Loading...

Call Center BPJS Kesehatan dan Alternatif Lainnya

BPJS Kesehatan adalah platform yang sangat berguna bagi warga negara Indonesia. Namun, dalam menggunakannya terkadang mengalami kendala seperti tidak bisa daftar, aplikasi JKN error, dsb. Oleh sebab itu, Anda perlu...
Posted in Insurance
Agustus 15, 2022
Call Center BPJS Kesehatan dan Alternatif Lainnya

BPJS Kesehatan adalah platform yang sangat berguna bagi warga negara Indonesia. Namun, dalam menggunakannya terkadang mengalami kendala seperti tidak bisa daftar, aplikasi JKN error, dsb. Oleh sebab itu, Anda perlu menghubungi call center BPJS Kesehatan.

Untuk menghubunginya sangat mudah karena ada berbagai cara yang diberikan oleh BPJS. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan respon yang cepat. Jika tidak bisa menggunakan call center resminya, Anda bisa menggunakan layanan lain yang tersedia. Berikut informasinya.

Layanan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan sangat dibutuhkan bagi pekerja atau karyawan padahal manfaatnya begitu penting. Dengan terdaftar di BPJS Kesehatan, ada banyak keuntungan yang didapat.

Ini merupakan program pemerintah yang memberikan perlindungan kesehatan untuk semua rakyatnya.

Jika sudah terdaftar, Anda bisa mendapatkan fasilitas kesehatan mulai dari puskesmas, klinik pratama, dokter gigi, rumah sakit, klinik utama, apotek PRB dan kronis, optik, dan masih banyak lagi.

Ada pula pelayanan promosi kesehatan dan pencegahannya, rehabilitatif (pengobatan), pemeriksaan, sampai dengan rawat inap jika mengalami gangguan kesehatan yang lebih parah.

Bagaimana Cara Menelpon Call Center BPJS Kesehatan?

Call Center BPJS Kesehatan dan alternatif lainya
Call Center BPJS Kesehatan dan alternatif lainya

Untuk mendapatkan informasi atau menanyakan sesuatu terkait error, Anda bisa menyampaikannya melalui call center BPJS Kesehatan 2022.

Nomor ini nantinya bisa dihubungi selama 24 jam penuh. Jadi, meskipun butuh darurat, CS bisa segera menanggapinya. Adapun nomor dari BPJS Kesehatan call center 24 jam adalah: 1500400.

Anda bisa menghubunginya kapanpun yang Anda inginkan. Namun, sebelum melakukan panggilan, pastikan bahwa nomor ponsel Anda mempunyai pulsa yang masih cukup.

Hal ini karena layanan tersebut tidak gratis atau akan dikenakan pulsa setiap menghubunginya. Untuk lebih menghematnya, Anda bisa menghubunginya melalui telepon rumah sehingga biayanya tidak terlalu besar karena disesuaikan dengan tarif lokal.

Jika tidak ingin meluangkan pulsa atau call center BPJS Kesehatan tidak bisa dihubungi, silahkan untuk mencoba alternatif lainnya berikut ini.

Alternatif Hubungi CS BPJS

Selain menggunakan nomor BPJS di atas, Anda juga bisa menghubunginya melalui berbagai cara lain. Mulai dari SMS Gateway, media sosial, JKN, dsb. Simak metode lain dan caranya untuk melakukan panggilan ke CS berikut ini.

1. SMS Gateway

Apa itu SMS Gateway BPJS? SMS Gateway adalah layanan yang dimiliki oleh BPJS untuk menggunakan pesan singkat berbayar. Cara ini bisa Anda gunakan jika memiliki paket SMS gratis sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya.

Anda bisa mengirim pesan ke nomor berikut ini: 087775500400. Jadi, jika khawatir 087775500400 no siapa? Itu adalah nomor resmi dari BPJS melalui SMS.

Untuk menanyakan berbagai informasi, Anda juga harus menggunakan format tertentu agar bisa ditanggapi oleh pihak BPJS. Adapun formatnya yaitu mengirim tulisan HELP ke nomor di atas.

Kemudian, ikuti petunjuk pada balasan pesan dari nomor tersebut. Anda bisa menanyakan dengan format yang disesuaikan.

2. Media Sosial

Jika SMS masih dirasa kurang praktis dan menghabiskan pulsa, gunakan Customer Service BPJS Kesehatan online lewat media sosial. Cara ini juga praktis karena BPJS menyediakan berbagai media sosial mulai dari Twitter, Instagram, dan Facebook.

Dengan demikian, Anda bisa memilih mana media sosial yang Anda punyai lalu hubungi CS BPJS kesehatan.

Berikut adalah nama akun media sosial BPJS yang resmi:

Untuk mengetahui media sosial yang resmi dan bukan, Anda bisa membandingkannya dari centang hijau di akun media sosial tersebut. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari adanya pemalsuan yang mengatasnamakan BPJS.

Setelah pergi ke akun media sosialnya, klik DM atau Direct Message ke media sosial untuk menanyakan berbagai hal terkait dengan BPJS.

Setelahnya, tunggu sampai ada informasi balasan. Admin akan membalas satu persatu sesuai dengan antrian DM sehingga membutuhkan waktu. Selain itu, admin bisa saja meminta identitas diri seperti NIK, nama lengkap dan tanggal lahir sebagai verifikasi data.

