Kenali 4 Tanda Bekerja Secara Remote yang Tidak Efektif

Kenali 4 Tanda Bekerja Secara Remote yang Tidak Efektif

Jobnas.com – Kira-kira apa saja, sih, tanda bahwa flow Bekerja secara Remote tidak efektif? Apakah dari diri sendiri atau mungkin juga dinamika tim yang tidak terjaga? Kamu harus mengenali kira-kira apa saja tanda bahwa flow bekerja secara remote tidak efektif. Apakah hal tersebut karena berangkat dari diri sendiri atau bahkan ada dinamika tim yang tidak terjaga ? Di artikel ini, Jobnas.com akan mendeskripsikan mengenai 4 tanda yang harus kamu kenali serta bagaimana cara mengatasinya. Yuk, baca selengkapnya !

Tanda-Tanda Bekerja Remote Tidak Efektif

1. Tim Mengadakan Terlalu Banyak Meeting

Pasti kamu pernah mengalami momen ada meeting non-stop, terutama saat pandemi melanda. Ada berbagai macam alasan yang menganggap bahwa hal ini merupakan ganti dari pertemuan langsung. Padahal, ternyata terlalu banyak meeting merupakan tanda bekerja remote tidak berlangsung dengan efektif.

Baca Juga: Mencari Sponsorship Online? Berikut Tips, Jenis dan Manfaatnya

Menurut Hubspot, ada banyak pembahasan dalam meeting yang seharusnya cukup jelas jika didiskusikan hanya melalui email atau chat. Alhasil, waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk fokus bekerja jadi terbuang begitu saja.

2. Tidak Ada Kontribusi Langsung saat Meeting

Tak begitu banyak orang yang berbicara dalam sebuah meeting merupakan tanda lain bekerja dengan tim secara remote tidak efektif. Dalam setiap meeting, yang dibicarakan hanya yang itu-itu saja yang bicara. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengajukan pertanyaan ke semua anggota tim, atau mungkin menggunakan metode lain untuk diskusi. Hal ini disebabkan karena tidak semua orang merasa nyaman jika harus bicara di depan orang banyak, meskipun hanya melalui layar saja.

3. Komunikasi Tidak Lancar

Komunikasi yang tidak lancar seringkali terjadi dalam sebuah meeting atau pertemuan. Selain sudah disibukkan dengan pekerjaan sendiri, tidak ada pertemuan langsung, alhasil tidak ada komunikasi antara satu sama lain. Hal ini juga lah yang menyebabkan terjadinya miskomunikasi di sela-sela pekerjaan.

4. Manajer Mengerjakan Ulang Tugas Anggota Tim

Manajer sampai turun tangan dan mengerjakan tugas anggota tim merupakan tanda selanjutnya. Hal ini disebabkan karena pekerjaan yang dikumpulkan terlambat, tidak sesuai dengan arahan, atau masih banyak alasan lainnya. Semua ini kembali lagi ke cara berkomunikasi antar anggota tim yang tidak lancar karena bekerja secara remote. Dalam konteks ini, manajer harus bisa membuat sesi diskusi bersama untuk membicarakan permasalahan yang sedang terjadi.

Cara Mengatasinya

Nah, tentu setelah kamu mengetahui tanda-tanda penyebab flow bekerja tidak efektif, kamu juga harus memahami bagaimana cara mengatasinya. Dilansir dari Business.com, membuat framework yang jelas merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Mulai dari jam kerja, apa saja yang harus dikerjakan, sampai jadwal yang rapi.

Pastikan pula jika kamu ingin mengadakan sebuah meeting untuk mengetahui pertemuan tersebut benar-benar diperlukan atau justru membuang-buang waktu saja. Untuk itu, agar meeting lebih terstruktur dan waktu bekerja lebih optimal, kamu harus membuat agenda yang jelas. Hal ini dilakukan agar bisa meminimalisir terjadinya meeting yang bertele-tele dan melelahkan itu. 

Baca Juga: Untuk Menjaga Perusahaan dari Kerugian, Kenali Proses Manajemen Krisis

Nah, itu dia penjelasan Jobnas.com mengenai berbagai macam tanda yang menunjukkan flow pekerjaan tim secara remote tidak efektif. Kamu dan tim diharapkan bisa bekerja sama secara lebih baik lagi meskipun tidak berada dalam satu atap.

0
10