Tutorial Screenshot di Laptop Windows Cepat dan Mudah

Tutorial Screenshot di Laptop Windows

Jobnas.com – Tentu saja, saat rapat online, sering kali ada informasi yang ingin kalian simpan tanpa menunggu materi dibagikan. Tentu hal tersebut akan sangat membantu jika kalian bisa mengambil tangkapan layar. Jadi bagaimana Anda mengambil screenshot di laptop Windows Anda?

Pada artikel ini saya akan memandu kalian bagaimana cara men-Screenshot di laptop windows dengan gampang dan mudah. Dengan begitu jika kalian membutuhkan gambar yang tidak bisa didownload Kalian bisa menggunakan Tangkapan layar.

Screenshot adalah cara yang sangat ampuh untuk menangkap gambar di laptop sebagai pengganti gambar yang tidak bisa didownload.

Jika kalian ingin tahu bagaimana caranya simak petunjuk lengkap Jobnas di bawah ini.

Cara Mengambil Screenshot di Laptop

1. Menggunakan Prt Scr Key

Cara pertama untuk mengambil screenshot di laptop yang saya ketahui dari Digital Trend adalah dengan menggunakan Prt Scr Key.

Metode ini menangkap seluruh layar dengan satu ketukan.

Adapun caranya kalian bisa langsung menekan tombol PrtScr, biasanya di pojok kanan atas keyboard kalian.

Adapun hasil dari Tangkapan layar itu langsung tersimpan ke clipboard. Kalian bisa melihat hasilnya, dengan membuka aplikasi paint kalian dan Ctrl+V paste screenshot yang baru saja kalian ambil.

Setelah hasilnya muncul di layar kalian, cukup klik gambar disk di kiri atas untuk menyimpan gambar. Mudah kan?

2. Menggunakan Alt + PrtScr

Cara yang kedua untuk merekam layar laptop adalah dengan menekan Alt + PrtScr secara bersamaan.

Metode ini memungkinkan kepda kalian untuk mengambil tangkapan layar dari jendela yang sedang aktif saja.

Untuk melihat hasilnya, kalian dapat mengulangi menyalin gambar dari clipboard di Microsoft Paint seperti pada poin sebelumnya.

Perhatikan bahwa pada beberapa komputer mungkin perlu menekan dan menambahkan tombol Fn, seperti ini: Alt+Fn+PrtScr.

3. Gunakan Tombol Windows + Shift + S

Cara yang ketiga ini tidak perlu menggunakan kombinasi tombol PrtScr lagi. Kali ini, kalian dapat mengambil tangkapan layar dengan menekan tombol Windows + Shift + S.

Menekan kombinasi tombol ini akan mengubah layar menjadi abu-abu, kursor menjadi abu-abu, dan mengubah bentuknya menjadi tanda tambah.

Indikator kursor menunjukkan bahwa kalian dapat mengklik dan menyeret untuk memilih area tertentu di layar untuk mengambil tangkapan layar.

Adapun untuk melihat hasilnya, salin gambar ke dalam aplikasi Microsoft Paint, seperti pada metode 1 dan 2.

4. Menggunakan Snipping Tool

Opsi selanjutnya adalah menggunakan aplikasi bawaan Windows sendiri bernama Snipping Tool. Snipping Tool sudah menjadi bagian dari Windows sejak lama dan aplikasi ini pertama kali diperkenalkan di sistem operasi Windows Vista.

Aplikasi ini memungkinkan kalian membuat tangkapan layar dalam format yang lebih fleksibel seperti wilayah bentuk bebas. Bentuk ini mirip dengan persegi panjang dan saat ini hanya jendela aktif atau layar penuh.

Adapun caranya pengguna laptop windows bisa membuka langsung aplikasi Snipping Tool. Setelah muncul, pilih opsi Baru, atau klik panah di sebelah kiri untuk memilih bentuk tertentu.

Kemudian dapat memilih area layar yang ingin kalian ambil tangkapan layarnya. Kemudian akan melihat pratinjau tangkapan layar dan kalian dapat menyimpan tangkapan layar yang diambil dengan mengklik ikon disk di kiri atas.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara terakhir untuk merekam layar laptop windows adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Ini berarti perlu mengunduh perangkat lunak lain untuk dapat mengambil tangkapan layar dari tampilan layar kalian. Aplikasi yang tersedia adalah Lightshot, PicPick, dan Greenshot.

Pastikan untuk mengunduhnya dari situs web resmi. supaya virus dan malware tidak bisa masuk ke laptop kalian saat mengunduh.

Itulah beberapa cara mengambil screenshot di laptop yang perlu kalian ketahui. Dengan lima cara tersebut kalian juga bisa melakukannya tanpa ribet. Yang pasti lima cara di atas lebih gampang untuk mendapatkan gambar tanpa harus mendownloadnya.

Baca juga: Tips Menjawab Pertanyaan yang Sering Menjebak saat Melakukan Interview

Kalian bisa mengetahui informasi perihal produktivitas lainnya dengan terus membaca artikel-artikel jobnas. Di sana tidak hanya terbatas pada informasi produktivitas saja, tetapi juga banyak sekali info penting mulai dari pengembangan karir, kehidupan kantor, kehidupan sehari-hari, dan lainnya.

0
105