Kenalan Dulu dengan VueJs Jika Ingin Menggunakan Framework Berukuran Kecil

VueJs Framework Berukuran Kecil

Jobnas.com Untuk membangun interface website yang interaktif, framework VueJs merupakan salah satu yang populer. Website developer banyak menggunakan VueJs dalam membuat  interface yang menarik dan interaktif. 

Tujuan VueJS ialah dapat memberikan manfaat pengikatan data agar reaktif dan komponen tampilan yang dapat disusun dengan API bisa menjadi sesimpel mungkin. 

VueJs sangat berbeda dengan  dengan framework website lainnya, VueJS bukanlah framework yang lengkap. Framework ini hanya berfokus pada tampilan saja adalah ciri khas framework ini. Dengan demikian, VueJs dapat kamu ambil dan integrasikan dengan Framework library atau proyek yang sudah ada. Caranya, kamu hanya menulis kode dalam HTML dan JavaScript saja. Bahkan jika perlu, kamu CSS, JSX, dan TypeScript bisa juga ditambahkan. 

Di samping itu, jika kamu menggunakan kombinasi tools dan library pendukung yang tepat untuk membuat single page application (SPA), VueJS juga dapat diandalkan. Sebabnya, sistem komponennya bersifat reaktif. Dengan kata lain, VueJS mengetahui cara berkomunikasi melalui peristiwa asinkron; misalnya, komponen anak dapat berkomunikasi dengan komponen induknya melalui peristiwa tersebut.

Baca Juga : JHT BPJS Ketenagakerjaan: Syarat Lengkap dan Cara Klaim

Baris perintah khusus (command line interface/CLI) yang dibuat di NodeJS juga menjadi sesuatu yang dimiliki VueJS. Sebuah alat yang dapat memulai proyek menggunakan boilerplate atau template dasar.

Untuk melihat bagaimana suatu komponen terlukiskan, VueJS juga memiliki ekstensi Chrome. Sehingga, berbagai peristiwa yang diluncurkan dan dicatat, bagaimana keadaan internal setiap komponen disimpan, serta untuk mengetahui keadaan global komponen yang sedang berperilaku kamu bisa melihatnya. 

Untuk itu, setidaknya ada lima keunggulan menggunakan VueJS yang perlu kamu ketahui. 

1. VueJs Memiliki Ukuran Kecil

VueJs memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pada framework lainnya. Hal ini memungkinkan JavaScript berhasil. Karena, semakin  banyak yang akan menggunakan. Ukuran VueJs berkisar di antara 18-21 KB. Kendati relatif kecil,  VueJs tetap memiliki kecepatan yang masih terbilang stabil. VueJs justru dapat mengalahkan semua framework besar seperti ReactJS, AngularJS, dan EmberJS dalam hal kecepatan.

2. VueJS Mudah Dipahami

VueJS lebih mudah dipahami. User dapat dengan mudah menambahkan VueJS ke proyek websitenya karena strukturnya yang tidak ribet. Bahkan dalam skala kecil maupun besar pun, framework ini dapat digunakan untuk mengembangkan website dengan waktu yang lebih ringkas. Selain  itu, kelebihan dari framework ini juga dapat melacak blok dengan kesalahan karena strukturnya yang sangat sederhana. 

Baca Juga : Beberapa Cara Turun Kelas BPJS dan Persyaratannya

3. VueJs dapat Terintegrasi

VueJs dapat terintegrasi dengan mudah. Hal inilah yang membuat framework ini cukup populer di kalangan website developer. Oleh karena itu, framework ini berguna untuk mengembangkan aplikasi web baru serta mengubah aplikasi yang sudah ada sebelumnya.

4. Framework yang Fleksibel

Keempat, kelebihan dari framework ini adalah fleksibel seperti dilansir dari Net Guru. Pada praktiknya, modular SPA yang besar juga dapat digunakan oleh VueJs. Dalam praktiknya, untuk membangun bagian kecil yang interaktif untuk diintegrasikan menggunakan teknologi yang berbeda, modular SPA yang besar juga dapat digunakan oleh VueJS.  Dengan demikian framework ini bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja. Mulai dari dijadikan perpustakaan untuk proyekmu atau framework berfitur lengkap yang digunakan untuk membangun seluruh produk.

5. Memiliki Konvensi yang Bermanfaat

VueJs dapat menghindarkan masalah ketika menulis di kode boilerplate yang cukup menguras waktu dan sumber daya. Hal ini karena VueJs telah menyediakan banyak solusi built-in dan menegakkan konvensi yang menghemat tenaga. Beberapa solusi tersebut di antaranya ialah manajemen keadaan, animasi, dan komponen penyusun.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang VueJs beserta keunggulannya. VueJs dapat dimanfaatkan oleh kamu jika menjadi seorang front end developer yang ingin membuat interface website lebih interaktif.

Baca juga: Tentukan Ranking Hasil Pencarian dengan Metrik Baru Penilaian Google Melalui Core Web Vitals

Nah, untuk mengembangkan karirmu sebagai front end developer bisa melalui Jobnas, lho.

Di sana tersedia beberapa lowongan pekerjaan sebagai front end developer yang tersedia untukmu. 

Segera daftarkan dan kembangkan karirmu melalui Jobnas sekarang juga. 

0
28