SEO Audit, Optimalkan Kinerja Website di Halaman Pencarian

SEO Audit, Optimalkan Kinerja Website di Halaman Pencarian

Jobnas.com – SEO Audit merupakan hal yang perlu kamu lakukan jika kamu sedang mengembangkan website. Seperti yang telah kita ketahui bahwa SEO menjadi salah satu kunci utama bagi marketer atau pengembang website agar supaya berada di peringkat teratas Google. Kendati begitu, SEO hanya berfungsi mengoptimalkan SEO on page dan off page saja. 

Baca Juga : 6 Tips Membuat Executive Summary atau Ringkasan Eksekutif

Untuk memastikan bahwa SEO yang dioptimalkan berjalan dengan efektif, kamu juga harus melakukan audit terhadap SEO. Nah, sebelum mengetahui manfaat dari SEO Audit ini, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari SEO Audit dan apa saja yang harus dilakukan saat audit. Nah, Jobnas.com sudah mempersiapkan ini semua untukmu. 

Pengertian SEO Audit

SEO Audit, Optimalkan Kinerja Website di Halaman Pencarian

SEO Audit, Optimalkan Kinerja Website di Halaman Pencarian

SEO Audit, seperti dikutip dari Three Deep Marketing, merupakan suatu kegiatan untuk menganalisis performa website untuk memastikan seberapa baik kehadirannya di halaman pencarian Google. Dapat dikatakan bahwa SEO Audit ini adalah kegiatan untuk mengevaluasi website, terutama dari aspek SEO. 

Tujuannya adalah agar bisa melakukan identifikasi sebanyak mungkin masalah yang mempengaruhi kinerja website di halaman pencarian. Selanjutnya, supaya website-mu dapat bersaing dengan kompetitor lainnya, kamu bisa terlebih dahulu memperbaiki masalah tersebut. 

Baca Juga : Pentingnya Pengembangan Pelanggan dalam Strategi Perencanaan Bisnis

Pada hakikatnya, agar website tetap menunjukkan performa yang baik dalam jangka waktu yang relatif panjang, maka kegiatan audit harus dilakukan secara rutin. Menurut Neil Patel, SEO Audit akan membantumu dalam : 

  • Membandingkan website-mu dengan kompetitor
  • Mengidentifikasi masalah yang butuh diperbaiki dan ditingkatkan, dan bagaimana caranya
  • Mendapatkan gambaran umum mengenai SEO website-mu
  • Menemukan kelemahan website-mu

Barangkali, memecahkan semua masalah yang sudah ditemukan dari kegiatan audit tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Akan tetapi, kamu dapat melakukannya secara bertahap dalam periode waktu tertentu. 

Pentingnya Melakukan SEO Audit

Setelah menyimak penjelasan di atas, kamu akan yakin bahwa SEO Audit adalah kegiatan yang memiliki peranan signifikan dalam mengembangkan website. Sebaliknya, kemungkinan besar website-mu akan sulit untuk muncul di halaman pertama pencarian Google jika tidak melakukan audit. 

Supaya kamu lebih yakin, berikut ini Jobnas.com akan memberikan tiga alasan mengapa SEO Audit sangat penting untuk dilakukan : 

1. Mengetahui Masalah Teknis SEO

Masalah teknis SEO penting untuk diidentifikasi dengan cepat. Sebabnya, jika masalah teknis tersebut tetap ada dan tidak dapat diselesaikan dengan baik, maka otomatis Google akan sulit untuk mengindeks situs web mu. Masalah teknis yang sering muncul di website misalnya seperti kecepatan website, halaman eror, URL yang terlalu rumit, dan lain sebagainya. 

2. Mengidentifikasi Masalah SEO on page dan off page

Selain mengidentifikasi masalah teknis SEO, alasan lain kenapa SEO audit penting untuk dilakukan adalah dapat mengidentifikasi masalah yang dialami SEO on page dan off page. Hal ini seperti dikutip dari The Creative Momentum, melalui audit kamu akan mengetahui apakah meta description-nya perlu ditingkatkan atau internal link-nya kurang maksimal. Selain itu, kamu juga dapat mengidentifikasi performa dari backlink.

Baca Juga : Advertising Online to Get Benefits for Small Business

3. Memudahkan dalam Membangun Strategi Konten

Dalam membangun strategi konten, kamu tentu dapat memanfaatkan SEO audit. Sebab, pada dasarnya kamu telah mengetahui apa saja akar masalah yang dialami oleh website, entah itu dari teknis SEO, on page dan off page, atau bahkan masalah UX design. Di samping itu, melalui SEO Audit kamu bisa mendapatkan data-dat penting dari website-mu, seperti data pengunjung, search volume dari keyword tertentu, dan lain-lain. Hal ini tentu akan membantumu membangun strategi konten ke depannya. 

Nah, setelah kamu mengetahui tentang SEO audit serta peran pentingnya dalam mengembangkan website, selanjutnya kamu juga harus tahu langkah-langkah dalam melakukannya. 

3 Langkah dalam Melakukan SEO Audit

Secara garis besar, terdapat banyak sekali langkah yang bisa dilakukan. Sebab, SEO audit terbilang proses yang cukup rumit. Namun demikian, Jobnas.com akan memberikan tiga langkahnya untukmu : 

1. Lakukan pengecekan mobile-friendly

Saat melakukan SEO Audit, kamu bisa mengecek apakah situsmu  mobile-friendly atau tidak sebagai langkah pertama. Sebab, menurut pernyataan resmi Google, seperti dikutip dari Search Engine Land, lebih dari 50% pencarian kueri datang dari seluler.

Cara mengeceknya, bukalah  Google’s Mobile-Friendly Tool, kemudian masukkan situsmu di kolom yang tersedia. Dari sini lah kamu dapat mengetahui situsmu mobile-friendly atau tidak. Jika tidak, nanti tool tersebut akan memberitahu apa saja yang harus diperbaiki.

2. Perbaiki Kecepatan Website

Beberapa tahun lalu, Google telah memberikan pernyataan bahwa kecepatan website menjadi salah satu faktor peringkat di halaman pencarian. Kamu dapat melakukan SEO Audit dengan cara memaksimalkan kecepatan website-mu dengan baik. Caranya, lakukan optimasi gambar dan jangan meletakkan gambar dengan ukuran yang besar karena akan menyebabkan kecepatan website-mu terganggu. Kamu bisa mengecek kecepatan website-mu di PageSpeed Insights. Selain itu, update juga hosting-mu agar memori penyimpanannya lebih banyak. 

3. Tingkatkan SEO on page

Hal yang sangat penting saat melakukan SEO audit adalah meningkatkan SEO on page. Hal itu bisa dilakukan dengan mulai mencari keyword yang tepat, memaksimalkan penulisan meta description, tag, slug, dan lain-lain, serta tanamkan internal link dengan rapi.

Dengan begitu, tak menutup kemungkinan website-mu akan masuk ke halaman teratas pencarian Google.

Demikianlah penjelasan ringkas tentang SEO audit beserta langkah-langkah dalam melakukannya. Sudah siap untuk melakukan SEO audit dari sekarang?

Baca juga: Waspadai Tanda HRD Tidak Terkesan Denganmu saat Interview

Untuk menambah wawasanmu mengenai pengembangan website, Jobnas.com telah menyajikan beberapa artikel seputar SEO, marketing, hingga cara meningkatkan traffic website.

0
163