5 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan sebelum Memasuki Dunia Kerja

Hal Penting yang Harus Dipersiapkan sebelum Memasuki Dunia Kerja

Jobnas.com – Ada kalanya seorang Fresh Graduate harus melakukan berbagai macam persiapan sebelum memasuki dunia kerja.

Jika tidak memiliki rencana atau persiapkan apa pun, untuk tidak kaget ketika dunia profesional yang asing akan menjadi sesuatu hal yang mengejutkan.

Agar masalah ini tidak menimpamu, berikut berbagai hal yang penting untuk menjadi bekal dalam menghadapi persaingan di dalam dunia kerja.

5 Hal Penting yang Harus dipersiapkan Sebelum Terjun Ke Dunia Kerja

1. Ketahui Apa yang Kamu Inginkan

Disadur dari Forbes, persiapan pertama sebelum memasuki dunia kerja adalah untuk menemukan beberapa hal yang benar-benar kamu inginkan.

Mungkin, hal seperti ini terlihat sangat menjanggal. Lalu, apa hubungannya hal yang disukai dengan kehidupan di dalam dunia profesional?

Jangan salah, untuk memahami hal yang diinginkan serta berbagai tujuan dalam hidup akan membantumu dalam dunia kerja, lho.

Sebagai contoh, aspek seperti ini juga dapat berfungsi sebagi benang merah saat kamu sedang melakukan sesi wawancara.

Selain itu, bekerja didalam bidang yang disukai akan membantumu untuk lebih giat dan fokus terhadap semua tugas yang akan diberikan oleh atasan.

Maka dari itu, jangan sampai kamu mau mendaftarkan diri kalian kepada sebuah pekerjaan yang kurang kamu minati. Mulai kamu ketahui hal-hal yang kamu inginkan dalam hidup. Dijamin kehidupan kamu nanti akan lebih lancar.

2. Jadi Fleksibel

Ketahui lah, bahwa perusahaan akan menaruh minat besar terhadap calon karyawan yang fleksibel?

Skill ini merupakan salah satu sebuah persiapan yang harus kamu miliki sebelum memasuki di dalam dunia kerja.

Serupa dengan kepercayaan, supaya dapat dicap sebagai individu yang fleksibel, kamu juga harus mendapatkan pengakuan dari berbagai pihak lain.

Maka itu, jika menginginkan sebuah pengakuan, kamu harus menunjukkan bahwa juga dapat berkontribusi yang sesuai dengan ekspektasi recruiter.

Sesungguhnya, karyawan yang terbaik adalah seorang individu yang gesit dan dapat menyesuaikan pendekatan dengan kepribadian seorang yang berbeda-beda.

Selain itu, kamu juga harus mampu mengubah jadwal ketika ada kepentingan lain dan dengan cepat memecah sebuah masalah dengan cepat.

Jika kamu sudah merasa seperti yang sudah dideskripsikan tersebut? Jika belum, masih ada waktu untuk mengembangkan diri, ko!

3. Bentuk Network Profesional

Melansir CipHR, persiapan yang harus dimiliki fresh graduate sebelum memasuk di dalam dunia kerja adalah network profesional yang memadai.

Sebagian besar perusahaan kini memiliki persona besar  di dalan dunia maya. Nah, melihat tren ini, penting bagi fresh graduate untuk melakukan hal yang serupa.

Memanfaatkan sebuah platform media sosial untuk membuat jaringan profesional dapat memungkinkan kamu agar mudah terhubung dengan para seseorang yang profesional.

Selain itu, trik-trik ini juga akan membuat pencarian pekerjaanmu akan menjadi lebih ringan.

Baca Juga: 3 Hal Penting dalam UU Ketenagakerjaan, Hak dan Kewajiban bagi Pekerja

Ketika kamu sedang membuat jaringan network, janganlah kamu ragu untuk mencantumkan kelebihan dan meminta rekomendasi dari orang-orang yang berada dalam jaringan tersebut.

4. Simpan Pengalaman di Jurnal

Untuk seluruh pengalaman kerja dan studi yang telah dilewati kamu catat dalam sebuah jurnal.

Tidak perlu dicatat didalam buku, kamu bisa ciptakan tulisan jurnal di laptop, tablet, bahkan ponsel. Tujuannya  supaya jurnal dapat diakses dengan mudah diwaktu yang fleksibel.

Ketika kamu membuat jurnal, ada salah satu aturan yang perlu kamu terapkan bahwa setuap entri harus dimuali dengan pengalaman pertama kamu, dan diakhiri dengan pengalaman paling baru.

Dari pemaparan yang runtut ini, kamu bisa mengevaluasi skill yang kamu dapatkan, dan serta kekurangan yang masih bisa diperbaiki untuk lebih baik lagi.

Selain itu kamu juga harus merangcang recana untuk keinginan dimasa yang akan mendatang, seperti pekerjaan apa yang selaras dengan pengalaman, atau jenis-jenis keahlian baru yang ingin kamu pelajari mendalam.

5. Jangan Lupa Riset

Salah satu persiapan penting yang harus kamu miliki sebelum memasuki dunia kerja adalah dengan melakukan riset terhadap tempat kerjamu.

Setelah kamu mengetahui tipe pekerjaan dan kantor yang diinginkan, segera lakukan riset terhadap budaya kerja dan sifat orang-orang yang berada di dalamnya.

Hal seperti ini cukup penting agar kamu dapat cepat beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja pertama.

Karena sudah banyak situs yang menyediakan berbagai review sebuah perusahaan. Namun, jauh lebih baik jika kamu tanyakan pada teman atau network yang pernah di dedikasikan disana.

Itulah kelima persiapan yang harus kamu miliki sebelum memasuki dunia kerja.

Baca juga: 5 Etika yang Perlu Kamu Perhatikan saat Meeting di Kantor

Tentu tidak mudah untuk kamu yang sedang transisi dari masa perkuliahan ke dunia profesional. Akan tetapi, ada beberapa hal yang akan membuat proses perubahan lingkungan ini menjadi lebih ringan.

Dan yang terpenting adalah kegigihan menjadi kunci utama untuk terus beradaptasi meskipun dalam sebuah situasi kerja yang baru.

0
1585