Call Center & Nomor Telepon BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Google News
Call Center & Nomor Telepon BPJS Ketenagakerjaan Terbaru
Call Center & Nomor Telepon BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Jobnas.com – Nomor telepon BPJS ketenagakerjaan penting diketahui jika suatu hari mengalami kendala tentang berbagai hal terkait BPJS. Sepertinya sepele, tapi banyak pula yang tidak tahu berapa nomor telepon penting ini.

Bagi yang belum tahu layanan telepon BPJS, perlu mencari informasi yang lengkap dan jelas. Tentunya memilih yang dapat dipercaya sehingga tidak salah nomornya. Berapa nomor penting yang harus disimpan untuk keperluan BPJS ini, cek dalam artikel lengkap.

Pentingnya Nomor Telepon  BPJS

Seberapa penting nomor telepon sebuah instansi atau perusahaan tergantung dari kebutuhan masing-masing. Apabila bernaung dalam sebuah perusahaan atau instansi tentunya penting menyimpan Nomor Telepon BPJS ketenagakerjaan online atau perusahaan terkait pekerjaan.

Akan tetapi, kesehatan menjadi poin utama dalam hal apapun karena dengan sehat maka dapat melakukan banyak hal. Untuk itu pentingnya nomor telepon BPJS ketenagakerjaan, terkait urusan kesehatan, medis atau pencairan Jaminan Hari Tua (JHT)

Call center atau nomor telepon yang dapat dihubungi dalam sebuah instansi atau  perusahaan merupakan layanan khusus. Layanan ini disediakan di setiap organisasi, perusahaan atau institusi tertentu untuk merespon dari banyak anggota atau mitranya.

Adapun respon saat telepon ke nomor telepon BPJS ketenagakerjaan  ini dapat berupa:

  • Menjawab pertanyaan dari banyak kalangan.
  • Menanggapi mitra atau klien.
  • Menjawab komplain dari pelanggan.
  • Menjadi informan utama saat ada pertanyaan terkait informasi yang belum dipahami pelanggan.
  • Menjawab kendala yang dialami pelanggan terkait pelayanan produk dan penggunaan.

Dengan adanya call center atau nomor telepon yang selalu siap sedia dihubungi maka pelanggan lebih cepat akses online apapun yang dibutuhkan. Segala pertanyaan yang kurang jelas dan kendalanya bisa ditanyakan secara langsung.

Tak heran Nomor telepon BPJS ketenagakerjaan menjadi sangat penting bagi peserta BPJS ketenagakerjaan saat membutuhkan sesuatu bisa langsung menghubungi. Tidak perlu login aplikasi, datang ke kantor cabang yang mungkin memerlukan waktu dan tambahan transport.

Nomor Telepon atau Call Center BPJS

Seperti halnya sebuah instansi yang penting untuk banyak pelanggannya, BPJS ketenagakerjaan memiliki nomor telepon penting. Untuk itu BPJS memiliki nomor layanan pelanggan hanya dengan 3 digit angka yaitu 175.

Layanan masyarakat 175 tanya BPJSTK atau BPJS ketenagakerjaan akan lebih memudahkan ketika peserta menanyakan sesuatu. Jika ditanya apakah call center BPJS ketenagakerjaan bebas pulsa adalah tidak, karena tetap dengan pulsa pribadi.

Adapun manfaat dan beberapa hal yang perlu diketahui terkait nomor ini adalah:

1. Mudah Diingat

Nomor telepon BPJS ketenagakerjaan mudah diingat dan sepertinya tak perlu mencatatnya karena mudah dihafal. Hanya dengan 3 digit angka yaitu 175.

2. Informasi Up to Date

Call center membantu peserta mengetahui program dari BPJS ketenagakerjaan terbaru. Dengan demikian peserta tidak akan ketinggalan informasi apapun terkait BPJS.

3. Menjawab Solusi

Manfaat berikutnya adalah mampu menjawab solusi atas kendala yang dihadapi. Misalnya:

  • Bagaimana cara pencairan Jaminan Hari Tua (JHT)
  • Dapat menanyakan syarat dan prosedur saat akan mengurus klaim JHT.
  • Dapat menanyakan nomor BPJS yang lupa, hilang atau bingung tidak tahu caranya dan masih banyak lagi.

4. Dapat Menanyakan Iuran BPJS

Melalui telepon 175 peserta dapat menanyakan iuran yang harus dibayarkan. Jika ada denda atau tunggakan dapat pula menanyakan secara langsung. Dari iuran secara rutin ini maka peserta BPJS akan mendapatkan manfaat lainnya.

