Instagram Shopping, Salah Satu Fitur Instagram yang Bisa Dongkrak Penjualan

Instagram Shopping, Salah Satu Fitur Instagram yang Bisa Dongkrak Penjualan

Jobnas.com – Pada 19 Mei 2020, Instagram berhasil merilis fitur barunya, Instagram Shopping. Banyak orang yang bilang fitur ini membikin penjualan dan traffic terdongkrak. Lantas, apakah hal itu benar ? Simak paparan Jobnas.com berikut ini.

Pengertian Instagram Shopping

Instagram Shopping merupakan salah satu fitur instagram yang membuat pelanggan tak perlu keluar aplikasi untuk bekerja. Sebab, fitur yang satu ini dapat menghadirkan pengalaman bekerja di e-commerce di dalam Instagram. Di fitur ini, sang pemilik akun bisnis juga bisa membuat katalog produk. Selain itu, juga terdapat fitur Post dan Story khusus untuk melakukan Tag ke produkmu.

Baca Juga : 6 Tips Membuat Executive Summary atau Ringkasan Eksekutif

Pelangganmu pun tak perlu jauh-jauh jika ingin berbelanja. Tinggal buka akun Instagram-mu saja. Dilansir dari Kompas, sejak awal diluncurkannya fitur ini, ia perlahan telah menyentuh pasar Nusantara. 

Pentingnya Memakai Instagram Shopping

Kamu disarankan agar tetap memakai Instagram Shopping di tengah maraknya e-commerce akhir-akhir ini. Sebab, fitur ini mampu mendongkrak traffic sekaligus pendapatan. Melalui fitur yang satu ini, beberapa merek menerima kenaikan traffic sebesar 1,1416%. Merek lainnya melaporkan kenaikan pendapatan hingga hampir 20%.

Inilah mengapa NOW Marketing Group pernah mengutarakan alasan bahwa konon, Instagram merupakan panggung untuk melihat gaya hidup. Ketika lihat realitanya bahwa ketika ada seseorang yang mengikuti Instagram-mu, maka secara perlahan mereka juga akan tertarik dengan sendirinya terhadap budaya dari brand-mu itu. 

Kemudian, orang yang tertarik dengan budayamu bisa tertarik pada produkmu pula, dengan menunjukkan katalog produk di media sosial ini. Apalagi kamu bisa dengan mudah mengintegrasikannya dengan e-commerce. Sehingga dengan begitu ada kemungkinan besar mereka untuk membelinya. Dari sinilah kemudian banyak semua bisnis besar maupun UMKM terbantu oleh fitur ini. 

Nah,  mengingat kegunaanya yang cukup besar, untuk itu kamu perlu tahu bagaimana cara menggunakan instagram shopping yang baik. 

Cara Menggunakan Instagram Shopping

Dilansir dari situs resmi Oberlo dan Instagram, setidaknya ada 7 cara menggunakan Instagram Shopping, yaitu : 

1. Pastikan Usahamu Layak

Instagram punya beberapa ketentuan pengaktifan akun. Di antaranya adalah:

  • Bisnismu punya produk yang memenuhi syarat
  • Ada di tempat di mana fitur ini sudah rilis
  • Bisnis punya website tempat penjualan (untuk sementara ini, e–commerce di dalam Instagram belum tersedia di Indonesia)
  • Bisnismu sejalan dengan Perjanjian Dagang Produk Perdagangan dan Persyaratan Kelayakan Perdagangan dari Facebook

2. Ubah akun jadi Instagram Business

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah kamu harus mengaktifkan akunmu terlebih dahulu ke akun Instagram Business jika kamu sebelumnya memang belum pernah mengubah akunmu. 

Baca Juga : Hati-hati dengan Penggunaan False Advertising, Bisa Berdampak Buruk

3. Hubungkan dengan Facebook Page

Menguhubungkan dengan Facebook Page merupakan salah satu syarat yang mesti kamu lakukan. Ikuti langkah di bawah ini untuk melakukannya :

  • Buka halaman “Edit Profile” di “Public Business Information”
  • Pilih “Page”
  • Pilih Facebook Page yang akan dihubungkan
  • Jika belum punya, pilih “Create a New Facebook Page”

4. Upload Katalog Produk

.Kamu bisa mengisi tokomu dengan katalog melalui Facebook Business Manager. Beberapa e–commerce juga mendukung sinkronisasi katalogmu dengan katalog mereka.

5. Minta Review Akunmu

Setelah selesai upload katalog, baru kamu meminta persetujuan Instagram untuk membuka toko. Di bawah ini merupakan langkah yang bisa kamu lakukan: 

  • Buka “Settings”
  • Pilih “Sign up for Shopping”
  • Ikuti alur
  • Jika diterima, kamu akan melihat notifikasi di Instagram

Baca juga: 7 Tips Agar Tulisanmu Orisinal dan Terhindar dari Plagiarisme

6. Nyalakan Instagram Shopping

Jika permintaanmu sudah di-accept, langkah selanjutnya adalah nyalakan saja akun tokomu. Langkah yang bisa dilakukan :

  • Buka “Settings”
  • Pilih “Business”, lalu pilih “Shopping”
  • Pilih “Product Catalogue”
  • Pilih “Done”

7. Buat Konten Interaktif

Dengan mengikuti 6 langkah di atas, toko Instagram-mu sudah aktif. Selanjutnya, kamu tinggal meng-upload konten dengan tag produk agar kontenmu terlihat lebih interaktif. 

Baca Juga : Apa itu Inflasi? Berikut Penjelasan Lengkap beserta 4 Penyebab Terjadinya Inflasi

Nah, itulah penjelasan Jobnas.com mengenai Instagram Shopping. Bagaimana, apakah kamu tertarik menggunakannya?. Kamu tentu harus lebih memahami banyak trik-trik penjualan dan pemasaran di Instagram. 

Hal ini penting bagimu agar penjualanmu semakin meningkat. Bisa jadi pesaingmu akan kalah jika kamu punya amunisi semacam ini.

0
50