kamu bisa ikuti kita terus diberbagai tips dari Jobnas.

0
45