Kenali Paid Partnership, Tingkatkan Jangkauan Pelanggan di Instagram

Paid Partnership, Tingkatkan Jangkauan Pelanggan di Instagram

Jobnas.com – Paid partnership adalah salah satu fitur Instagram  yang sangat berperan signifikan untuk kegiatan bisnis. Bagi kalangan marketer, istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi. Pada dasarnya, istilah ini saat ini sedang digunakan untuk influencer atau selebgram yang mempromosikan brand dari suatu perusahaan.

Baca Juga : Ingin Jadi Sales Representative yang Profesional? Wajib Kuasai 5 Skill Ini

Secara otomatis, fitur ini memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan brand awareness-nya melalui selebgram dan influencer yang mempunyai followers banyak. Lalu, kenapa sangat penting melakukan Paid Partnership bagi brand dan apa pengertiannya ? Nah, di artikel ini Jobnas.com akan menjelaskan hal itu semua untukmu. 

Pengertian Paid Partnership

Business 2 Community menyatakan bahwa paid partnership adalah fitur dari Instagram yang biasanya digunakan influencer untuk mempromosikan brand atau produk dari sebuah perusahaan. Semua pemilik akun Instagram pasti sering bersua postingan selebgram atau influencer. Baik itu berupa foto atau video, yang di atasnya ada tag “paid partnership with“.

Baca Juga : Mengetahui Limited Partnership yang Wajib Kamu Pelajari

Hal tersebut merupakan strategi yang dilakukan influencer untuk mempromosikan suatu produk atau brand. Biasanya, antara brand dan influencer saling bekerja sama dalam kegiatan tersebut. Adanya keuntungan berupa diskon, uang, dan lain-lain, merupakan keuntungan yang dimiliki oleh influencer yang diberikan oleh brand sesuai dengan kesepakatan yang ada. 

Brand pun juga mendapatkan keuntungan berupa nama mereka akan diletakkan di bawah username-nya. Otomatis, saat ada user yang mengklik tag tersebut dengan sendirinya akan tertuju ke akun brand-mu. Secara tidak langsung, ini akan membantumu dalam meningkatkan jangkauan pelanggan.

Pentingnya Paid Partnership untuk Brand

Brand dapat memanfaatkan salah satu fitur ini, khususnya ketika sedang pemasaran di Instagram. Akan tetapi, sebenarnya apa sih pentingnya melakukan hal ini? Agar semakin membuatmu yakin kalau fitur ini sangat penting bagi brand, berikut adalah beberapa alasannya:

1. Meningkatkan Jangkauan pelanggan

Dapat meningkatkan jangkauan penjualan adalah salah satu keuntungan dari paid partnership. Setiap influencer memiliki engagement yang sangat tinggi dari setiap postingan-nya di feed Instagram.

Secara otomatis, akan ada banyak sekali orang-orang yang melihat brand-mu melalui tag yang dideskripsikan oleh influencer di bawah username-nya saat brand-mu masuk ke dalam feed mereka. 

2. Mengetahui Indikator Konten

Selain bermanfaat bagi suatu brand, fitur ini juga sangat bermanfaat bagi influencer itu sendiri. Seperti dilansir dari Talking Influence, kita akan mengetahui seberapa besar engagement yang datang dari user, ketika memposting suatu konten, baik itu dalam format gambar atau video di Instagram. Dari sini lah usahakan setiap memposting konten paid partnership selalu di cek metriknya. Ketahui apakah lebih banyak menggunakan format video atau gambar serta user lebih suka konten yang seperti apa dari seorang influencer.

Tips Memilih Influencer untuk Mitra Bisnis

Sebelum kamu menjadikan influencer sebagai mitra bisnismu, memperhatikan terlebih dahulu tips memilih influencer merupakan hal yang sangat penting. Untuk itu, Jobnas.com akan memberikan beberapa tips supaya kamu dapat memilih influencer dengan baik : 

1. Cari Influencer yang Followers-nya Banyak

Brand harus mengeluarkan uang besar untuk menggunakan jasa influencer. Itulah sebabnya mengapa paid partnership adalah kegiatan yang dinilai tidak murah. Agar kamu tidak sia-sia dalam melakukan paid partnership, salah satunya dengan memilih influencer yang followers-nya banyak. Sebab, dengan demikian, brand awareness-mu akan meningkat dengan sendirinya. 

2. Relevan dengan Brand

Memastikan konten dan gaya influencer yang relevan dengan brand-mu adalah tips yang sangat penting ketika melakukan paid partnership. Seperti, influencer Z memiliki konten busana dan brand-mu juga berkaitan dengan hal itu. Maka, pilihlah influencer tersebut. Hal ini dilakukan agar semakin memaksimalkan kegiatan promosimu.

Itu dia penjelasan singkat Jobnas.com mengenai paid partnership beserta tetek-bengek di dalamnya. Pada hakikatnya, paid partnership adalah salah satu fitur yang sangat menguntungkan. Baik itu dari pihak brand maupun influencer.

Baca Juga : Apa itu Inflasi? Berikut Penjelasan Lengkap beserta 4 Penyebab Terjadinya Inflasi

Selain informasi di atas, kamu masih bisa, lho, mendapatkan informasi lainnya seputar dunia Marketing, bisnis, hingga dunia kerja dari Jobnas.com, lho.

0
36