Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Google News
Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan
Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Jobnas.com – Pada dasarnya, proses pencairan atau klaim BPJS itu membutuhkan kartu anggota. Maka dari itu, jika kartu anggota BPJS tersebut hilang atau rusak, Anda perlu segera mencetak kartu yang baru sebagai gantinya. Lalu, bagaimana cara cetak kartu BPJS?

Sebenarnya, cara cetak kartu BPJS, baik jenis BPJS ketenagakerjaan maupun BPJS kesehatan itu cukup mudah. Anda bisa melakukannya secara online atau bisa mendatangi kantor cabang BPJS terdekat. Berikut cara cetak kartu BPJS online dan offline!

Mencetak Kartu BPJS Kesehatan

BPJS kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang dimiliki oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hal ini sangat wajar, mengingat BPJS kesehatan bisa mengcover biaya saat Anda jatuh sakit dan perlu berobat atau perlu dirawat inap di Rumah Sakit.

Namun, jika kartu tersebut hilang atau rusak, Anda tidak bisa melakukan klaim karena tidak ada bukti yang kuat jika Anda adalah anggota BPJS. Maka dari itu, berikut adalah cara mencetak kartu BPJS kesehatan yang sudah terdaftar sebagai anggota!

1. Melalui Laman BPJS Kesehatan

Kemudian, bagaimana cara cetak BPJS kesehatan? Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mencetaknya secara online melalui laman BPJS kesehatan. Jika Anda ingin mengetahui berapa lama cetak kartu BPJS, Anda bisa mencetaknya saat itu juga.

Hal ini karena, Anda bisa mencetak kartu BPJS sendiri di rumah atau di tukang fotocopy. Jadi, jika Anda ingin tahu apakah bisa cetak kartu BPJS di tempat fotocopy, jawabannya adalah bisa. Berikut adalah tutorial mencetak kartu BPJS kesehatan terbaru!

  1. Pertama-tama, Anda bisa membuka laman resmi BPJS kesehatan.
  2. Setelah itu, Anda bisa masuk atau login dengan menggunakan email dan password yang dulu Anda gunakan untuk mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS.
  3. Namun, jika Anda belum pernah mendaftar sebelumnya, Anda bisa memilih opsi “Daftar” lalu selesaikan proses pendaftaran terlebih dahulu.
  4. Apabila sudah, Anda bisa masuk ke menu “Cetak Kartu” dan pilih opsi “Data”.
  5. Kemudian, Anda bisa memasukkan nomor NIK milik Anda di kolom pencarian lalu klik “Cari” untuk menemukan data Anda di laman tersebut.
  6. Terakhir, ketika data kartu Anda sudah muncul Anda bisa langsung mencetak kartu BPJS tersebut. 

2. Melalui e-Dabu

Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan fasilitas e-Dabu BPJS kesehatan cetak kartu di kantor tempat Anda bekerja. Untuk melakukannya, Anda bisa meminta bantuan dari HR untuk mencetak kartu BPJS kesehatan milik Anda dengan sistem ini.

Berikut adalah cara cetak kartu BPJS di sistem e-Dabu!

  1. Pertama-tama, Anda bisa masuk ke laman e-Dabu.
  2. Apabila sudah, Anda bisa masuk atau login dengan menggunakan user ID dan password yang pernah Anda daftarkan di sistem tersebut.
  3. Setelah itu, Anda bisa masuk ke menu “Peserta” untuk bisa mulai mengisi data yang diperlukan.
  4. Kemudian, masukkan NIK Anda di kolom pencarian dan klik opsi “Selanjutnya”.
  5. Terakhir, Anda hanya tinggal memilih opsi “Jenis Mutasi Cetak KIS” dan klik tombol biru untuk mulai mengunduh kartu BPJS kesehatan milik Anda.

3. Melalui JKN

Cara cetak kartu BPJS yang selanjutnya adalah dengan melalui aplikasi mobile JKN yang bisa Anda unduh di ponsel Anda. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di ponsel dengan sistem operasi iOS maupun sistem operasi Android.

Berikut adalah cara cetak kartu BPJS di Mobile JKN yang dapat Anda ikuti dengan mudah!