  • Jaminan kematian
  • Jaminan kecelakaan kerja
  • Jaminan Hari Tua (JHT)
  • Jaminan pensiun

5. Cek Saldo

Tak kalah menariknya adanya nomor telepon BPJS ketenagakerjaan akan memudahkan peserta ketika ingin menanyakan saldo yang dimiliki selama bekerja. Dari sini dapat ditanyakan berapa jumlahnya secara lengkap. Cek saldo dapat dilakukan melalui aplikasi dan situs resmi BPJS.

6. Pelayanan Tidak 24 Jam

Ada yang bertanya call center BPJS ketenagakerjaan 24 jam apakah buka terus dan jawabannya tidak. Perlu diketahui jika nomor ini tidak melayani selama 24 jam penuh.

Akan tetapi, buka pada pukul 6  pagi hingga pukul 10 malam. Selain itu tentunya tidak ada petugas yang menjawab telepon.

7. Layanan Cepat

Bagi peserta BPJS ketenagakerjaan yang kurang update teknologi layanan ini sangat praktis dan membantu. Hanya tinggal menelepon maka apa masalah yang dihadapi dapat ditanyakan secara langsung.

8. Efektif

Adanya layanan yang praktis dan efektif tidak membutuhkan dana berlebih. Hanya membutuhkan pulsa saja dan lebih nyaman daripada harus menuju kantor cabang karena kendala tertentu.

9. Pastikan Pulsa Mencukupi

Sebelum melakukan telepon ke nomor telepon BPJS ketenagakerjaan pastikan pulsa yang dimiliki mencukupi karena layanan ini tidak gratis. Jika ada yang bertanya call center BPJS ketenagakerjaan 175 apakah gratis jawabannya adalah tidak bebas pulsa.

Perlu pulsa mencukupi supaya saat telepon lancar dan tidak putus di tengah jalan. Jika peserta menelepon bukan lewat HP dan dari telepon rumah maka akan dikenakan tarif lokal.

Call center sangat memudahkan peserta ketika mengalami kendala apapun. Selain itu dapat digunakan untuk keperluan lain dengan lebih efisien waktu, tenaga dan dana.

WhatsApp BPJS Ketenagakerjaan Untuk Pekerja Migran

Kadang, saat telepon ke call center bpjs ketenagakerjaan yaitu 175 apakah ada kendala kendala dari peserta khususnya tenaga migran. Baik karena sinyal buruk, keterbatasan pulsa atau hal lainnya.

Jika mengalami hal demikian ada nomor WhatsApp BPJS yang dapat dihubungi. Mungkin saja dengan WhatsApp akan lebih stabil koneksinya.

Nomor WA BPJS ini khusus untuk pengaduan atau informasi bagi pekerja migran atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Telepon WhatsApp tersebut adalah +62 811 911 5910.

Email BPJS

Zaman digital memang memudahkan semuanya begitu juga ketika ingin mendapatkan berbagai informasi. Apabila dengan call center dan WA dirasa kurang nyaman, dapat menanyakan berbagai informasi lewat email.

Email BPJS resmi adalah care@bpjsketenagakerjaan.go.id. Peserta dapat menanyakan berbagai informasi langsung ke email tersebut.

Media Sosial

Adapun cara selain Nomor telepon BPJS ketenagakerjaan dapat digunakan melalui media sosial. Media sosial lebih praktis karena caranya dengan menulis pertanyaan di komentar. Sedangkan untuk data yang dibutuhkan dapat melalui pesan di media sosial tersebut.

1. Facebook

Akun resminya adalah FB BPJSTKU @BPJSTKinfo. Pertanyaan dapat langsung melalui inbox. Di sini biasanya akan ditanyakan data baik nama lengkap, nomor peserta, nama ibu kandung hingga NIK dari KTP.

2. Twitter

Akun Twitter resmi BPJS ketenagakerjaan adalah @BPJSTKinfo. Seperti halnya Facebok pertanyaan dapat dilakukan melalui pesan Twitter. Setelah itu akan diminta data lengkap tentang nomor kepesertaan, nama lengkap dan NIK serta  nama ibu kandung.

Baca juga: Cek Status BPJS Kesehatan Paling Mudah

Mengetahui nomor telepon BPJS sangat penting di waktu genting. Perlu untuk menyimpannya jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Jika tidak memungkinkan menghubungi call center, dapat melalui media sosial, WA atau email. Semuanya praktis dan mudah dilakukan karena efisien waktu dan tenaga. Dengan mengetahui nomor telepon BPJS ketenagakerjaan jika ada kendala yang terjadi dapat segera menghubungi untuk menanyakan solusi terbaik.