Overqualifed dalam Pekerjaan Termasuk Problem atau Bukan?

Google News
Overqualified dalam Pekerjaan
Overqualified dalam Pekerjaan

Jobnas.com – Terkadang dalam dunia pekerjaan banyak yang berpikir dirinya merasa sudah banyak sekali pengalaman akan tetapi sering merasa jabatannya tidak tinggi. Jika benar demikian dengan perasaaan seperti itu. Maka kalian sedang mengalami overqualifed.

Tunggu sebentar, mungkin kalian tidak merasa rendah hati. Namun sangat penting bagi kalian terlebih dahulu mengetahui tanda-tanda objektif.

Siapa mereka? Selain itu, misal ada sebagian dari kalian benar-benar mengalaminya, apa yang harus kalian lakukan? Jika kalian ingin tahu jawabannya. Maka bacalah artikel ini karena Jobnas akan menjawabnya lewat artikel ini!

Apa itu Overqualified?

Menurut Forbes, overqualified adalah “terlalu pintar”, “terlalu berpengalaman”, atau “terlalu merasa jadi senior” untuk pekerjaan tertentu. Sebelum menyelam lebih dalam, alangkah baiknya marilah kita ketahui dulu arti dari istilah ini.

Tentunya hal ini berkaitan erat dengan pekerjaan yang kalian lamar. Oleh karena itu, kata “terlalu banyak” berlaku untuk lowongan tertentu. Jadi mengapa kalianharus memikirkan kualifikasi kalian? Bukankah semakin banyak gelar yang kalian miliki, semakin berkualitas kalian untuk melakukan pekerjaan itu?

Sayangnya, harapan tak seindah kenyataan. Banyak majikan menghindari orang yang terlalu memenuhi syarat. Sebab ada banyak sekali alasan di balik ini. Salah satunya berkaitan dengan gaji.

Lebih banyak gelar berarti lebih banyak pengalaman. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan ekspektasi gaji kalian. Pengusaha takut tidak memiliki anggaran sebesar itu. Karena alasan ini, mereka lebih memilih kandidat yang lebih rendah dari kalian.

Selain itu, mereka mungkin juga salah persepsi. Mungkinkah kalian melamar lowongan pekerjaan terkait karena kalian tidak memperhatikan saat membaca lowongan pekerjaan? Belum lagi, ada risiko kalian akan menyerah karena bosan, atau ketika ada kesempatan lain yang lebih baik.

Juga, memiliki lebih banyak kualifikasi berarti bos kalian mungkin sama atau bahkan kurang berpengalaman. Tentu saja, tidak semua orang menyukai itu. Untuk alasan ini, mereka yang memenuhi syarat adalah kategori kandidat yang paling tidak disukai. Apakah kalian memenuhi syarat?

Kalian sudah mengerti arti Overqualified. Jadi, apakah kalian masuk salah satunya?

Jika kalian ingin tahu apakah kalian masuk kategori itu atau tidak maka pahami tanda-tanda awalnya. Di bawah ini adalah tanda-tanda yang harus kalian ketahui:

1. Apakah Kalian Memenuhi atau Melampaui Persyaratan Pekerjaan

Ketika kalian membaca iklan pekerjaan, kalian pasti akan menemukan banyak angka. Pengalaman minimal 2 tahun, TOEFL minimal 600, dll.

Faktanya, perekrut hampir tidak pernah menemukan pasangan yang cocok. Angka ini hanya referensi umum. Setelah membaca ulang, apakah kalian mencapai atau bahkan melebihi angka tersebut? Kemungkinan besar, kalian Overqualifed.

2. Kalian Tertarik dengan Nama Perusahaannya, Bukan Lokasinya

Kebanyakan orang memiliki bisnis impian. Memang, kantor yang bereputasi dapat meningkatkan karir kalian secara umum. Namun, jangan biarkan pilihan perusahaan ini membutakan kalian. Kemudian kalian melamar semua lowongan di sana termasuk lowongan pekerjaan di bawah kualifikasi kalian.

Ingat, pikirkan dampak jangka panjangnya. Fokus pada tujuan akhir, yaitu memiliki karir yang gemilang. Jadi jangan lupakan level kalian. Jangan pergi, kalian rela mengorbankan posisi kalian demi kebaikan perusahaan.

