6 Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan dengan Mudah

Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan

Jobnas.com – Cara mengecek nomor BPJS kesehatan dipermudah dengan berbagai pelayanan yang disediakan. Baik secara online atau offline semuanya lengkap tersedia. Nomor ini sangat penting untuk melakukan aktivitas saat ingin cek saldo dan membayar iurannya.

Nomor juga penting guna mengetahui cek BPJS Kesehatan aktif atau tidak. Ketika nomor tersebut tidak aktif, berarti tidak dapat digunakan untuk berbagai keperluan khususnya kesehatan. Inilah perlunya tahu cara cek nomor agar dapat digunakan dengan baik.

Cara Mengecek Nomor dari BPJS Kesehatan dengan Mudah

Jika ada kendala dalam yang berhubungan dengan BPJS, nomor ini penting untuk diingat. Apabila lupa atau kartu hilang, dapat dilakukan pencarian nomor dengan menggunakan beberapa cara.

Selain itu, nomor BPJS penting saat dibutuhkan untuk berbagai klaim. Dalam hubungannya mengganti kacamata ke optik atau hal lain yang yang tentunya berhubungan dengan kesehatan.

Ada beberapa Cara Mengecek Nomor BPJS Kesehatan yang dapat dilakukan untuk mengetahui nomor BPJS yang dimiliki, yaitu:

1. Menggunakan BPJS-Checking

Cara pertama ini melalui website resmi dari BPJS kesehatan dengan fasilitas cek yang lengkap dan mudah dilakukan.

Jika lupa dengan nomornya, dapat menggunakan nomor lain sebagai anggota keluarga yang sama dalam satu Kartu Keluarga. Dengan cara ini  maka nomor dapat diketahui dengan cepat. Adapun caranya seperti di bawah ini.

  1. Buka situs resminya di daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  2. Jika sudah terbuka memasukkan nomor anggota keluarga lain dan isi tanggal lahir di tempat yang disediakan.
  3. Mengisi angka untuk validasi dan pilih cek.
  4. Dari sini jika berhasil akan terlihat dan muncul data yang dibutuhkan. Data lengkap tentang nama peserta, nomor, tagihan, tanggal untuk pembayaran terakhir, nominalnya dan saldo.

Data ini masuk dalam satu keluarga dalam satu Kartu Keluarga sehingga nomor yang dicari pasti akan ditemukan. Cara mengecek nomor BPJS kesehatan lebih mudah dengan metode pertama ini.

2. Cek Melalui Twitter

Jika memiliki akun Twitter dapat menggunakannya untuk cek nomor kepesertaan menggunakan NIK. Sebelumnya perlu mengetahui terlebih dulu akun resmi Twitter yaitu @BPJSKesehatanRI.

Setelah itu dapat melakukan pertanyaan dalam akun tersebut untuk menanyakan nomor yang dibutuhkan. Dengan menggunakan NIK, maka petugas akan merespon dan memberikan informasi dengan cepat.

Selebihnya akan meminta lebih lebih detail untuk mengetahui kelengkapan data, antara lain:

  • Nama lengkap dari peserta yang bersangkutan
  • Tanggal lahir yang bersangkutan
  • Tentunya cek nomor BPJS kesehatan dengan NIK

Data yang bersifat pribadi biasanya akan diminta untuk melakukan Direct Message atau DM. Jika data yang dibutuhkan telah lengkap petugas akan mencarikan nomor yang dibutuhkan.

3. Cek Melalui Facebook

Media sosial yang dapat digunakan untuk cara mengecek nomor BPJS kesehatan adalah Facebook. Namun, perlu diingat untuk menanyakannya ke akun resmi dari BPJS kesehatan. Akun resminya adalah @BPJSKesehatanRI.

Peserta yang kesulitan dan lupa akan cek nomor BPJS kesehatan dapat menanyakan langsung melalui media sosial tersebut. Setelah bertanya tunggu beberapa saat untuk direspon oleh petugas yang bersangkutan.

Setelah itu tinggal menanyakan nomor BPJS agar dicarikan oleh petugas. Caranya simpel dan mudah sehingga hanya melalui media sosial nomor ini dapat langsung diketahui.

4. Melalui SMS Resmi

Terdapat cara dengan NIK KTP untuk mengetahui nomor kepesertaan melalui SMS gateway resmi. Cara melihat nomor BPJS kesehatan dengan NIK dan tahapan di seperti di bawah ini.

