Kacamata Anti Radiasi Sebagai Solusi Bekerja di Depan Layar

Google News
Kacamata Anti Radiasi Sebagai Solusi Bekerja di Depan Layar
Kacamata Anti Radiasi Sebagai Solusi Bekerja di Depan Layar

Jobnas.com – Jika terus menerus bekerja di depan layar laptop atau komputer dapat menyebabkan ketegangan mata dan sakit kepala. Untuk mengatasinya, banyak orang merekomendasikan kacamata anti radiasi.

Apalagi pekerjaan itu dialami oleh kalian yang bekerja dari pagi hingga malam di ruangan gelap atau remang-remang selama masa teleworking ini. Sangatlah menjadi kebutuhan kaca mata anti radiasi untuk menopang keefektifan kalian selama bekrja.

Nih, Jobnas akan kasih penjelasan lengkapnya!

Penyebab Layar Tidak Nyaman pada Mata

Tampilan perangkat elektronik modern didasarkan pada teknologi LED, tetapi juga menghasilkan cahaya biru dalam jumlah besar. Sebagian besar sumber cahaya pijar, seperti sinar matahari, memiliki spektrum cahaya yang luas.

Dioda pemancar cahaya (LED) yang diproduksi pabrik menghasilkan spektrum cahaya yang relatif sempit. Mata lelah setelah menggunakan perangkat dalam waktu lama disebabkan oleh cahaya biru yang dihasilkan oleh layar diyakini menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Namun, American Academy of Ophthalmology mengatakan tidak ada bukti bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh layar akan membahayakan mata kita karena kita terpapar sinar biru matahari sepanjang hari.

Apakah Kacamata Anti Radiasi Efektif?

Dari pernyataan di atas tadi. Di sini saya akan menjelaskan efektif tidaknya kaca mata anti radiasi.

Kacamata pemblokir radiasi memiliki filter di lensa yang memblokir atau menyerap cahaya biru dan sinar UV. Artinya, kacamata ini dapat membantu mengurangi paparan gelombang cahaya biru yang dapat membuat kalian tetap terjaga.

Banyak kacamata anti radiasi juga mengklaim dapat membantu mengurangi ketegangan mata. Menatap layar selama berjam-jam dapat menyebabkan ketegangan mata. Penggunaan komputer yang terlalu lama juga dapat menyebabkan mata kering.

Namun, efek ini disebabkan oleh cara kalian menggunakan layar dan bukan karena cahaya yang dipancarkan oleh layar. Cahaya biru dari perangkat elektronik tidak akan meningkatkan risiko kerusakan mata. Namun, menggunakan perangkat ini dapat mengganggu siklus tidur kalian.

Tips untuk Mengurangi Risiko Kerusakan Mata

Dengan laporan dari WebMD, mengurangi risiko kerusakan mata akibat penggunaan gadget yang berlebihan dengan mengurangi jumlah waktu kalian menggunakannya. Sebagian besar ahli sepakat bahwa penggunaan pelindung radiasi tidak efektif dalam mengurangi risiko kerusakan mata.

Cobalah untuk tidak menatap perangkat di malam hari. Lebih lanjut, penggunaan mode gelap pada perangkat juga dikatakan dapat mengurangi radiasi.

American Academy of Ophthalmology menekankan pengurangan penggunaan layar. Kebanyakan ahli juga merekomendasikan penerapan aturan 20-20-20. Ini berarti bahwa setiap 20 menit, Anda akan melihat objek setidaknya 20 kaki jauhnya selama 20 detik.

Selain itu, American Academy of Ophthalmology juga merekomendasikan beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata.

  • Perhatikan pencahayaan di ruangan tempat kalian bekerja. kalian dapat mencoba meningkatkan kontras layar jika diperlukan.
  • Jika Anda memakai lensa kontak, istirahatkan mata kalian dengan memakai kacamata saat bekerja di depan komputer.
  • Sesuaikan tempat duduk atau komputer kalian sehingga jarak mata kalian sekitar 25 inci dari layar.
  • Posisikan layar sehingga kalian melihat sedikit ke bawah.
  • Gunakan pelindung radiasi untuk mengurangi silau.
  • Gunakan obat tetes mata saat mata kalian kering.

Banyak gejala gangguan mata akibat penggunaan komputer bersifat sementara dan akan membaik saat kalian berhenti menggunakan komputer.

Oleh karena itu, yang perlu kalian lakukan hanyalah mengurangi waktu penggunaan komputer atau perangkat kalau kalian tidak mau menggunakan kacamata pelindung radiasi.

Selain mata, kalian juga perlu menjaga kesehatan fisik dan mental selama bekerja. Dengan menjaga mental atau fisik secara otomatis pekerjaan kalian akan lebih efektif tanpa ada kendala. Caranya, kalian bisa melakukannya dengan makan sehat dan istirahat lebih teratur. Dengan begitu kalian akan sehat jasmani dan rohani.

Selain informasi di atas Jobnas juga menyediakan berbagai tips untuk tetap sehat. Seperti tips sehat dengan berolahraga, melakukan Yoga dan lainnya. Cara gampang kalian untuk mendapatkan informasi penting semacam itu kalian bisa mendaftar di Blog Jobnas.

Baca juga: Mengurus Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan yang Hilang

Dengan begitu, selain artikel Jobnas yang terbit setiap hari. Kalian juga mendapatkan artikel-artikel pilihan Jobnas yang langsung dikirimkan ke kotak masuk akun yang kalian daftarkan.

Apakah kamu tertarik? Ayo, daftar sekarang.