Strategi Penjualan yang Cepat dan Terus Relevan, Kenalilah Outbound Sales

Strategi Penjualan Outbound Sales

Jobnas.com – Selama ini orang sering mempersepsikan bahwa penjualan dengan Padahal, siapa sangka, metode penjualan semacam ini masih memiliki banyak manfaat, lho. 

Relevansinya masih terasa meski zaman kian dinamis. Bahkan teknik ini semakin efektif seiring perkembangan teknologi. Tentu, kamu harus memahami apa itu penjualan secara outbound. Nah, kali ini Jobnas.com akan menjelaskannya di bawah ini. 

Baca Juga : 6 Tips Membuat Executive Summary atau Ringkasan Eksekutif

Pengertian outbound sales

Dalam teknik outbound sales, seorang pekerja sales menghubungi calon pelanggan, alih-alih sebaliknya. Seperti dikutip dari Close, cold calling dan cold emailing merupakan dua contoh dari metode ini. 

Cold emailing merupakan teknik yang sama, namun menggunakan media email, sedangkan cold calling merupakan metode menelepon calon pelanggan yang prospek. Lalu, kenapa outbound sales menjadi sangat begitu penting. Metode ini memang terkesan sudah ketinggalan zaman, namun kamu tetap bisa mendapatkan manfaat banyak darinya, lho. 

Manfaat Outbound Sales

Menurut Klenty, manfaat outbound sales di antaranya ialah : 

1. Mudah Memprediksi Pemasukan

Cara mencapai pemasukan harus dipikirkan dengan baik. Lalu, bagaimana cara mencapai angka yang telah ditentukan tersebut. Maka outbound adalah salah satu jawabannya. 

Kamu berusaha meningkatkan sales secara aktif dan langsung dalam metode ini. Dengan demikian, kamu lebih mudah mengendalikan penjualan. Angka target pun lebih gampang diraih.

Baca Juga : 4 Cara Menonaktifkan BPJS Ketenagakerjaan

2. Hemat Waktu

Karena penjualan jenis ini dilakukan secara langsung, maka hasilnya pun cepat terlihat secara langsung pula. Tentu hal yang demikian berbeda dengan saluran seperti SEO, pemasaran konten, dan lain sebagainya. Untuk melihat hasilnya, kamu membutuhkan beberapa bulan. 

3. Pasar Mudah Didominasi

Dengan  penjualan secara outbound, kamu tentu bebas memilih, siapa yang akan menjadi calon pelanggan mu selanjutnya. Kelebihan ini hadir karena outbound sales adalah metode penjualan langsung.

4. Mudah Diotomatisasi

Ada tool yang dapat mengotomatisasi jika kamu ingin memvalidasi email dari leads atau bahkan kamu sudah sampai tahap rencana pengiriman cold email. Dengan menggunakan  teknik penjualan secara outbound tentu hal ini lebih mudah dilakukan.

Lalu, bagaimana strategi melakukan outbound sales. Nah, kali ini Jobnas.com akan menjelaskannya setelah kamu mengetahui manfaatnya di atas. 

Strategi Melakukan Outbound Sales

Ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan jika kamu tertarik menggunakan outbound sales. Tentu strategi ini akan membuat outbound sales-mu bisa makin efektif. Inilah informasinya untukmu yang dirangkum dari Copper dan G2 Learning Hub : 

1. Buat Buyer Persona

Dalam konteks sales, kamu bisa gagal meningkatkan penjualan apabila kamu tidak mengenal calon pelangganmu. Sebab seperti pepatah yang pernah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Ingat, kamu akan berjualan secara langsung. Kamu tentu bisa menjual dengan lebih efektif dengan mengenali siapa pasarmu. 

2. Manfaatkan Tool

Dalam outbound sales, kamu akan menemukan banyak sekali tools. Jobnas.com sudah membahasnya di atas. Kamu disarankan memprioritaskan tools untuk customer relationship management di antara ragam pilihan yang ada. 

Sebab banyak sekali data pelanggan yang tersimpan di tools. Bahkan, email secara otomatis dapat dikirim melalui tool CRM yang modern. 

3. Lakukan Pelatihan dan Sales Enablement

pekerja sales sangat dilibatkan dalam teknik penjualan outbound.  Oleh karena itu, langkah yang sangat tepat dilakukan adalah melatih mereka. Selain pelatihan, kamu juga bisa menggalakkan sales enablement. Dengan memiliki informasi, konten, dan tools yang tepat, pekerja sales tentu makin berdaya dalam bekerja.

4. Menentukan Target dan Bonusnya

Di dunia penjualan, sudah bukan rahasia lagi ada beberapa target yang sudah ditentukan. mereka akan mendapatkan bonus, jika pekerja sales berhasil memenuhinya.

Ternyata, ini adalah salah satu strategi outbound sales, lho. Target dan bonus bisa memotivasi pekerja sales untuk bekerja lebih efektif dan efisien.

Baca juga: Tingkatkan Retensi Pelanggan dengan Model Bisnis Freemium

Selesai sudah penjelasan dari Jobnas.com. Setelah memahaminya, kamu tentu semakin siap menerapkan teknik penjualan secara outbound.

0
30