Simulasi TKP Online Gratis dan Kunci Sukses Tes Karakteristik Pribadi

Latihan soal TKP Online

Jobnas.com – TKP atau Tes Karakteristik Pribadi merupakan bagian dari rangkaian soal CAT CPNS. TKP menjadi penilaian penting dalam seleksi CPNS/PPPK. Mari kita bahas lebih detail mengenai TKP.

Tes karakteristik kepribadian adalah tes yang digunakan untuk mengukur karakteristik kepribadian seseorang. Ini sering digunakan dalam psikologi, rekrutmen, dan konseling.

Ada banyak jenis tes karakteristik kepribadian, beberapa di antaranya adalah tes Myers-Briggs, Big Five Personality Traits, dan tes DISC. Masing-masing tes ini mengukur aspek yang berbeda dari kepribadian seseorang, seperti kepribadian, sifat, dan preferensi.

Tes Karakteristik Pribadi adalah metode untuk mengukur sifat-sifat kepribadian seseorang. Tes ini umumnya digunakan dalam proses seleksi kerja, seleksi masuk perguruan tinggi, atau dalam konseling.

Tes ini dapat dalam bentuk tes tertulis atau wawancara, dan dapat diukur dengan berbagai kategori seperti :

  • Aspek-aspek kepribadian seperti kepemimpinan, kerja tim, komunikasi, dan kreativitas
  • Aspek-aspek personal seperti kejujuran, integritas, dan reliabilitas
  • Aspek-aspek emosional seperti kemampuan mengatasi stress, kemampuan adaptasi dan kemampuan dalam mengelola emosi.

Beberapa metode yang digunakan dalam tes karakteristik pribadi diantaranya : tes psikologi, tes konstruk, tes proyektif, tes wawancara, dll.

Tes ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang kepribadian seseorang dan dapat digunakan untuk memprediksi bagaimana seseorang akan bereaksi dalam situasi kerja tertentu.

Tes Karakteristik Pribadian pada CAT (Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara) CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) sering digunakan sebagai bagian dari proses seleksi.

Tes ini digunakan untuk mengukur kompetensi kepribadian seseorang yang diperlukan untuk menjadi seorang CPNS, seperti integritas, kerja sama, dan kemampuan dalam mengatasi stres.

Tes ini biasanya diberikan dalam bentuk tes pilihan ganda atau skala likert.

Hasil tes ini akan digunakan bersama dengan hasil tes lainnya, seperti tes kemampuan akademis, wawancara, dan tes kesehatan, untuk menentukan siapa yang akan diangkat menjadi CPNS.

Simulasi Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

/15
1 votes, 5 avg
78
Latihan soal TKP Online

LATIHAN SOAL Test Karakteristik Kepribadian (TKP)

Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

1 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

1. Berita di stasiun-stasiun televisi nasional sedang hangat membicarakan kondisi perekonomian Indonesia saat ini. Sampai-sampai di setiap tayangan talkshow selalu menghadirkan pengamat ekonomi dengan prediksi-prediksinya bahwa bulan depan akan terjadi inflasi besar di Indonesia. Hal ini membuat saya ….

2 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

2. Anda adalah seorang karyawan apotek. Seorang pembeli ingin membeli obat-obatan tertentu yang harus menggunakan resep dokter karena bias membahayakan kesehatan. Dia tidak mempunyai resep tersebut. Namun pembeli memaksa ingin membelinya dan dia memberikan sejumlah uang kepada Anda agar mau memberikan obat tersebut. Apa yang Anda lakukan ….

3 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

3. Dosen anda meminta anda untuk ikut dalam sebuah perlombaan yang dalam waktu dekat akan diselenggarakan oleh universitas tempat anda berkuliah. Dosen anda melihat bahwa anda memiliki talenta sesuai dengan diskripsi dari perlombaan, akan tetapi anda tidak menyadarinya, sikap anda adalah ….

4 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

4. Opini, gagasan, dan kritik dalam sebuah kelompok amat sangat dibutuhkan guna membantu membangun kinerja dalam rangka mencapai tujuan bersama. Jika tim anda mendapatkan opini atau bahkan kritik yang tajam dari kelompok lain maka sikap anda adalah ….