  1. Pertama-tama, pastikan Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi Mobile JKN di ponsel Anda.
  2. Apabila sudah, Anda bisa masuk atau login dengan menggunakan user ID dan password apabila telah memiliki akun BPJS.
  3. Anda juga bisa memilih opsi “Daftar” apabila Anda belum memiliki akun, dan menyelesaikan proses pendaftaran akun BPJS terlebih dahulu.
  4. Setelah itu, masukkan nomor kartu BPJS dan juga masukkan password untuk melihat kartu BPJS digital Anda.
  5. Kemudian, klik ikon kartu yang terletak di bawah untuk menampilkan kartu peserta BPJS Anda.
  6. Terakhir, Anda bisa mengirimnya ke email dengan mengklik opsi “Kirim Email” dan mengunduhnya ketika file kartu BPJS sudah Anda terima di email Anda.

4. Melalui Kantor BPJS

Meskipun kini Anda bisa mencetak kartu BPJS secara online, namun masih banyak di antara Anda yang ingin cetak kartu BPJS kesehatan offline. Pada dasarnya, untuk mencetak kartu BPJS offline, Anda bisa langsung mendatangi kantor BPJS terdekat.

Syarat cetak kartu BPJS yang perlu Anda persiapkan adalah KTP, surat pernyataan kehilangan dari kepolisian, dan KK. Juga, jangan lupa untuk memastikan jika Anda masih merupakan anggota BPJS aktif sebelum mencetak kartu anggota yang baru.

Mencetak Kartu BPJS Ketenagakerjaan

Di samping kartu BPJS kesehatan, Anda juga bisa mencetak kartu BPJS ketenagakerjaan secara online maupun offline dengan mudah. Berikut adalah cara cetak kartu BPJS ketenagakerjaan yang hilang atau rusak yang bisa Anda lakukan!

1. Melalui Jamsostek Mobile

Cara cetak kartu BPJS ketenagakerjaan pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan melalui aplikasi Jamsostek Mobile. Aplikasi ini bisa Anda unduh dengan mudah di ponsel Anda, baik di iPhone maupun di Android.

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk cetak kartu BPJS ketenagakerjaan online melalui aplikasi Jamsostek Mobile!

  1. Pertama-tama, Anda perlu untuk memastikan jika Anda sudah mengunduh dan menginstal aplikasi Jamsostek Mobile di ponsel Anda.
  2. Setelah itu, Anda bisa masuk atau login jika Anda telah memiliki akun, dan bisa memilih “Daftar” jika Anda belum memiliki akun di Jamsostek.
  3. Apabila sudah, Anda bisa mengklik opsi “Kartu Digital” untuk melihat kartu BPJS ketenagakerjaan digital milik Anda.
  4. Kemudian, Anda hanya perlu memilih opsi “Simpan di Galeri” untuk menyimpan kartu tersebut di galeri atau klik opsi “Kirim Email” untuk mengirim kartu via email.
  5. Terakhir, Anda hanya tinggal mencetak kartu BPJS yang sudah Anda simpan di galeri atau yang sudah Anda terima di email.

2. Melalui Kantor BPJS

Sama seperti cara cetak kartu BPJS kesehatan, Anda juga bisa mencetak kartu BPJS ketenagakerjaan secara offline melalui kantor cabang BPJS. Anda pun bisa langsung mengunjungi kantor cabang BPJS terdekat yang ada dan tersedia di kota Anda.

Namun, jangan lupa untuk membawa syarat-syarat yang diperlukan untuk pengajuan pembuatan kartu anggota baru. Di antaranya adalah fotokopi KTP dan KK serta dokumen aslinya. Jangan lupa juga untuk membawa materai sebelum datang ke sana.

Di samping itu, Anda juga perlu membawa surat pengantar dari perusahaan di mana Anda bekerja. Surat tersebut menyatakan jika Anda masih bekerja di perusahaan tersebut dan ingin mengajukan pembuatan kartu baru.

Baca juga: 4 Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan, Lengkap dan Jelas

Itulah beberapa cara cetak kartu BPJS yang bisa Anda ikuti dengan mudah. Anda bisa mencetak ulang kartu BPJS kesehatan maupun BPJS ketenagakerjaan karena hilang, rusak, atau karena alasan lainnya. Semoga membantu!