Pahami Metode Paid Media, Agar Jangkauan Brand-mu Luas

Google News
Metode Paid Media
Metode Paid Media

Jobnas.com – Paid media adalah salah satu taktik yang bisa digunakan untuk melancarkan pemasaran. Sebab, strategi content marketing yang efektif tidak bertaut pada satu taktik saja. Menurut sebagian ahli, metode ini sangat dianjurkan. Mulai dari meningkatkan brand awareness sampai penjualan.

Di artikel ini, Jobnas.com akan membagikan terkait paid media. Mulai dari pengertian, alasan mengapa harus menggunakan metode paid media, dan strategi di dalamnya. 

Pengertian Paid Media

Dikutip dari Hubspot, paid media merupakan metode yang digunakan dalam digital marketing untuk mempromosikan konten secara berbayar. Seperti, display ads, paid search results, konten yang dimaksud bisa di-post di media sosial, iklan pop-up, dan lainnya. Tujuannya adalah memperluas jangkauan brand ke orang yang belum terjangkau sebelumnya, mencari lebih banyak klik, dan mendapatkan traffic yang lebih banyak pula.

Baca Juga : Mau tau Cara Jualan di Tiktok? Berikut 6 Strategi Marketing yang Efektif Jangkau Pelanggan Tiktok

Alasan Metode Ini Patut Dipertimbangkan

Supaya brand awareness dapat meningkat dan menjangkau audiens yang lebih luas merupakan salah satu alasan kenapa paid media sangat patut diperhitungkan. Dengan kata lain, dengan mensponsori sebuah konten, campaign yang tadinya tidak sampai ke beberapa orang bisa ‘dipaksa’ masuk ke radarnya.

Pada intinya, paid media digunakan untuk meningkatkan exposure dari brand-mu. Paid media tidak sama dengan earned dan owned media yang lebih berfokus pada proses yang organik. Kamu pun dapat memilih ingin fokus ke channel atau platform mana pun serta mendapatkan earned media yang bisa saja berasal dari search engine dengan banyaknya teknik dalam paid media. 

Contoh Paid Media

Beberapa contoh platform paid media yang sering digunakan di bawah ini akan semakin membuatmu memahami metode paid media itu sendiri. Dikutip dari BigCommerce, berikut deskripsinya.

Baca Juga : 6 Tips Membuat Executive Summary atau Ringkasan Eksekutif

1. PPC

Pay-per-click atau biasa lebih dikenal dengan singkatannya, PPC merupakan contoh paid media yang pertama. Platform ini terbilang cukup efektif untuk meningkatkan awareness terhadap brand, karena selalu diletakkan di bagian teratas search engine result page. Mereka akan melihat kontenmu dengan tanda “Ad” di sampingnya jika ada orang yang mencari keyword yang ditargetkan. 

2. Display Ads

Display ads, seperti iklan-iklan pop-up, banner, dan video merupakan contoh selanjutnya dari paid media ini. Kamu pasti sering melihat jenis paid media yang satu ini saat sedang menelusuri internet. Seperti, kamu membuka portal media, lalu di bagian atas ada banner, kadang muncul juga video, dan lain-lain.

Untuk meningkatkan brand awareness dan recognition saja, display ads sangat bisa diandalkan, karena user biasanya tidak begitu tertarik untuk mengkliknya.

Baca Juga : Advertising/" target="_blank" rel="noopener">Hati-hati dengan Penggunaan False Advertising, Bisa Berdampak Buruk

3. Twitter

Salah satu platform yang cukup efektif untuk paid media adalah twitter. Twitter memiliki jenis campaign apa yang hendak dijalankan. Contoh pertama adalah campaign yang ditujukan untuk memancing action tertentu dari target, seperti memberikan kupon atau penawaran lainnya dari Tweet yang di-upload, selain itu untuk meningkatkan awareness yang bisa dicapai dengan membuat copy khusus, membuat konten yang relevan, dan lain-lain. 

4. Facebook

Facebook Ads merupakan salah satu jalur untuk menjalankan paid media di Facebook. Ketika kamu pergi ke homepage user, kamu akan sering menemukan konten facebook ads ini. Selain itu, terdapat pula carousel ads yang bisa menampilkan lebih banyak produk atau acara, karena user harus menggeser (swipe) untuk melihatnya.

3. LinkedIn

Ada dua jenis promosi yang bisa lakukan LinkedIn, yaitu di feed seperti Facebook atau InMail yang merupakan personalized message. InMail sendiri merupakan iklan hanya akan ditampilkan atau muncul di chat box user ketika mereka sedang aktif online. Dari sini lah sebetulnya keunikan dari InMail itu sendiri. Karena keunikannya itu, perhatiannya sudah pasti akan tertuju ke iklan tersebut.

Baca juga: Cara Lengkap Pantau Website Menggunakan Google Analytics

Jadi kesimpulannya bahwa paid media adalah metode yang cukup efektif dan sangat patut untuk dipertimbangkan. Hal ini terutama jika kamu ingin memperluas jangkauan brand ke audiens yang belum pernah tersentuh sebelumnya, tetapi sebenarnya bisa. Itulah penjelasan dari Jobnas.com terkait paid media. Jika kamu ingin mempelajari segala hal yang berkaitan dengan dunia teknologi dan bisnis, kamu bisa membaca artikel Jobnas.com lainnya yang membahas topik serupa.