Mengenal Voice Search sebagai Strategi SEO dipercaya untuk Tingkatkan Traffic

Google News
Voice Search Strategi SEO Tingkatkan Traffic
Voice Search Strategi SEO Tingkatkan Traffic

Jobnas.com – Optimisasi mesin pencari (SEO) sangat popular belakangan ini. Tapi tahukah kalian bahwa salah satu tren SEO untuk tahun 2021 adalah pencarian suara? Pencarian suara sebagai penggantiu kebutuhan pengguna untuk mengetikkan kata kunci ke dalam mesin pencari Google.

Katakan saja apa yang kalian cari dan itu akan muncul di layar ponsel kalian. Jadi apa sebenarnya pencarian suara itu? Seberapa penting untuk SEO dan bagaimana cara mengoptimalkannya?

Apa itu pencarian suara?

Pencarian suara adalah pencarian yang dilakukan oleh seseorang menggunakan suaranya. Jika kalian familiar dengan Google Assistant, kalian mungkin juga familiar dengan voice search.

Dengan alat ini, kalian tidak perlu repot mengetik kata kunci untuk mencari apapun di Google pencarian. Katakan saja apa yang ingin kalain cari dan Google akan menunjukkannya kepada kalian sesuai dengan apa yang kalian katakan.

Misalnya, berbicara dengan Asisten Google dengan frasa “Hai Google, cariin tempat wisata terdekat.” Google secara otomatis menampilkan beberapa wisata di dekat lokasi Anda. Seperti yang saya sebutkan di awal artikel, teknologi canggih seperti ini akan menjadi salah satu tren SEO tahun 2021.

Faktanya, sebuah studi Universitas Stanford yang dilaporkan oleh Neil Patel menilai teknologi pencarian suara ini tiga kali lebih cepat daripada mengetik di mesin pencari Google. Melihat hasil survei, sayang sekali jika tidak menerapkan strategi pencarian suara untuk memaksimalkan taraffic.

Cara Mengoptimalkan Pencarian Suara Dari pembahasan di atas, pencarian suara adalah salah satu taktik yang harus dimaksimalkan dalam SEO. Alasannya ialah ini akan membantu meningkatkan traffic situs web di masa mendatang.

Jadi bagaimana Anda mengoptimalkan pencarian suara? Apakah sama dengan optimasi SEO untuk halaman pencarian Google?

1. Pendaftaran dan Pengoptimalan Google Bisnisku

Jika kalian belum memiliki akun Google Bisnisku, maka kalian harus mendaftarkan akun bisnis kalian sekarang.

Biasnya Google akan menjawab pertanyaan pengguna melalui data dan profil Google Bisnisku. Selain itu, sebagian besar pengguna biasanya mencari bisnis terdekat.

Dengan begitu, kalian perlu memaksimalkan SEO lokal secara tidak langsung agar orang-orang di sekitar dapat dengan mudah menemukan kalian. Misalnya, jika jika membuka cafee atau wisata, masukkan alamat kalian di Google Bisnisku.

Ini akan menempatkan alamat di Google Maps sehingga kalian dapat dengan mudah menemukannya. Tambahkan alamat kalian plus profil Google Bisnisku lainnya seperti jam buka, foto produk, dan kategori produk.

2. Pastikan Situs Web Tidak Lambat

Menurut kebiasaan kebanyakan orang yang melakukan penelusuran suara biasanya menggunakan perangkat seluler mereka saat bepergian. Oleh karena itu, antara lain, kita perlu mengoptimalkan kinerja situs web kita, apakah itu mobile-friendly atau tidak.

Jika kecepatan loading masih lambat, ketika pengguna melakukan pencarian suara, maka secara otomatis mereka akan beralih ke situs web yang lain yang lebih sat set. Kecepatan situs web juga menentukan Traffic web kalian.

3. Fokus pada Pencarian Kata Kunci Umum

Kata kunci Khusus atau begitu pendek dianggap kurang kurang relevan dengan pencarian suara. Oleh karena itu, ketika mengoptimalkan pencarian suara, cobalah untuk fokus pada pencarian kata kunci umum yang lebih panjang.

Dengan begitu orang yang mencaarinya akan sangat mudah untuk menemukannya. Lakukan pencarian kata kunci umum, lalu lakukan studi yang lebih mendalam tentang tren pencarian suara untuk kata kunci tertentu.

Misalnya, kata kunci Baju, Kaos, dan Celana. Kebanyakan orang mungkin mencari dengan pencarian suara menggunakan beberapa kata kunci yang cocok seperti:

  • Celana panjang atau pendek Pria
  • Keterampilan apa yang kalian butuhkan untuk Pemasaran

4. Buat konten yang menjawab pertanyaan pengguna

Bisa kalian lakukan dengan membuat konten yang menjawab pertanyaan. Saat membuat konten, ingatlah bahwa kualitas adalah hal yang paling utama. Pastikan kalian telah memilih kata kunci yang tepat.

Sebab konten yang menguntungkan pengguna dipilih oleh Google untuk memasukkan cuplikan unggulan. Secara otomatis para pengguna akan mengklik halaman kalian ketika pengguna melakukan pencarian suara.

Baca juga: Apa itu Rich Snippet? Ini Penjelasannya!

Tunggu apa lagi buatlah akunmu sesuai dengan arahan yang telah disampaikan oleh artikel Jobnas.com di atas. Supaya traffikmu akan naik.