Computer Vision Syndrome, Akibat Sering Menatap Layar Berjam-jam

Computer Vision Syndrome

Jobnas.com – Sebut saja Homo-digitalis. Mengapa saya mengatakan begitu, karena saat ini mulai dari karyawan yang bekerja di depan layar berjam-jam hingga anak kecil yang terus menatap layar gadget. Di masa yang serba digital saat ini, Computer Vision Syndrome (CVS) alias ketegangan mata digital menjadi masalah yang bisa menimpa siapa saja.

Tentu saja, menghindari masalah ini sepenuhnya tidak mungkin, karena hampir semua yang kita lakukan saat ini melibatkan perangkat elektronik, mulai dari bermain sampai berbelanja kita bisa melakukannya melalui gaway pintar kita.

Meski kenyatannya sudah begitu, Jobnas.com memiliki beberapa langkah untuk diterapkan supaya hal demikian bisa diatasi. Untuk mengetahuinya kalian bisa membaca terus artikel Jobnas.

Apa Itu Sindrom Penglihatan Komputer?

Jika saya mengutip National Center for Biotechnology Information (NCBI), American Optometric Association (AOA) menjelaskan bahwa Computer Vision Syndrome adalah masalah mata dan penglihatan.

Masalah ini disebabkan oleh aktivitas yang menekan area visual dan sering terjadi saat menggunakan komputer atau perangkat elektronik lainnya. Ini adalah salah satu penyakit akibat kerja yang banyak diderita pekerja.

Bagaimana tidak, mereka harus menghabiskan sebagian besar waktunya menatap layar untuk menyelesaikan pekerjaannya. Anak-anak yang bekerja dari jarak jauh atau rutin menonton video YouTube juga dapat mengalami masalah ini.

Gejala CVS

Beberapa gejala atau efek yang dialami oleh penderita computer vision syndrome adalah ketegangan pada area sekitar mata, iritasi, mata merah, pusing atau bahkan penglihatan kabur secara tiba-tiba.

Bagi yang beruntung, gejala ini bisa hilang saat mereka mematikan perangkat elektroniknya. Selebihnya, dapat mempersepsikan sesuatu dalam jangka waktu yang lebih lama.

Bagaimana Jika Tidak Diselesaikan?

Mengutip AOA kembali, jika tidak ditangani, gejala ini akan terus berlanjut dan bisa berbahaya bagi mata. Belum lagi menatap layar secara terus-menerus.

Bagaimana memperbaikinya?

Meskipun tidak dapat sepenuhnya dihindari, Glints memiliki beberapa saran tentang apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Berikut adalah langkah-langkah agar kalian tidak terpengaruh oleh efek jangka panjang dari computer vision syndrome.

1. Sesuaikan Pencahayaan Utilitas

Cara lain yang bisa digunakan untuk mencegah computer vision syndrome atau setidaknya mengurangi dampaknya adalah dengan mengatur pencahayaan perangkat kalian. Jika masih terang, kalian bisa menggunakan pengaturan cahaya tinggi. Namun, saat hari sudah gelap, coba gunakan mode malam.

Sebagian besar utilitas sudah menyediakan pengaturan ini. Warna pada layar akan lebih gelap dan agak kekuningan, sehingga lebih mudah dilihat.

2. Gunakan Teknik 20-20-20

Dengan menggunakan teknik 20-20-20, setidaknya kalian mengistirahatkan mata. Teknik ini menyarankan untuk beristirahat secara teratur selama 20 menit setiap kali Anda menggunakan perangkat elektronik atau fokus pada sesuatu dalam jarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik.

3. Pastikan Lokasi Komputer yang Ideal bagi Pengguna

Poin ini sering diabaikan oleh banyak orang, padahal dampaknya cukup besar. Orang dengan CVS sering mengalami tidak hanya area mata tetapi juga merasa pusing dan terkadang sakit punggung.

Hal ini dapat dihindari dengan mengatur posisi komputer, menyesuaikan dengan postur duduk kalian. Yang terbaik adalah menempatkan komputer setinggi mata dan sedikit ke bawah, 50-70 cm dari depan.

4. Pemeriksaan Mata Rutin

Hal terakhir yang dapat Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan mata secara teratur dengan dokter. Jika memang mengganggu penglihatan kalian, dokter biasanya akan merekomendasikan kacamata yang lebih sesuai dengan jenis pekerjaan.

Tak hanya itu, mereka juga kerap menyarankan melakukan senam mata untuk setidaknya mengurangi rasa tegang di sekitar bola mata.

Antisipasi CVS

Dapat disimpulkan bahwa memang computer vision syndrome merupakan kondisi yang agak sulit untuk dihindari sama sekali. Namun, kalian setidaknya harus mengambil tindakan pencegahan agar kalian tidak terpengaruh.

Sekian saja penjelasan Jobnas kali ini mengenai hal tersebut dia atas. kalian bisa sering mendapatkan informasi dan tips seperti ini jika kalian mendaftarkan diri di blog Jobnas.

Selain informasi seperti di atas ada banyak sekali informasi penting terkait dunia kerja akan dikirimkan langsung ke inbox kalian.yuk, daftar sekarang. Gratis!

0
408