5 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

5. Setiap orang berhak untuk marah. Namun marah terkadang tidak menyelesaikan masalah. Maka dari itu kita harus pandai mengendalikan emosi kita agar kita dan orang di sekitar kita tidak tersinggung dan kemudian marah. Apabila anda mendapati orang yang anda sayangi marah kepada anda, maka anda akan …

6 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

6. Jika rekan kerja saya berlaku tidak fair dalam rangka berkompetisi untuk kenaikan pangkat, maka saya….

7 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

7. Anda bekerja satu instansi dengan anak atasan anda. Minggu lalu anda memiliki sebuah proyek dan satu tim dengan anak atasan anda. Hari ini merupakan hari pertama anda dan anak atasan anda bertemu dengan klien anda, klien anda meminta anda dan tim anda untuk datang lebih awal karena klien anda tidak suka memiliki rekan bisnis yang tidak disiplin waktu. Anda tau bahwa anak atasan anda sering tidak menghiraukan kedisiplinan waktu, bahkan jika datang ke kantor ia sering telat, namun apadaya anda dan beberapa teman anda tidak enak hati untuk mengingatkan karena anak atasan anda selalu datang bersama atasan anda. Dan apa yang anda khawatirkan pun ternyata menjadi kenyataan, anak atasan anda datang terlambat 10 menit dalam pertemuan itu dan membuat klien anda terlihat murung dan kecewa. Melihat hal tersebut, apa yang anda lakukan?

8 / 15

Category: Uncategorized

8. Terkadang kita dihadapkan pada situasi dan kondisi yang tidak mengenakkan. Ingin marah namun tidak akan menyelesaikan permasalahan. Dalam kondisi tersebut kita harus benar-benar pandai mengendalikan diri. Suatu ketika, anda berada dalam penuh dan sesak dengan penumpang, anda biasanya ….

9 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

9. Anda adalah ketua RT di lingkungan anda, salah satu warga anda ada yang baru setahun menikah dengan WNA. WNA tersebut memiliki kebiasaan setiap pagi berjemur di rumahnya dengan menggunakan pakaian bikini. Melihat hal tersebut, para warga merasa terganggu dengan perilaku WNA tersebut, terlebih hal tersebut tidak sesuai dengan adab di lingkungan anda. Menyikapi hal ini, anda mengambil langkah untuk memberitahu masalah ini kepada suami WNA tersebut bahwa para warga tidak nyaman dengan perilaku istrinya. Dan ternyata setelah anda melakukan hal tersebut, beberapa hari kemudian WNA itu tidak lagi berjemur setiap pagi, namun warga khawatir WNA tersebut melakukan hal-hal yang warga tidak sukai. Warga tetap merasa tidak nyaman dengan WNA tersebut. Sebagai ketua RT, apa yang anda lakukan?

10 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

10. Siang ini semua karyawan dikumpulkan oleh atasan anda untuk membicarakan permasalahan kantor. Kemudian pada saat anda diminta atasan anda untuk memberikan tanggapan terhadap sebuah permasalahan yang ada di kantor anda tersebut, tiba-tiba rekan kerja anda menyanggah penjelasan anda pada saat anda berbicara, menurut anda ….

11 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

11. Hasil rapat tertutup dengan pimpinan, anda dipercayakan mengelola kegiatan yang belum dipublikasikan dan masih harus dijaga kerahasiaannya. Anda memiliki banyak teman di kantor yang pastinya mereka adalah rekan kerja anda sekaligus teman dekat anda. Ketika anda berada diantara teman-teman dekat di kantor, anda akan ….

12 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

12. Setelah beradaptasi cukup lama di tempat kerja, anda semakin dikenal oleh rekan kerja yang lain. Oleh karenanya mereka juga telah paham dengan sifat dan sikap anda selama ini. Anda dikenal oleh rekan-rekan sekantor anda sebagai orang yang ….

13 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

13. Sebagai manusia biasa ada kalanya saya merasa kurang enak badan dan terlalu lelah karena banyaknya pekerjaan di kantor. Saat ini saya sedang tidak dalam kondisi fit untuk bekerja, sikap saya ….

14 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

14. Hari ini di kantor anda akan diadakan rapat besar terkait dengan kebijakan yang akan ditempuh oleh perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Semua karyawan yang mewakili divisi masing-masing diminta untuk menyampaikan ide dan gagasan mereka pada saat rapat berlangsung, andapun telah menyampaikan ide anda sebagai perwakilan dari divisi anda, namun rekan yang lain kurang mendukung ide dan gagasan yang anda ajukan karena dinilai tidak memiliki perubahan signifikan terhadap perusahaan ke depannya, sikap anda adalah ….

15 / 15

Category: Tes Karakteristik Kepribadian (TKP)

15. Pekerjaan yang banyak membuat saya harus bekerja ekstra. Terkadang teman saya mengajak bicara pun saya abaikan, apalagi mengajak untuk menikmati secangkir Kopi dan basa-basi. Suatu ketika teman saya menanyakan proses pekerjaan saya, sikap saya ….

