Di Balik Suksesnya Penjualan Produk, Ada Profesi Canvasser

uksesnya Penjualan Produk, Ada Profesi Canvasser

Jobnas.com – Salah satu metode yang paling sering digunakan perusahaan untuk mendapatkan konsumen adalah canvassing. Karena itu, menjadi seorang canvasser adalah profesi yang masih menjanjikan dan dibutuhkan perusahaan. Lalu, kenapa sih kok bisa menjanjikan berkarir sebagai seorang canvasser ?. Lantas, apa sebenarnya profesi canvasser itu ?. Pada artikel ini, Jobnas.com akan memberikan penjelasannya untukmu. Simak selengkapnya!

Pengertian Canvasser

Dilansir dari Study.com, profesi canvasser merupakan seseorang yang bertugas menawarkan produk dalam suatu proses penjualan secara langsung kepada konsumen, sebagai bagian dari metode canvassing. Sedangkan canvassing adalah aktivitas untuk melakukan komunikasi langsung dengan pelanggan.

Baa Juga : 3 Tips Quality Time untuk Pasangan yang Sibuk Kerja

Komunikasinya pun beragam. Mulai dari telepon hingga email, ataupun melakukan kunjungan ke tempat pelanggan. Untuk menjadi seorang canvasser, kamu perlu memiliki beberapa skill atau kemampuan tersendiri.

Kemampuan yang Dibutuhkan

Setidaknya ada 3 kemampuan yang perlu dimiliki oleh seorang canvasser, berikut ini adalah tiga kemampuan itu : 

1. Product Knowledge (pengetahuan tentang produk)

Memahami ihwal seluk-beluk produk yang dijual merupakan kemampuan utama yang mesti dimiliki seorang canvasser. Kemampuan ini meliputi spesifikasi, cara penggunaan, serta hal-hal terkait lainnya. Dengan begitu, canvasser akan lebih mudah menjelaskan mengenai produknya, dan konsumen juga memiliki kepercayaan tersendiri. 

2. Negosiasi

Kemampuan melakukan negoisasi adalah salah satu cara untuk dapat menawarkan sesuatu kepada pembeli. Alasannya, karena calon konsumen sangat mungkin untuk melakukan penawaran harga. Oleh karena itu, ketika menjadi seorang canvasser, maka kamu mesti memahami kapan sekiranya kamu menanggapi hal tersebut dan bagaimana caranya. Hal ini dilakukan agar barang dapat terjual, namun keuntungan tetap datang bagi perusahaan. 

3. Komunikasi

kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan agar bisa menjelaskan mengenai produk, bernegosiasi, serta menggaet konsumen tentu. Hal ini agar apa yang disampaikan mendapatkan timbal balik yang baik, serta tertata dan membuat konsumen nyaman.

Tugas Canvasser

Seperti dilansir dari Betterteam, ada beberapa tugas yang perlu dilaksanakan oleh seorang canvasser. Berikut ini adalah tugas tersebut :

1. Memanfaatkan Berbagai Media untuk Melaksanakan Kegiatan Penjualan

Salah satu tugas utama seorang canvasser adalah memanfaatkan berbagai media seperti email dan telepon untuk melaksanakan penjualan kepada konsumen. Hal ini dikarenakan mereka tentu memiliki target terhadap penjualan tersendiri.

Baca juga: Suatu Prediksi Cloud Services yang Akan Menjadi Masa Depan Microsoft Azure

2. Menghadiri Berbagai Kegiatan

Agar perusahaan dapat lebih dekat dengan calon konsumen, maka kegiatan atau event merupakan salah satu caranya. Di sini tugas seorang canvasser adalah menghadiri berbagai event untuk dapat menawarkan produk atau jasa, sehingga penjualan dapat ditingkatkan. 

3. Menghubungi Pelanggan di Waktu Tertentu

Menghubungi pelanggan di waktu tertentu seperti saat terjadi promosi dan penawaran lainnya sangat dimungkinkan bagi seorang canvasser. 

Cara Kerja Canvasser

Ada beberapa langkah kerja sales canvasser seperti bersumber dari Beyond Business Group, langkah kerja itu di antaranya :

1. Approach (pendekatan kepada calon pembeli)

Langkah ini mengisyaratkan adanya mengenal calon konsumen yang tepat, serta mengetahui masalah apa yang diselesaikan oleh produk atau layanan tersebut.

Baca Juga : Gratis Pasang Iklan Lowongan Kerja

Dengan mengetahui hal itu, maka mereka dapat melakukan pendekatan kepada calon pembeli yang dianggap layak dan sesuai.

2. Presentation (penyajian)

Tugas selanjutnya bagi seorang canvasser adalah menjelaskan kepada calon konsumen ketika sudah memahami product knowledge. Dalam konteks ini, menampilkan kesan pertama kepada pelaku penjualan. Nah, melalui kesan yang baik, maka akan membantu kelancaran proses penjualan. 

3. Selling (menjual)

Memberi keyakinan kepada pembeli atas manfaat atau kelebihan produk yang ditawarkan menjadi hal yang begitu penting dalam proses menjual bagi seorang sales. Selain itu, pengetahuan tentang produk dan pengembangan komunikasi yang efektif dapat menjadikan calon pembeli menjadi pembeli. 

Baca Juga : Beberapa Cara Turun Kelas BPJS dan Persyaratannya

4. Closing the Sale

Untuk meyakinkan calon pembeli, maka seorang canvasser mesti melakukan tahap closing the sale. Di titik ini, langkah-langkah penting yang mesti dilakukan oleh seorang canvasser ialah dengan melakukan langkah-langkah administratif untuk menutup penjualan dalam bentuk statement, order, dan tanda terima pembayaran. 

Melakukan Tindak lanjut

Tindak lanjut dari seorang canvasser adalah hal yang begitu penting agar pembeli dapat lebih puas dan berpotensi untuk melakukan pembelian kembali. Hal yang dapat dilakukan dalam konteks ini adalah menawarkan bantuan jika terjadi permasalahan terhadap produk tersebut atau memberikan promosi karena telah menjadi konsumen.   

Nah, itulah beberapa penjelasan dari Jobnas.com terkait  canvasser yang perlu kamu ketahui.

0
41