Tingkatkan Popularitas Situsmu dengan Guest Blogging, Strategi Menulis di Situs Lain

Google News
Guest Blogging
Guest Blogging

Jobnas.com – Guest blogging merupakan salah satu strategi content marketing yang variatif. Untuk meningkatkan popularitas di situsmu kamu perlu mencoba strategi ini. Tentu strategi ini sangat menarik. Di artikel ini, Jobnas.com akan mendeskripsikan tentang strategi tersebut. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini !

Pengertian Guest Blogging

Secara definitif, Guest blogging merupakan salah satu strategi content marketing dan search engine optimization (SEO).Sesuai namanya, kamu bisa menjadi penulis tamu di situs atau blog lain. Hal ini dilakukan untuk menambah traffic ke situs mereka, meningkatkan domain authority-mu dan menggunakan external link ke domain high-authority.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menggadaikan Barang di Pegadaian?

Di samping itu, hal itu juga dilakukan untuk meningkatkan kredibilitas dan awareness serta membangun hubungan baik dengan pihak tersebut. Dikutip dari Big Commerce, dengan menggunakan guest blogging, kamu dan pihak kedua akan mendapatkan keuntungan yang lumayan baik. Selain itu, kamu juga bisa mempromosikan brand-mu melalui strategi ini. Sementara, situs yang menjadi host guest blogging tentunya mendapatkan konten berkualitas.

Manfaat Guest Blogging

1. Traffic dan ROI

Guest blogging adalah strategi inbound marketing yang sangat penting untuk diterapkan. Dikutip dari OptinMonster, untuk meningkatkan traffic dan ROI, Guest Blogging merupakan kunci utamanya. .

2. Brand Awareness dan Lead Generation

Di samping itu, untuk meningkatkan brand awareness dengan konten yang dibuat pada situs lain, guest blogging juga merupakan hal yang sangat penting. Orang-orang yang membaca kontenmu bisa tertarik untuk mengunjungi landing page-mu, sehingga mereka bisa menjadi lead yang bermanfaat bagi perusahaan.

3. Membangun Kepercayaan

Orang-orang akan menjadi lebih percaya pada brand-mu, ketika kamu menulis sebuah konten di situs yang dianggap memiliki kredibilitas yang tinggi. Lebih dari itu, kamu bisa membangun kesan tersendiri sebagai pakar dengan melakukan strategi guest blogging. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan reputasi bisnismu, lho. 

Guest blogging adalah strategi yang sangat bermanfaat untuk link building dari situs berkualitas tinggi. Hal ini sangat penting bagi peningkatan ranking SEO sehingga situsmu bisa tampil lebih tinggi di SERP atau halaman hasil mesin pencari.

Langkah dan Tips Guest Blogging yang Baik

Mengingat beberapa manfaatnya yang cukup penting, guest blogging perlu dilakukan dengan baik dan benar. Untuk itulah sebelum melakukannya, ada beberapa langkah-langkah dan tips yang mesti kamu pahami:

1. Ketahui Tujuan

Sangat penting untuk mengetahui tujuan guest blogging terlebih dahulu, agar strategi guest blogging berhasil. Pada umumnya, tujuan melakukan guest blogging adalah untuk mengarahkan traffic pada landing page bisnismu agar mendapatkan lebih banyak leads dan sales. Di samping itu, meningkatkan brand awareness juga bisa menjadi tujuan yang baik.

Guest blogging pun bisa bertujuan untuk meningkatkan SEO dengan menambah inbound link. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah untuk meningkatkan kredibilitas bisnis atau situsmu. Pilih salah satu agar pelaksanaan strategi ini bisa berfokus pada tujuan tersebut secara efektif.

Baca Juga: Angular VS AngularJS, Mana yang Terbaik untuk Websitemu

2. Temukan Situs yang Tepat

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menemukan situs yang tepat untuk melakukan guest blogging. Oleh karena itu, langkah yang penting dilakukan adalah mencari sebuah situs yang bisa menerima guest blogger dan ingin menambah konten berkualitas. Selain itu, dalam memilih situs tidak boleh sembarangan. 

Dengan demikian, temukanlah situs yang memiliki domain authority yang baik, yaitu situs yang bisa meningkatkan brand awareness dan traffic yang sesuai untuk situsmu. Kemudian cobalah diskusikan kesepakatan guest blogging dengan pemilik situsnya.

3. Pilih Topik

Langkah selanjutnya adalah menentukan topik apa yang sesuai untuk diangkat sebagai bahan konten di situs tempatmu melakukan guest blogging, setelah mencapai konsensus kedua belah pihak. Untuk itulah ketahuilah apa yang sedang populer di situs tersebut dan bagaimana caranya kontenmu bisa memberikan nilai tambah yang positif bagi situs tersebut dan para audiensnya. Sampaikan usulan hasil brainstorming-mu dengan melakukan pitching yang menarik.

4. Buat Konten Berkualitas

Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menulis blog post sesuai dengan apa yang sudah disepakati, jika ide konten dan pitching sudah disetujui. HubSpot menyarankan untuk menulis post long-form berisi kurang lebih 1.000 kata.

Lakukanlah optimasi on-page SEO. Rancang konten sebaik dan semenarik mungkin dengan menyisipkan link ke post lain situs tersebut, link ke konten situsmu yang relevan, link ke publikasi terpercaya, dan lain-lain. Terakhir, lakukan proofreading untuk memastikan jika tak ada kesalahan dalam konten yang telah disusun. 

5. Pantau Hasil

Memantau hasil merupakan langkah terakhir setelah konten dipublikasikan. Hal ini sangat penting dilakukan. Oleh karena itu, ketahui apakah dengan melakukan guest blogging tujuan yang sudah ditetapkan di langkah awal bisa tercapai.

Untuk melakukan ini, kamu bisa menggunakan beberapa tool analitik seperti Ahrefs dan lain-lain. Tool-tool ini akan memberimu data mengenai organic traffic performance, backlink, referring domains, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Yuk, Ketahui 5 Fitur Android 13 yang Berfungsi Meningkatkan Produktifitas Kalian

Itulah penjelasan Jobnas.com mengenai guest blogging, strategi content marketing sederhana yang cukup efektif untuk membuat situsmu semakin populer. Jika kamu tertarik menggunakan strategi ini, kamu perlu membaca artikel-artikel Jobnas.com lainnya dengan topik serupa.