Alasan Ini Akan Membuatmu Tak Disarankan Bawa Pulang Pekerjaan

Tak Disarankan Bawa Pulang Pekerjaan

Jobnas.com Ada alasan esensial mengapa bawa pulang pekerjaan kantor sangat tidak disarankan, yaitu karena tidak adanya work-life balance.

Membawa pulang pekerjaan menyebabkan setidaknya adanya gangguan ketidakseimbangan antara kehidupan profesional dan pribadi. Hal ini akan memicu kamu banyak pikiran dan gampang stres sehingga berakibat pada kondisi fisik dan mentalmu. 

Bekerja lebih dari jam kerja dapat meningkatkan risiko depresi di mayoritas orang, seperti yang dinyatakan oleh riset dari jurnal PLoS ONE. Bekerja melebihi jam kerja akan menimbulkan masalah jika dilakukan secara terus menerus. Memilih lembur sampai tengah malam, kemudian pekerjaan kantormu dibawa ke rumah, dan kamu menyelesaikannya di luar jam kerja, secara otomatis akan memicu adanya energi negatif dan menyebabkan stress. 

Selain itu, kamu akan kehilangan dimensi waktu untuk menikmati hidup bersama keluarga, meningkatkan risiko menjadi workaholic karena kerja kapan pun di mana pun, serta tidak memiliki kemampuan mengatur waktu untuk dirimu sendiri. 

Baca Juga : Finance, Accounting, & Tax Staff (FAA)

Disarikan dari Inc,  Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan agar terhindar dari hal-hal semacam itu.

Rutinitas untuk Menandai Transisi

Pertama, buatlah rutinitas untuk menandai transisi. Membuat transisi bisa meminimalisir kalau kamu kesulitan meninggalkan pekerjaan. Hal ini berguna sebagai pengganti baju kerja jadi baju rumah. Baju rumah yang dimaksud seperti melakukan meditasi, langsung mandi setelah bekerja, atau kegiatan lainnya yang menarik.  Selain itu, kamu bisa mengecek email kerja dan mencicil pekerjaan untuk keesokan harinya.

Olahraga secara Teratur

Kedua, Berolahraga secara teratur dan rutin. Hal ini dapat menghindari bawa pekerjaan kantor ke rumah. Dengan berolahraga secara teratur dan rutin, kamu bisa dengan mudah menambah energi baru yang berbeda. Selain itu, berolahraga juga dapat membantu aliran darah menjadi lancar sehingga mood kamu juga dapat membaik.

Luangkan Waktu Menghibur Diri

Ketiga, mencari hiburan. Carilah hiburan seperti menonton series, scrolling media sosial, dan kegiatan lain yang kreatif dan edukatif. Beri waktu agar badan dan pikiranmu bisa bersantai setelah seharian kerja, agar besoknya dapat kembali stabil bekerja secara optimal. 

Baca Juga : 4 Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

Tidur yang Cukup

Keempat, jaga tidurmu agar tetap berkualitas. Memprioritaskan tidur berkualitas akan membuatmu tetap produktif.  Seperti dilansir dari WebMD, konsentrasi dan ingatan akan terjaga dengan baik apabila kamu memprioritaskan kualitas tidurmu.

Quality Time

Kelima, menjadwalkan Quality Time dengan diri sendiri. Cara ini akan membuatmu terhindar dari bawa pulang pekerjaan kantor ke rumah. Hal ini juga bisa dikatakan sebagai rewarding bagi kamu.  Karena kamu telah berusaha memanjakan diri sendiri sehingga badan dan pikiranmu tetap rileks.

Manajemen Waktu

Keenam, mengatur waktu dengan baik. Berusahalah untuk tetap mengoptimalkan jam kerja di kantor, jangan sering menunda atau menyepelekan pekerjaan yang sekiranya bisa diselesaikan dengan sesegera mungkin. 

Itulah beberapa solusi agar work-life balance-mu tetap terjaga. Terlepas dari itu semua, ada kalanya kamu dihadapkan pada persoalan situasi dan kondisi yang mengharuskan kamu untuk tetap membawa pekerjaanmu ke rumah. Oleh karena itu, kamu harus melakukannya secara sehat. Beberapa cara berikut ini dapat kamu lakukan seperti dilansir dari The Muse.

Pertama, mengetahui batasan diri. Kamu harus tahu batasan waktu di mana kamu harus istirahat dan tetap bekerja. Hal ini harus dilakukan untuk menjaga prioritas istirahatmu sehingga kesehatanmu tetap terjaga. 

Baca Juga : Website BPJS Ketenagakerjaan Resmi, Begini Cara Mengakses dan Fungsinya

Kedua, memilih ruang yang spesifik. Pilihlah ruang yang memang dikhususkan untuk aktivitas sehari-hari agar supaya kehidupan pribadimu tidak terganggu. Usahakan jangan selesaikan pekerjaan di kamar, karena justru akan membuatmu sulit tidur. Dengan demikian, kamu bisa membuat sebuah ruangan spesifik yang bisa mengkhususkan dirimu untuk bekerja. 

Ketiga, berfokus untuk menyelesaikan pekerjaan. Di situasi tertentu, mau tidak mau ada sesuatu yang sangat urgen untuk kamu selesaikan. Karena itu, prioritaskan lah pekerjaan tersebut. Usahakan urusan domestik dikerjain belakangan. 

Itulah beberapa alasan kenapa membawa pulang pekerjaan ke kantor sangat tidak disarankan, cara mencegahnya, serta cara melakukannya jika terpaksa. Ingat untuk selalu mengutamakan kesehatan fisik dan mental, agar performa kerjamu tetap terjaga. 

Baca juga: Agar Kamu Tidak Kehilangan Peluang Baru, Simak 7 Kesalahan saat Networking Ini

0
51