3. Melalui Whatsapp

Ada pula cara lain untuk menghubungi call center BPJS Kesehatan bebas pulsa. Caranya yaitu melalui PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp). PANDAWA ini juga layanan yang diberikan BPJS untuk memaksimalkan kepuasan pelanggannya.

Anda hanya membutuhkan koneksi internet agar bisa mengirim pesan ke call center BPJS Kesehatan Whatsapp. Namun, nomor kontak PANDAWA akan berbeda-beda sesuai dengan kantor cabang.

Adapun nomor WA PANDAWA BPJS Kesehatan bisa ditanyakan dengan menghubungi Whatsapp bot dari BPJS yaitu 08118750400. Pastikan jangan sembarangan chat nomor tertentu, pastikan sudah cek di official website BPJS Kesehatan.

4. Mobile JKN

Aplikasi ini sedang gencar-gencarnya dipromosikan oleh BPJS karena berbagai fiturnya yang akan memudahkan pengguna. Jika mempunyai aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan informasi pembayaran BPJS sampai dengan info kesehatan dan tempat yang bisa dikunjungi.

Sebelum mengetahui informasi tentang cara memberikan keluhan di JKN Mobile, Anda harus mempunyai akunnya terlebih dahulu. Jika belum punya, lakukan registrasi terlebih dahulu. Khusus bagi yang gagal daftar silahkan hubungi ke call center BPJS Kesehatan 165.

a. Daftar JKN Mobile

Untuk mendaftarkan diri ke JKN Mobile, persiapkan nomor rekening, KK, KTP, dan Hp yang memiliki koneksi internet. Jika sudah, berikut adalah cara daftar BPJS Kesehatan online:

  1. Install aplikasi JKN melalui Play Store.
  2. Setelahnya, klik menu Daftar setelah Anda berhasil masuk ke aplikasi JKN.
  3. Klik Pendaftaran Peserta Baru
  4. Silahkan baca ketentuannya terlebih dahulu sebelum mengklik “Saya Setuju”.
  5. Jika sudah, Klik Selanjutnya.
  6. Masukkan nomor NIK dan lakukan verifikasi bukan robot (kode Captcha) sesuai arahan yang diminta.
  7. Kemudian, klik Cari.
  8. Secara otomatis data kependudukan Anda akan muncul. Isi data tambahan seperti alamat domisili, kelas rawat, dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang sesuai daerah tempat tinggal Anda.
  9. Silahkan untuk melakukan pembayaran iuran pertama dari autodebet. Batas waktu paling cepat yaitu 14 hari dan paling lambat sebulan setelah pendaftaran. Jika lebih dari itu, maka daftar JKN Mobile gagal dan Anda harus mengulanginya lagi.
  10. Jika sudah bayar, Anda sudah resmi terdaftar di BPJS Kesehatan. Kartu fisiknya akan dikirim maksimal 6 hari.

b. Hubungi BPJS Lewat JKN

Selain itu, call center JKN Mobile juga bisa menanyakan berbagai informasi serta keluhan di aplikasi ini. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke Mobile JKN menggunakan akun Anda sendiri.
  2. Setelah berhasil masuk, klik menu Informasi dan Pengaduan.
  3. Disana, aka nada tombol berbentuk plus (+) tekan tombol tersebut.
  4. Selanjutnya, Anda bisa mengisi keperluan apa. Apakah ingin menyampaikan komplain atau meminta informasi.
  5. Terakhir, klik LAPORKAN.

Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu respon dari pihak JKN. Mudah sekali bukan? Kamu juga bisa baca artikel lainya seperti Email BPJS Ketenagakerjaan dan Call Center-nya.

Penutup Call Center BPJS Kesehatan

Itulah berbagai layanan call center BPJS Kesehatan yang dapat Anda gunakan untuk mencari informasi yang relevan. Selain itu, Anda juga bisa mengirim keluhan jika terjadi masalah dalam penggunaan BPJS Kesehatan sehingga oleh pihaknya bisa segera ditindaklanjuti.

Share this article

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Articles

Browse the latest career advices

September 20, 2022
Beberapa Cara Turun Kelas BPJS dan Persyaratannya
Anda bisa naik maupun turun kelas sesuai keinginan. Lalu bagaimana cara turun kelas BPJS?
September 20, 2022
4 Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan
Apabila Anda penasaran mengenai adakah cara menonaktifkan BPJS kesehatan, maka jawabannya adalah ada.
September 9, 2022
Aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Terbaru 2022
Apabila Anda merupakan peserta dari JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan maka Anda bisa mengecek saldo yang Anda miliki secara mudah melalui JMO atau BPJSTKU. JMO dan BPJSTKU merupakan aplikasi...
September 8, 2022
Website BPJS Ketenagakerjaan Resmi, Begini Cara Mengakses dan Fungsinya
BPJS Ketenagakerjaan merupakan jaminan yang diberikan oleh pemerintah terkait tenaga kerja di Indonesia dalam memperoleh haknya. Untuk bisa melihat JHT (Jaminan Hari Tua) maka Anda bisa mengunjungi website BPJS Ketenagakerjaan....