Apa Itu Angkatan Kerja? Kalian Wajib Memahami Apa Itu Jobseeker!

Google News
Apa Itu Angkatan Kerja? Kalian Wajib Memahami Apa Itu Jobseeker
Apa Itu Angkatan Kerja? Kalian Wajib Memahami Apa Itu Jobseeker

Jobnas.com – Meski tidak lazim seperti tenaga kerja, tenaga kerja merupakan istilah penting yang perlu dipahami oleh para pencari kerja.

Karena pada dasarnya, pencari kerja atau Job seeker adalah bagian dari generasi ini. Dalam hal ini dia tidak sendiri.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Di atas adalah sebagai pemanti kepada kalian supaya kalian bisa memahami apa yang dimaksud dengan job seeker atau pencari kerja.

Jika kalian ingin mengetahuinya simak penjelasan artikel di bawah ini!

Apa itu Jobseeker?

Sebelum ke pembahan inti. Kiranya perlu kalian ketahui terlebih dahulu definisi dari istilah inggris di atas. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti angkatan kerja. Angkatan kerja  adalah suatu kelompok dalam dunia kerja. Grup ini mencakup orang yang sedang bekerja dan orang yang sedang mencari pekerjaan.

Artinya, secara sederhnaya orang yang tidak aktif mencari pekerjaan tidak termasuk. Hal ini juga sesuai dengan penjelasan Badan Pusat Statistik. Namun, mereka menambahkan informasi tentang populasi usia kerja.

Jika sudah mencapai usia di atas 15 tahun atau usia 18+, berarti berabti termasuk dalam populasi usia kerja. Namun, jika kalian tidak aktif mencari pekerjaan, kalian tidak akan berada di dunia kerja. Selain itu, di grup ini, ada orang lain di dalamnya. Hal ini termasuk siswa, ibu rumah tangga, pensiunan atau mereka yang memiliki kegiatan pribadi.

Baca juga: Kuasai 8 Teknik Presentasi Pitching Biar Lebih Efektif dan Kelihatan Memukau di Mata Audiens

Perbedaan Tenaga Kerja dengan Angkatan Kerja

Definisi tenaga kerja diberikan dalam UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 (UUK 13/2003). Bahkan, ketentuan ini telah diubah menjadi undang-undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Namun, interpretasi mengenai definisi perburuhan tidak diubah oleh undang-undang baru ini.

Pada UUK 13/2003, pasal 1 angka 1 berbunyi: Pegawai adalah semua orang yang mampu bekerja.

Tenaga kerja adalah istilah yang berbeda dari Angkatan kerja. Glints akan memandu Anda melalui detailnya.

Pekerjaan ini dilakukan untuk menghasilkan barang atau jasa. Nah, hasil karya ini bisa dinikmati sendiri, bisa juga dinikmati oleh masyarakat secara luas. Sedangkan angkatan kerja terdiri dari orang-orang yang sedang bekerja dan aktif mencari pekerjaan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki perbedaan. Kerja adalah istilah yang lebih luas daripada gaya ini.

Padda bagian ini Jobnas akan memberikan contoh. Ibu rumah tangga adalah bagian dari tenaga kerja, tetapi bukan bagian dari angkatan kerja.

Memecahkan Total Tenaga Kerja

Di sini saya akan mengutip Badan Pusat Statistik, yang terbit pada Februari 2020 jumlah anggota angkatan ini sebanyak 137,91 juta orang. Jumlah ini meningkat 1,73 juta orang dibandingkan Februari 2019.

Jumlah seperti ini bisa bertambah karena semakin banyak orang yang bekerja. Namun, kalian harus menyadari bahwa ada data lain yang menunjukkan angka pengangguran naik menjadi 60.000 orang.

Menghadapi situasi tersebut, apakah kalian merasa cemas? Jangan khawatir, Jobnas akan memberikan tips agar kalian bisa bersinar di antara para pencari kerja lainnya. Dihimpun dari Forbes dan ZipRecruiter, tips ini meliputi:

1. Maksimalkan CV Anda

Masih banyak pemberi kerja menemukan resume atau cv kalian dengan banyak typo dalam penulisannya. Ada juga surat pengantar dengan nama perusahaan yang tidak pantas. Hal kecil ini dapat memengaruhi peluang kalian untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu, mengirimkan CV dan dokumen lamaran terbaik dapat membedakan kalian dari kandidat lainnya.

2. Ajukan Pertanyaan Menarik Selama Wawancara

Setelah melewati babak review resume, biasanya kalian akan diwawancarai. Di akhir bagian ini, kalian akan diberi kesempatan untuk bertanya. Memang pertanyaan ini terkesan sepele. Namun, apa yang kalian katakan pada kesempatan itu adalah salah satu kunci yang dapat membedakan kalian dari anggota tim lainnya. Jauh sebelum wawancara dilakukan, siapkan pertanyaan menarik yang tidak terduga!

3. Lakukan Wawancara Kerja Lanjutan

Apakah tahap wawancara sudah selesai? Kalau belum ada kabar, kalian bisa mengikuti ulang dan melakukan wawancara kerja lanjutan. Jangan tanya langsung diterima atau tidak ya? Kalian bisa mencoba memahami terlebih dahulu proses tersebut. Contohnya menanyakan tentang kemajuan perekrutan kalian.

Berakhirlah penjelan Jobnas mengenai tema kali ini. Setelah kalian habis baca artikel ini, tentunya tenaga kerja merupakan konsep yang sudah kalian pahami. Ingatlah bahwa untuk bersaing dengan anggota lain dari generasi ini, dan yang perlu kalian ingat, kalian harus terus berkembang.

Baca juga: 5 Rekomendasi Buku Psikologi yang Cocok untuk Kebutuhanmu

Jadi kesimpulannya, apa yang dapat lakukan? kalian dapat membaca semua informasi semacam ini di blog Jobans. Agar kebingungan yang ada dalam diri kalian bisa terpecahkan. Di sana kalian juga akan menemukan informasi terbaru dan terpercaya seputar dunia kerja.