Lakukan Optimasi Website ini Agar Tembus Page One Google

Optimasi Website Tembus Page One Google

Jobnas.com – Barangkali istilah optimasi website sudah tidak asing lagi bagimu sebagai pemilik dan pengelola website. Untuk membantu mengoptimasikan websitemu, ada banyak sekali tools yang ditawarkan lho. Namun sebelum itu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tentang optimasi website. Nah, di sini Jobnas.com akan membagikannya padamu serta pentingnya melakukan optimasi website ini. 

Optimasi Website

Menurut Optimizely, optimasi website adalah proses untuk meningkatkan kemampuan website. Tentu proses ini harus menggunakan strategi, eksperimen, dan alat agar kinerja website semakin meningkat. 

Baca Juga : JHT BPJS Ketenagakerjaan: Syarat Lengkap dan Cara Klaim

Untuk mendapatkan kepercayaan pengunjung, kamu harus mengoptimalkan website. Hal ini dilakukan agar supaya konversi dan pendapatan dapat meningkat. 

Berbagai disiplin ilmu digunakan sebagai pendekatan pengoptimalan website agar supaya website memiliki kinerja yang ideal di semua bidang, di antaranya :

  • copywriting
  • SEO
  • Desain UX (frontend)
  • Analytics
  • Pengembangan web (backend)
  • CRO/optimasi halaman landing

Signifikansi Optimasi Website

Hal yang terpenting yang harus kamu ketahui dan pahami ialah kamu harus bisa memposisikan bisnismu dengan benar agar supaya mendapatkan konsumen yang besar. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan optimasi website. 

Oleh karena itu, website dan kontenmu tidak akan muncul di berbagai jenis search engine jika kamu tidak melakukan optimasi website. Bahkan, kontenmu tidak akan terlihat meskipun telah banyak orang yang mencari menggunakan keyword. Namun, kamu dapat menempatkan dirimu di dunia internet ketika kamu melakukan pengoptimalan untuk pencarian. 

Baca Juga : Tracking BPJS Ketenagakerjaan dengan Mudah

Oleh karena itu, ada beberapa strategi yang penting untuk melakukan optimasi website yang perlu kamu ketahui. 

Strategi Penting Optimasi Website

Setidaknya ada tiga strategi penting yang dapat kamu lakukan agar website kamu bisa optimal.  Inilah strategi itu menurut Menurut VWO. 

1. Optimasi Penggunaan Mobile

Saat ini, tidaklah cukup bagi kamu hanya memiliki website yang terlihat dan berfungsi dengan baik di laptop dan komputer desktop. Kamu harus berfokus pada tampilan dan fungsi websitemu secara mobile agar berhasil di pasar online

Kamu dapat menjalankan mobile usability test untuk langkah pertama. Selain itu, kamu juga mesti mengujinya dengan model smartphone paling populer untuk memastikannya dapat beradaptasi dengan setiap ukuran layar.

Oleh karena itu, kamu harus memastikan beberapa hal berikut ini : 

  • Website memuat dengan cepat/benar
  • Teksnya mudah dibaca
  • Semua konten terlihat jelas
  • Gambar dan grafik yang diperkecil masih dapat dibaca
  • Website dapat dinavigasi dengan mudah
  • Meningkatkan Kecepatan Halaman

Hal yang perlu kamu perhatikan berikutnya ialah meningkatkan kecepatan halaman. Oleh karena itu, website-mu mesti memiliki waktu muat yang cepat. Menunggu lama hanya membuat audiens tidak suka. Apalagi salah satu faktor dari ranking Google dan search engine optimization (SEO) ialah waktu muat. 

2. Search Engine Optimization (SEO)

Pencarian organik merupakan salah satu hal yang lebih disukai audiens dari pada iklan. Konten berkualitas yang relevan dengan apa yang ingin dicari akan menjadi prioritas mereka.  Inilah yang disebut dengan SEO.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan SEO adalah memastikan bahwa Google mengindeks dengan benar semua halamanmu. Jadi kamu harus memantau keyword mana yang masuk ranking Google dan buatlah daftar halaman yang diindeks. 

Baca Juga : Mencari Sponsorship Online? Berikut Tips, Jenis dan Manfaatnya

3. Untuk Mendorong Konversi Audiens, Buatlah Copy Website

Jangan terburu-buru mempublikasikan kontenmu. Pikirkan faktor penting seperti desain, gambar, kegunaan, dan kecepatan halaman. Selain itu, agar pesan yang ingin kamu sampaikan kepada audiens dapat dikontrol dengan baik, maka pikirkanlah kata-katanya. 

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan ialah buatlah copy di setiap halaman yang dapat memberikan peta jalan logis menuju tindakan konversi yang kamu ingin audiens lakukan. Kamu harus memahami basis pelangganmu di samping memahami copywriting. Identifikasi area dengan copy yang lemah dalam website-mu.

4. Pengujian A/B Multivariasi

A/B testing adalah cara terbaik untuk menguji solusi potensialmu, setelah mengidentifikasi masalah pada website-mu. Seperti rasio konversi untuk halaman landing cukup rendah, dan copy mungkin adalah masalahnya.

Merumuskan judul dan fitur baru yang lebih kuat, dan mengujinya secara langsung adalah salah satu hal yang dapat kamu lakukan. Dengan demikian, kamu tahu bahwa teorimu benar dan kamu telah memecahkan masalah, jika versi baru tersebut mendapatkan peningkatan konversi yang signifikan secara statistik. 

Terakhir, kamu dapat menentukan dan menguji variasi salinan yang berbeda berdasarkan apa yang kamu ketahui tentang pelangganmu.

Baca juga: Perbedaan Aplikasi Native, Hybrid, dan Web yang Perlu Kamu Ketahui

Itulah lima strategi penting yang mesti kamu pahami untuk melakukan optimasi website. Selain lima strategi penting di atas, melakukan optimasi website masih bisa ditempuh dengan banyak cara. Kamu bisa mempelajarinya di Jobnas.com untuk infromasi lebih lanjut, lho. Yuk, tunggu apalagi.

0
63