Perhatikan 4 Hal ini Apabila Pekerjaanmu Tidak Sesuai Harapan

Perhatikan 4 Hal ini Apabila Pekerjaanmu Tidak Sesuai Harapan

Jobnas.com – Pekerjaan impian merupakan hal yang pasti setiap orang kejar agar sesuai dengan harapan. Lantas, ketika seorang mengejar Pekerjaan Impian tersebut dan kemudian gagal, apa yang akan dilakukan ?

Dalam sebuah studi yang dilakukan International Career Institute, mengejar pekerjaan impian atau pekerjaan yang diinginkan lebih baik ketimbang bekerja di suatu bidang yang hal itu tidak sesuai dengan kegemaran mu. Selain itu, ketika seseorang mengejar pekerjaan yang sesuai dengan kegemarannya atau passion-nya hal ini kemudian dapat menyebabkan orang tersebut akan mendapat kepuasan kerja serta manfaat lainnya. 

Baca Juga : Apa itu Inflasi? Berikut Penjelasan Lengkap beserta 4 Penyebab Terjadinya Inflasi

Karakteristik Pekerjaan Impian

Menurut Inc, pekerjaan impian merupakan suatu pekerjaan yang bermanfaat sekaligus membantu menjadikan dunia tempat yang lebih baik. Terlepas dari hal tersebut, setidaknya pekerjaan impian memiliki 5 karakteristik sebagai berikut: 

1. Menarik

Pekerjaanmu harus terasa menarik agar kamu bisa bertahan. Sebab, menurut berbagai penelitian, kebosanan cenderung menjadi penyebab rendahnya kepuasan kerja. Setidaknya ada 4 kriteria sebuah pekerjaan yang menarik, seperti dilansir dari Inc : 

  • Ada berbagai jenis tugas
  • Tujuan tugas ditentukan dengan jelas
  • Terdapat kebebasan dalam caramu melakukan tugas tersebut-Feedback yang memberi tahumu bagaimana performa kerjamu

Itulah dia kriteria pekerjaan yang menarik. Kriteria yang sama banyak digunakan desainer game dalam menciptakan game baru. Itulah mengapa seseorang bertahan meskipun dalam waktu yang lama.  Menurut para ahli, hal yang sama seharusnya juga berlaku bagi pekerjaan impian.

2. Pekerjaan yang Bisa Membantu Orang Lain

Pekerjaan impian memiliki tujuan yang bahkan melebihi dari sekadar ingin mendapatkan gaji. Dalam konteks ini, tujuan dari pekerjaan impian yang sesungguhnya salah satunya adalah dapat membantu orang banyak. Jika melihat dari perspektif yang berbeda, pada dasarnya setiap pekerjaan memiliki tujuan membantu orang lain. Terlepas dari hal tersebut, kamu mesti memperhatikan apakah pekerjaan yang kamu impikan benar-benar bertujuan membantu orang lain atau tidak. 

Baca Juga : Bagaimana Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian?

3. Kamu Memiliki Skill yang Sesuai

Jika kamu tidak memiliki skill yang relevan, pekerjaan impian sangat mushkil untuk dicapai.  Kamu akan sulit mencapainya tanpa skill yang tepat, meskipun kamu memiliki minat di bidang yang sama dengan pekerjaanmu, misalnya.  Selain itu, peluang kamu meraih pekerjaan impian akan lebih terbuka jika kamu telah menguasai skill yang sesuai, bukan berarti kamu hanya boleh berkarir di bidang yang kamu kuasai saja. 

4. Kamu bekerja dengan orang yang memiliki visi yang sama

Rekan kerja juga menjadi salah satu faktor penentu kepuasan kerja. Rekan kerja yang buruk dan toxic malah akan membuatmu tidak betah dengan pekerjaanmu.

Tidak hanya rekan kerja yang baik, rekan kerja tersebut harus memiliki visi yang sama denganmu dalam hal pekerjaan. Dengan memiliki visi yang sama, pekerjaanmu akan terasa lebih menyenangkan.

5. Tidak Ada Penghambat yang Merugikan

Ada kalanya pekerjaan impian tidak dapat menyenangkan. Hal ini sudah menjadi kebenaran umum bahwa setiap pekerjaan pasti memiliki kelemahannya masing-masing. Pekerjaanmu terlihat tidak semenarik bayanganmu, karena kamu selalu menemukan berbagai hambatan dan masalah. Namun, pasti setiap rintangan atau masalah bisa dihadapi. Jika masalah tersebut tidak bisa diatasi, maka hal tersebut menandakan bahwa pekerjaan impian kamu tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, kamu mesti mencari alternatif lain untuk bisa mengatasinya.

Nah, di bawah ini mungkin bisa dijadikan alternatif buat kamu ketika pekerjaan impian tak sesuai harapan.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan dengan Mudah

Jika Pekerjaan Impian Tak Sesuai Harapan

1. Berusaha Menerima

Berusaha menerima adalah hal pertama yang harus kamu lakukan ketika menyadari bahwa pekerjaan impian kamu tidak sesuai harapan. Adalah hal yang normal apabila apa yang kamu harapkan tidak sesuai dengan realita. Menerima kenyataan setidaknya merupakan rasa ikhlas paling dalam dan juga sebagai bentuk untuk bisa memutuskan ke langkah selanjutnya. 

2. Ambil Cuti

Mengambil cuti adalah hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan. Ada banyak hal yang berubah selama kamu bekerja. Ini juga menjadi alasan mengapa pekerjaan yang kamu anggap impian sangat terasa membosankan dan tidak sesuai harapan. Hal ini bisa berupa apa saja. Mulai dari tugas yang menumpuk hingga kondisi lingkungan kerja yang kurang kondusif.

Atau kamu sedang mengalami perubahan-perubahan yang terjadi dalam hidupmu secara personal. Nah, solusinya adalah kamu dapat beristirahat atau mengambil cuti sejenak agar pikiranmu lebih jernih. Setelah beristirahat, kamu akan lebih bersemangat melakukan pekerjaanmu.

3. Cari Hobi Baru

Tidak dapat disangkal lagi bahwa terkadang pekerjaan impian bermula dari hobi. Namun, tidak selamanya pekerjaan tersebut terasa menyenangkan ketika hobi tersebut menjadi pekerjaaan. Her Track menyebut bahwa salah satu cara mengatasinya adalah mencari hobi baru. Mencoba hobi baru akan membantumu memahami jenis aktivitas apa saja yang kamu sukai dan aktivitas mana yang menurutmu kurang menyenangkan.

4. Cari  Motivasimu

Ketika kamu merasa kurang termotivasi hal ini tentu menyebabkan pekerjaanmu terkadang tidak sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, kamu harus meluangkan waktu untuk sejenak mengevaluasi kembali motivasi kerjamu. Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat daftar-daftar yang kamu harapkan dari sebuah pekerjaan. Karirmu akan terbantu ketika kamu mengetahui apa yang mendorong kamu mencari pekerjaan.

Baca juga: Tutorial Screenshot di Laptop Windows Cepat dan Mudah

Itulah penjelasan singkat Jobnas.com mengenai 4 hal apabila pekerjaanmu tidak sesuai dengan yang diharapkan. Pada akhirnya, pekerjaan impian tetaplah sebuah pekerjaan, suka atau tidak kita pasti mengalami kejadian yang tidak sesuai harapan. Tanyakan pada dirimu, apakah kamu mau bertahan dengan cara-cara di atas atau kamu siap mencoba tantangan baru?

0
158