Perbedaan Aplikasi Native, Hybrid, dan Web yang Perlu Kamu Ketahui

Google News
Perbedaan Aplikasi Native, Hybrid, dan Web
Perbedaan Aplikasi Native, Hybrid, dan Web
Daftar Isi

Perbedaan Aplikasi Native, Hybrid, dan Web yang Perlu Kamu Ketahui

Jobnas.com Tentu kamu harus mengetahui perbedaan antara aplikasi native, hybrid, dan web. Dari ketiganya ini ada beberapa ciri atau perbedaan yang cukup signifikan dari berbagai aspeknya, lho. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan smartphone untuk mengaksesnya. 

Nah, kali ini Jobnas.com akan membagikan apa aja sih perbedaan dari ketiganya tersebut ?. Simak penjelasannya di bawah ini. 

Aplikasi Native

Aplikasi native merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman secara spesifik, seperti dilansir dari Codepolitan. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini juga bisa disebut sebagai aplikasi asli. Hanya platform tertentu yang bisa menggunakan aplikasi ini. 

Baca Juga : 3 Tips Quality Time untuk Pasangan yang Sibuk Kerja

Tentu aplikasi ini sangat berguna ketika kamu ingin membuat aplikasi di dua sistem operasi yang berbeda, maka kamu membutuhkan bahasa pemrograman yang lebih spesifik, yang membedakan antara bahasa pemrograman yang satu dengan yang lainnya. Misalnya, bahasa pemrograman Objective-C atau Swift untuk iOs bisa kamu gunakan. Sedangkan bahasa pemrograman JAva untuk platform Android kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman JAva. 

Kedua sistem operasi tersebut memiliki apa yang namanya integrated development environment (IDE).Adalah Android Studio IDE yang digunakan android. Sedangkan IDE iOS Xcode digunakan oleh iOS. 

Pengguna bisa mendownload aplikasi native di App Store, Google Play Store, dan sejenisnya. Selain itu, aplikasi native memiliki kelebihan berupa UI/UX-nya yang sangat baik. Namun demikian, aplikasi ini juga memiliki kekurangan berupa biaya pengembangannya yang relatif tinggi dan hanya dapat digunakan pada satu jenis platform. 

Aplikasi Hybrid

Secara definitif, aplikasi hybrid merupakan aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman web dengan bantuan software development kit (SDK) native dari berbagai platform sistem operasi. Aplikasi hybrid bisa digunakan di berbagai jenis platform. Inilah yang membedakannya dengan aplikasi native yang hanya bisa digunakan di salah satu platform. 

Selain itu, seperti ditulis Gist, elemen aplikasi native dan web juga digabungkan oleh aplikasi ini. Jenis aplikasi ini pun juga dapat menggabungkan beragam fitur sistem operasi. Oleh karena itu, aplikasi hybrid sangat cocok bagimu , jika ingin aplikasimu dapat digunakan di Android, iOs dan sistem operasi lainnya. Seperti aplikasi native, aplikasi ini juga bisa kamu unduh di berbagai aplikasi app store.

Baca Juga : JHT BPJS Ketenagakerjaan: Syarat Lengkap dan Cara Klaim

Kelemahan dari aplikasi ini adalah pada umumnya terletak pada performanya yang sedikit rendah jika dibandingkan dengan aplikasi native. Namun, aplikasi hybrid juga memiliki kelebihan berupa lebih mudah dan cepat untuk dikembangkan. 

Aplikasi Web

MobiLoud memberikan definisi terkait aplikasi web, yaitu aplikasi yang diakses melalui web browser dengan menggunakan koneksi Internet. Salah satu contoh dari aplikasi web misalnya kamu mengakses suatu situs yang berawalan huruf “m”? Misalnya, “m.facebook.com” atau “m.tokopedia.com”.Itulah aplikasi web. 

Dari hal tersebut kamu bisa melihat satu distingsi dari ketiga aplikasi yang sudah disebutkan di atas. Aplikasi web hanya bisa diunduh dengan cara mengakses web browser. Sedangkan aplikasi native dan hybrid harus diunduh di app store. JavaScript, CSS dan HTML5 bisa digunakan untuk mengemabangkan aplikasi ini. 

Nah, kelebihan dari aplikasi ini adalah hanya menggunakan teknologi web. Sehingga inilah yang membuat aplikasi ini lebih mudah dikembangkan dari jenis aplikasi lainnya. Selain itu, aplikasi ini tidak memerlukan SDK seperti Android dan iOS. Namun kelemahannya adalah kemampuan aplikasi web terbatas dan tidak bisa di-publish ke berbagai app store. 

Yang perlu kamu pahami bahwa ketiga jenis aplikasi ini memiliki perbedaan dasar dari segi platform dan pengembangan. Oleh karena itu, kamu bisa membuat aplikasi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca juga: Mengenal Strategi Forum Marketing, Sebuah Langkah Penting yang Belum Banyak Dimanfaatkan Pemasar

Itulah deskripsi singkat terkait perbedaan antara aplikasi native, hybrid, dan web yang dapat jobnas.com bagikan pada kamu. Sekarang kamu sudah lebih paham, bukan?