  1. Pastikan terdapat pulsa dalam perangkat yang digunakan.
  2. Masuk ke menu SMS dan mengirimkan pesan. Formatnya adalah: NIK (spasi) Nomor Induk KTP atau NIK. Kemudian kirimkan ke 087775500400.
  3. Dengan demikian akan dibalas untuk informasi sesuai yang dibutuhkan.

Langkah dengan cara SMS cek nomor BPJS kesehatan dengan NIK KTP yang bersangkutan.

5. Melalui Call Center di Nomor 1500 400

Apabila cara mengecek nomor BPJS kesehatan di atas masih kurang cepat, dapat langsung menghubungi call center BPJS kesehatan di nomor 1500 400. Sebelum melakukannya pastikan pulsa yang dimiliki mencukupi untuk melakukan panggilan telepon.

Setelah melakukan panggilan telepon dapat menanyakan secara langsung tentang nomor BPJS yang tidak ingat dan petugas akan mencarikannya. Langkahnya mudah dan dapat dilakukan dengan menyebut nama dan NIK.

Selain itu call center ini dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU). PBPU biasa juga disebut dengan peserta mandiri.

6. Melalui Aplikasi Mobile JKN

Apabila mau yang lebih praktis lagi dan semuanya lengkap dapat dilakukan melalui Aplikasi Mobile JKN. Dengan unduh dan login, aplikasi ini menyediakan berbagai fitur yang dibutuhkan para peserta BPJS kesehatan.

Salah satunya saat lupa atau tidak ingat nomor BPJS kesehatan. Melalui aplikasi ini akan lebih mudah mengetahui berbagai hal terkait BPJS kesehatan. Untuk itu perlu mengetahui fiturnya secara lengkap.

Mengenal Fitur Aplikasi Mobile JKN

Aplikasi ini memang dibuat untuk memudahkan pelayanan dan peserta BPJS kesehatan di HP. Untuk cek nomor BPJS dalam aplikasi terdapat fitur dengan informasi terkini terkait BPJS kesehatan.

Ketika ada hal yang berkaitan dengan kesehatan, dapat langsung menggunakan fitur yang ada dengan mudah. Fitur dalam aplikasi Mobile JKN adalah:

1. Peserta

Merupakan fitur yang menginformasikan cara mengecek nomor BPJS kesehatan peserta dan keluarga dalam satu Kartu Keluarga. Di dalam fitur dapat dilakukan untuk mengubah data, jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Di dalam fitur peserta dapat pula menampilkan kartu peserta baik BPJS atau JKN dan cetak kartu. Tak perlu bingung karena keduanya sama saja.

2. Pelayanan

Dalam fitur pelayanan terdapat faskes tingkat pertama. Selain itu dapat memberi penilaian untuk faskes pilihannya.

3. Tagihan

Pada fitur tagihan terdapat informasi secara lengkap yang berhubungan dengan keuangan. Antara lain riwayat pembayaran iuran, tagihan iuran dan cara melakukan pembayaran melalui virtual account.

4. Umum

Fitur yang menyediakan informasi tentang program BPJS, cara cek tempat dan kantor BPJS serta lokasi faskes.

5. Pengaduan Keluhan

Fitur dengan nama ini lebih jelas ketika ada keluhan atau pengaduan masalah pelayanan atau hal lainnya. Tentunya yang berhubungan dengan BPJS kesehatan.

Apabila terdapat keluhan dan semacamnya dapat dituangkan dalam fitur pengaduan keluhan. Fitur yang lengkap dengan informasi terkini akan memudahkan peserta.

Tidak perlu khawatir lagi untuk mengetahui cara mengecek nomor BPJS kesehatan, lokasi mana yang paling dekat atau kapan tagihan iuran. Aplikasi lengkap untuk memudahkan para pengguna layanan BPJS kesehatan.

Penutup

Melihat begitu pentingnya BPJS kesehatan ini ada baiknya melakukan pembayaran iuran secara rutin untuk yang mandiri. Selain itu jika nomor BPJS lupa tak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk mengetahuinya dengan cepat dengan NIK atau cara lain seperti di atas.

Baca juga: Iuran BPJS Kelas 1 dan Fasilitasnya

Dari banyak cara di atas, pilih yang sekiranya sangat praktis dan mudah. Masing-masing orang tentunya memilih yang paling cepat dan sesuai kondisi masing-masing. Dengan mengetahui cara mengecek nomor BPJS kesehatan maka akan lebih mudah ketika membutuhkannya. Semua cara praktis terlebih lagi dengan melalui aplikasi khusus yang sangat memudahkan peserta dalam aktivitas apapun terkait BPJS.

0
96