3. Wawancara Mudah untuk Kalian Lewati

Apakah kalian baru saja melakukan wawancara kerja? Kalau dipikir-pikir, apakah setiap pertanyaan studi kasus tampaknya mudah dijawab? Kalian mungkin memenuhi syarat untuk posisi terkait. Karena kalian memiliki terlalu banyak pengalaman untuk menjadi sempurna dalam memecahkan masalah tertentu.

4. Kalian adalah Orang yang Paling Berpengalaman

Punya peran tapi masih merasa overqualified? Di sisi lain, apakah kalian masih ragu, apakah itu benar atau hanya perasaan halusinasi kalian saja?

Membandingkan diri dengan rekan kerja bisa menjadi penilaian yang objektif. Perhatikan lebih dekat, jangan sampai level kalian sedikit lebih rendah dari level mereka. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan itu. Bukankah berbagi ilmu dengan rekan kerja adalah hal yang baik?

Namun, cobalah untuk mengevaluasi kembali pekerjaan kalain. Apakah sudah saatnya kalian mencari posisi baru?

Apa yang harus saya lakukan jika saya Overqualifed?

Kalian telah memahami karakteristik masalah itu, jika kalian berbeda dari orang-orang yang lain. maka sikap seperti ini, ternyata bisa benar-benar terjadi pada kalian.

Kalau memang benar begitu, maka di sini Jobnas ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan. Langkah-langkah untuk mengatasi overcqualifed di antara sebagai berikut:

1. Naiklah Jika Kalian Berada di Tengah

Apakah jelas bahwa kalian terlalu memenuhi syarat untuk banyak lowongan? Di sisi lain, ada juga banyak pilihan untuk kalian pilih? Sayangnya, sulit menemukan peluang yang tepat untuk kalian? Jika demikian, kalian berada di area abu-abu. Hcareers mengatakan kalian hanya perlu melamar lowongan di atas.

Ya, bisa jadi kalian mungkin ditolak. Alasannya karena kalian tidak memenuhi syarat.

Namun, perlu diingat, siapa pun bisa belajar. kalian hanya bisa diterima dan kemudian mendapatkan pengetahuan baru di sana. kalian juga dapat meningkatkan keterampilan kalian sambil menunggu wawancara telepon.

2. Penjelasan Surat Pengantar

Ternyata kalian masih ingin melamar lowongan terkait? Jika demikian, disarankan untuk kalian agar mengklarifikasi surat pengantar. Tuliskan alasan mengapa kalian melamar pekerjaan yang relevan.

Misalnya, ingin menemukan kembali peran teknis dan kreatif yang berbeda. Ingatlah bahwa komunikasi adalah kunci kesalahpahaman. Ini juga bisa menjadi solusi untuk kebutuhan kalian yang terlalu tinggi.

3. Personalisasikan Resume

CV kalian adalah dokumen pengantar antara kalian dan majikan. Kalian bisa memilih untuk menampilkan hanya sebagian dari diri kalian dan sebaliknya. Misalnya, tulis hanya pengalaman yang relevan. Kurangi jumlah rasa yang kiranya berlebihan.

Hal yang sama berlaku bagi kalian yang lebih dari memenuhi syarat karena pendidikan. Misalnya, memiliki gelar master atau dua gelar sarjana. Sesuaikan CV kalian sekarang sesuai dengan kebutuhan kalian.

4. Jual Saldo Anda

Kalian dapat mengekspresikan situasi kalian dengan cara yang berbeda. Mari kita lihat sisi terang dari sikap berlebihan. Misalnya, kalian menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Selain itu, kalian juga lebih bersedia untuk dipromosikan jika melihat kebutuhan akan posisi terkait. Selain itu semua, majikan tidak perlu melatih kalian. Keterampilan kalian selalu siap untuk digunakan sesegera mungkin.

5. Penyesuaian Gaji yang Diharapkan

Memang, tingkat stres pada pekerjaan tingkat bawah tidak setinggi di atas. Namun, gajinya juga lebih rendah. Jadi kalian harus siap untuk kejadian ini. Pemberi kerja tentu sudah menyiapkan anggaran untuk posisi tertentu. Dia tidak bisa naik dan turun begitu saja.

Baca juga: Apa Itu Angkatan Kerja? Kalian Wajib Memahami Apa Itu Jobseeker!

Dari kualifikasi dan metode di atas yang sudah dipaparkan oleh jobnas maka kalian sudah bisa tahu jawaban dari perntanyaan kalian. Maka jika kalian msih penasaran dengan apa yang sedang kalian alami saat ini tentunya di tempat kerja kalian maka jangan ragu untuk terus memngikuti kami.