Cara Lengkap Pantau Website Menggunakan Google Analytics

Avatar
Google News
Pantau Website Menggunakan Google Analytics
Pantau Website Menggunakan Google Analytics

Jobnas.com – Cara menggunakan Google Analytics mungkin akan terasa sulit bagi pengguna pemula. Barangkali kerumitan Google Analytics akan dirasakan oleh banyak orang, tidak hanya kamu. Pada dasarnya, salah satu produk Google yang satu ini memang sangat banyak memiliki fitur untuk menilik traffic sebuah website. 

Baca Juga : Memahami Inclusive Design, Konsep Desain untuk Semua Pengguna

Meskipun demikian Google Analytics tetap sulit untuk dipelajari. Akan tetapi, kamu jangan khawatir. Jobnas.com akan memberikan cara-cara lengkap menggunakan Google Analytics buat kamu. Untuk itu, Yuk, simak penjelasan di bawah ini !

Cara Menggunakan Google Analytics

1. Melihat Analisis Data yang Paling Dibutuhkan

Kamu bisa menggunakan produk Google yang satu ini untuk membaca beberapa data sekaligus, meskipun ada beberapa orang yang tidak menggunakan Google Analytics untuk melihat satu atau dua analisis data saja. 

Melebihi itu, kamu bisa memilih beberapa data penting yang memang ingin kamu lihat setelah login. Caranya adalah, seperti ditulis Neil Patel, kamu letakkan di bagian dashboard yang masing-masing dapat berisi banyak widget.

Simak cara berikut ini agar kamu lebih memahami bagaimana cara menggunakan dashboard di Google Analytics :

  • Klik Customization > Dashboards di menu bar
  • Klik Create
  • Pilih jenis dashboard yang kamu inginkan
  • Beri nama dashboard, kemudian klik Create Dashboard
  • Terakhir, pilih data tertentu yang ingin kamu tampilkan

2. Melihat Demografi Pengunjung

Untuk mengetahui umur, lokasi, ketertarikan, gender, dan device yang pengunjung gunakan kamu perlu mengetahui terlebih dahulu demografi pengunjung. Hal ini dilakukan agar kamu bisa menyesuaikan kontenmu dengan mereka. Sebagai contoh, kamu menemukan bahwa 85% pengunjung menggunakan smartphone untuk mengakses situsmu. Dengan demikian, kamu bisa membuat tampilan situsmu menjadi lebih mobile-friendly. 

Baca Juga : Pentingnya Pengembangan Pelanggan dalam Strategi Perencanaan Bisnis

Berikut ini merupakan cara agar kamu bisa melihat demografi pengunjung di Google Analytics :

  • Klik menu Audience di bagian Reports
  • Pilih Overview untuk melihat demografi pengunjung secara keseluruhan
  • Pilih Demographic untuk melihat umur dan gender pengunjung
  • Pilih Interest untuk melihat ketertarikan atau bidang yang digeluti pengunjung
  • Pilih Geo untuk melihat bahasa dan lokasi pengunjung

3. Mengetahui Apa yang Paling Dicari Pengunjung

Meski kamu punya beberapa konten dengan search volume keyword yang sangat tinggi, belum tentu konten itulah yang paling dicari pengunjung dari situsmu. Bisa jadi mereka mencari hal-hal yang lebih spesifik daripada itu. Dengan demikian, mengetahui apa yang paling dicari dan dikunjungi oleh pengguna merupakan hal yang harus kamu lakukan. Dengan begitu, kamu bisa memberikan atensi lebih pada konten-konten semacam itu.

Caranya adalah : 

  • Klik menu Behavior di bagian Reports
  • Pilih Site Content
  • Urutkan dari Pageviews tertinggi

Selain itu, kamu juga bisa mengurutkan konten dari unsur lainnya, seperti bounce rate, avg time on page, dan sebagainya.

4. Menemukan Performa Page Terburuk

Melihat performa sebenarnya bisa dari beberapa aspek. Untuk melihat performa page terburuk, kamu bisa melihat % Exit di situs atau konten tertentu. Seperti ditulis Hotjar, Exit merupakan akan menunjukkan frekuensi pengunjung meninggalkan situs dari satu halaman. 

Baca Juga : Advertising/">Hati-hati dengan Penggunaan False Advertising, Bisa Berdampak Buruk

Secara general, Exit bisa memberitahu bahwa pengunjung tidak menemukan apa yang mereka cari di halaman tersebut sehingga mereka pun keluar.

Jika % Exit tinggi, kamu perlu mengevaluasi kontenmu. Apakah konten tersebut memang sudah sesuai dengan keinginan pengunjung? Apakah kontenmu benar-benar sesuai dengan keyword yang kamu gunakan?

Berikut cara melihat % Exit menggunakan Google Analytics.

  • Klik menu Behavior di bagian Reports
  • Pilih Site Content
  • Urutkan dari % Exit tertinggi

Jadi, untuk mengetahui performa halaman, bisa lewat Exit. Semakin tinggi % Exit, bisa dibilang semakin buruk juga performa halaman tersebut.

Itulah cara menggunakan Google Analytics dari Jobnas.com untuk berbagai keperluan dasar situsmu. Saat ini, kamu bisa terus memantau produk Google tersebut untuk melihat seberapa baik kinerja situsmu.

Dengan demikian, kamu bisa meningkatkan beberapa hal yang masih belum maksimal.Namun, tahukah kamu bahwa Google Analytics bukan satu-satunya kunci keberhasilan sebuah website?

Baca juga: Mengembangkan Produk Melalui Service Blueprint

Masih ada banyak tools dan cara lainnya untuk meningkatkan performa website, lho! Untuk mengetahui info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi laman Jobnas.com. Di sana kamu akan menemukan beberapa penjelasan terkait topik serupa.