Inilah 6 Manfaat Yoga yang Bisa Meningkatkan Produktivitas

Google News
Manfaat Yoga yang Bisa Meningkatkan Produktivitas
Manfaat Yoga yang Bisa Meningkatkan Produktivitas

Jobnas.com – Mayoritas orang telah mngamiini bahwa yoga adalah olahraga yang dapat membantu menjaga Kesehatan fisik dan mental. Apakah kalian sudah tahu bahwa yoga juga memiliki banyak manfaat produktivitas?

Ini sejak 3000 SM. Olahraga yang dikenal dari abad ke-3 SM. kini menjadi olahraga favorit banyak orang. Beberapa praktisi tidak hanya mengklaim dapat meningkatkan metabolisme dan kelenturan tubuh, tetapi juga mengklaim bahwa latihan ini dapat meningkatkan produktivitas.

Kalian ingin tahu apa manfaat olahraga ini untuk produktivitas? Ayo baca artikel Jobnas kali ini sampai selesai.

Di bawah ini Adalah 6 Manfaat Yoga yang Dapat Meningkatkan Produktivitas

1. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Dalam sebuah penelitian ilmiah, Yoga meningkatkan produksi hormon kortisol yang dapat mengurangi stres. Seperti yang telah lumrah diketahui banyak orang, bahwa Yoga dapat membantu mengurangi stres.

Berlatih Yoga dan meditasi dapat membantu mengurangi stres, yang tentunya akan meningkatkan produktivitas. Uniknya kalian juga bisa melakukan yoga sederhana bersamaan dengan pekerjaan kalian untuk menghilangkan stres dan kecemasan.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Yoga diakui secara luas sebagai cara untuk meningkatkan kualitas tidur. Yoga membuat kalian merasa rileks, yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda. Jika saya mengutip pernyataan para ahli yang tersiar di India Times mereka mengatakan bahwa Yoga dapat membuat pola tidur kalian teratur kembali.

Karena pada kenyatannya, kualitas tidur yang teratur adalah salah satu faktor penunjang yang menentukan tingkat produktivitas kalian.

3. Mendukung Metabolisme Tubuh

Pada manfaat yang ketiga ini,Selain kesehatan mental, kesehatan fisik juga memiliki dampak yang signifikan terhadap produktivitas. Analoginya seperti ini, misalkan kondisi fisik kalian sedang tidak stabil atau tidak dalam keadaan baik maka produktifitas kalian jelas akan terganggu.

Yoga diklaim sama seperti olahraga lainnya, Yoga dapat membantu menjaga kekebalan dan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang baik memastikan fisik kalian tetap fit sehingga dapat melakukan aktivitas dengan sempurna. Untuk merasakan manfaat Yoga bagi produktivitas, cobalah kalian saat berlatih Yoga gabungkan dengan latihan pernapasan.

4. Meningkatkan Kebahagiaan

Beberapa ahli telah membuktikan bahwa Yoga dapat meningkatkan perasaan bahagia. Bahkan, Yoga direkomendasikan sebagai terapi bagi penderita depresi.

Dengan melakukan Yoga minimal seminggu sekali akan membuat kalian merasa lebih tenang dan bahagia. Sebab, Kebahagiaan adalah salah satu faktor terpenting dalam produktivitas. Perasaan bahagia juga menimbulkan kepuasan kerja.

5. Lebih Fokus

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa latihan yoga secara teratur meningkatkan koordinasi, waktu reaksi, memori, dan bahkan IQ.

Yoga teratur membantu kalian mengatur pikiran, yang seringkali bisa kacau. Yoga membantu kalian mengalihkan diri dari pikiran kalian sendiri, menjaga konsentrasi, dan tentunya meningkatkan produktivitas kerja.

Nah, Inti dari Yoga ini yaitu fokus pada saat ini. Yoga adalah bentuk perhatian yang sangat praktis.

6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Yoga erat kaitannya dengan mindfulness, banyak ahli percaya bahwa yoga juga dapat membantu memulihkan rasa percaya diri. Percaya diri yang rendah dapat meredam motivasi, hal ini akan berdampak dan bisa memengaruhi produktivitas kalian.

Jika kalian melakukan Yoga dengan tujuan mengenal diri sendiri, kalian akan memiliki persepsi yang berbeda tentang diri kalian dengan orng lain. Kalia akan lebih bersyukur, lebih berempati, dan mampu memaafkan diri sendiri.

Dengan begitu akan membuat kalian merasa percaya diri dan menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar dan juga akan meningkatkan motivasi kalian dalam hidup. Dan tentunya Yoga merupakan manfaat besar bagi produktivitas.

itulah enam manfaat yang disajikan Jobnas untuk kalian, selain enam manfaat Yoga di atas ada banyak manfaat lainnya yang bisa kalian rasakan.

Dan tidak hanya Yoga saja yang bisa meningkatkan produktifitas, kalia juga bisa melakukan olahraga lain untuk meningkatkan produktivitas. Kalau Jobnas boleh tahu apa olahraga favorit kalian?

Baca juga: Dehidrasi Mempengaruhi Kerjaan di Kantor? Begini Pencegahannya!

Kalian bisa menjawabnya dan membagikan pengalaman kalian di kolom komentar Jobnas! Selain di kolom komentar Jobnas menyediakan juga forum tanya jawab sebagai tempat kalian untuk berbagi pengalaman kerja dan lainnya. Caranya kalian bisa daftar di sini sekarang untuk bergabung dengan Jobnas.