Please rate this quiz

Baca juga: Simulasi TWK dan Kunci Sukses CAT Tes Wawasan Kebangsaan

Skema Penilaian TKP

Skema penilaian tes karakteristik kepribadian pada CAT CPNS mungkin berbeda-beda tergantung dari instansi yang menyelenggarakannya.

Namun, secara umum, hasil tes karakteristik kepribadian akan digabungkan dengan hasil tes lainnya, seperti tes kemampuan akademis dan tes kesehatan, untuk menentukan siapa yang akan diangkat menjadi CPNS.

Ada beberapa metode yang digunakan untuk menentukan hasil tes karakteristik kepribadian, diantaranya :

  • Skor minimum yang harus dicapai pada setiap aspek yang diukur
  • Skor rata-rata yang harus dicapai pada setiap aspek yang diukur
  • Persentase jawaban yang benar yang harus dicapai pada setiap aspek yang diukur
  • Skor relatif yang dibandingkan dengan skor peserta lain

Setelah hasil tes karakteristik kepribadian ditentukan, maka hasil tersebut akan digabungkan dengan hasil tes lainnya untuk menentukan siapa yang akan diangkat menjadi CPNS.

Perlu diingat bahwa, hasil tes karakteristik kepribadian hanya salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam proses seleksi CPNS, sehingga tidak selalu menentukan kelulusan atau tidaknya seseorang.

Bobot Penilaian TKP CPNS

Bobot penilaian tes karakteristik kepribadian pada CAT CPNS mungkin berbeda-beda tergantung dari instansi yang menyelenggarakannya.

Namun, umumnya bobot tes karakteristik kepribadian dalam proses seleksi CPNS diberikan sebagai salah satu faktor dari beberapa faktor yang dipertimbangkan.

Bobot penilaian tes karakteristik kepribadian dapat berbeda-beda antara instansi satu dengan yang lain, tergantung pada kebijakan dan kriteria yang ditetapkan.

Secara umum, sebagian besar bobot dari seleksi CPNS akan ditentukan oleh tes kemampuan akademis dan tes kesehatan, serta proses wawancara.

Sedangkan tes karakteristik kepribadian biasanya akan memberikan bobot yang lebih kecil dalam proses seleksi, yang digunakan sebagai pendukung dari tes-tes lainnya.

Namun, tergantung pada instansi yang menyelenggarakan seleksi, bobot penilaian tes karakteristik kepribadian dapat berbeda dan dapat menjadi faktor yang lebih penting dalam proses seleksi.

Bobot penilaian Tes Karakteristik Pribadi memiliki nilai berbeda di setiap jawaban. Nilai tertinggi adalah 5, 4, 3, 2,1 dari 5 pilihan ganda A, B, C, D, E.

Tips Agar Lulus CAT Tes Karakteristik Pribadi CPNS/PPPK

Untuk lulus tes karakteristik kepribadian pada CAT CPNS, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, diantaranya:

Memahami karakteristik kepribadian yang diukur dalam tes

Memahami karakteristik kepribadian yang diukur dalam tes. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang diharapkan dari Anda dan untuk menjawab pertanyaan dengan cara yang tepat.

Menjawab dengan jujur

Menjawab dengan jujur. Tes karakteristik kepribadian dapat digunakan untuk mengukur integritas seseorang, jadi jawablah dengan jujur dan tidak berbohong.

Menguji diri Anda dengan latihan tes

Menguji diri Anda dengan latihan tes. Beberapa tes karakteristik kepribadian dapat diuji dengan latihan tes yang dapat diunduh atau dibeli secara online. Latihan tes ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apa yang diharapkan dari tes dan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menjawab pertanyaan.

Berlatih mengatasi stres

Berlatih mengatasi stres. Tes karakteristik kepribadian juga dapat mengukur kemampuan seseorang dalam mengatasi stres, jadi berlatih mengatasi stres dengan cara yang efektif seperti yoga, meditasi atau olahraga akan membantu Anda untuk mengatasi stress saat mengikuti tes.

Perlu diingat, bahwa tes karakteristik kepribadian hanya salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam proses seleksi CPNS, sehingga lulus tes ini tidak menjamin Anda akan diterima menjadi CPNS. Namun, dengan melakukan hal-hal yang disebutkan di atas, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk lulus tes karakteristik kepribadian dan memperkuat peluang Anda diterima menjadi CPNS.

0
110