Kenali Website Tempat Jual-Beli Langsung yang Super Mudah Ini

Website Tempat Jual Beli Langsung

Jobnas.com Jika kamu seorang pemilik toko online atau pun ada keinginan untuk membuka toko online, maka E-Commerce dalam bentuk website harus kamu ketahui. 

Kata CyberChimps, e-commerce sangat memungkinkan adanya transaksi jual beli barang atau jasa. E-commerce sangat berbeda dengan situs perusahaan atau toko biasa. Kalau situs biasa hanya punya daftar produk dan pengunjung mesti mengontakmu secara kontinu untuk bisa berbelanja, sedangkan di website untuk e-commerce, kamu bisa langsung bertransaksi. Sehingga tidak perlu proses kontak lagi.

Selain itu, ada perbedaan antara platform e-commerce dengan situs e-commerce. Di situs e-commerce hanya ada tokomu an barang-barang yang dijual kamu. Sementara di platform ecommerce, ada banyak toko online lainnya. Hal inilah yang memungkinkanmu dapat bersaing secara langsung. Namun demikian, e-commerce masih memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya ialah privasi pengguna. Jadi, menjaga data-data pribadi mereka agar tersimpan dengan aman harus kamu lakukan. Karena itu, kamu akan merugi jika hal ini lalai dilakukan. 

Baca Juga : Mencari Sponsorship Online? Berikut Tips, Jenis dan Manfaatnya

Berikut ini adalah beberapa cara membuat e-commerce website yang perlu kamu ketahui. Dirangkum dari The Balance Small Business, ini dia informasinya untukmu:

1. Pikirkan User Experience

Jangan sampai melupakan aspek kenyamanan pelanggan online. Mengutamakan kenyamanan pelanggan online menjadi keharusan bagimu. Jadi, memahami perasaan mereka saat ingin membeli sesuatu di situsmu harus dipikirkan agar mereka tidak kecewa. Misalnya, situsmu sangat lambat, maka bagaimana cara agar kamu bisa menanggulangi kelambatan tersebut. 

Oleh karena itu, pastikan dulu kualitas situsmu sebelum memilih jasa hosting. Jangan sampai pelangganmu kecewa dan tidak lagi mampir di situsmu. 

2. Navigasi yang Rapi Harus Dibuat

Seperti di toko offline, menata barang agar pelanggan mudah memilih suatu produk harus pula dipikirkan di situs jualanmu. Penataan barang yang tampak tidak rapi, akan memungkinkamu pelangganmu tak jadi beli. 

Oleh karena itu, kelompokkanlah produk-produkmu sesuai kategorinya. Seperti jenis pakaian yang satu dengan jenis pakaian yang lainnya. Hal ini tentu akan mempermudah pengunjung situs untuk berbelanja. 

3. Update Data Stok

Jangan sampai pelanggan kecewa saat ada kesalahan dalam memasukkan data stok. Misalnya, mereka telah menempuh segala cara mulai dari membuka website e-commerce hingga membayar. Namun pesanannya tak kunjung datang karena kamu salah memasukkan data stok, parahnya tak ada lagi sisa barang untuk mereka. Tentu kamu dapat dengan mudah mengembalikan uangnya, namun rasa kecewa mungkin akan selalu melekat di hati mereka. 

Baca Juga : Gratis Pasang Iklan Lowongan Kerja

Jadi, selalu mengupdate data stok merupakan sebuah keharusan bagimu. Karena ada pepatah yang bilang “mencegah lebih baik daripada mengobati”. 

4. Menulis Informasi yang Cukup

Dunia nyata berbeda dengan dunia ideal. Di dunia yang ideal, sebuah web mengandung informasi yang lengkap. Dengan begitu, penggunanya bisa dengan mudah membaca berbagai keterangan di sana. Sedangkan di dunia nyata, informasi yang terlalu banyak kadang bisa membuat durasi loading akan lama. Jadi yang terpenting masukkan informasi dengan komposisi yang pas. Letakkan semua selengkap dan sedetail mungkin, jangan sampai durasi loading terlalu lama. 

5. Berikan Beberapa Pilihan Pembayaran

Pelanggan tentu merasa sangat nyaman ketika ada beberapa jenis pembayaran di website ecommerce-mu. Mulai dari metode transfer bank, kartu kredit, hingga dompet digital. Dengan begitu, mereka akan menyesuaikan pilihan dengan pertimbangan mereka sendiri. 

Baca Juga : Cara Dapatkan JHT Formulir BPJS Ketenagakerjaan

6. Hadirkan Customer Service

Jangan lupa hadirkan customer service, meskipun telah website e-commerce-mu sangat bagus karena kemungkinan pelanggan butuh bantuan akan tetap ada. Oleh karena itu, agar kamu dapat dinilai profesional dan ringan tangan, maka bala bantuan harus selalu kamu siapkan kapan saja ketika mereka membutuhkannya. 

7. Ingat Keamanan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa keamanan menjaga data itu sangat penting. Seperti data alamat, nomor HP, email, dan lain-lain. Ingat, toko online punya banyak data pribadi pelanggan.

Pilihan E-Commerce Website Builder

Salah satu hal yang dapat kamu bangun untuk e-commerce ialah WooCommerce. .

Melalui WooCommerce, kamu bisa membuat situs toko dengan mudah. Karena tools ini merupakan plugin di content management system WordPress. Tools ini juga menyediakan berbagai pilihan alternatif. Misalnya, SIRCLO, Jejualan, dan lain-lain.

Apakah kamu tertarik membuatnya ?. 

Itulah beberapa hal tentang website e-commerce yang Jobnas berikan.

Baca juga: Kenalan Dulu dengan VueJs Jika Ingin Menggunakan Framework Berukuran Kecil

0
83