Apa itu Rich Snippet? Ini Penjelasannya!

Rich Snippet

Jobnas.com – Mengenai optimasi mesin pencari (SEO) tidak cukup dengan kata kunci. adapun upaya yang dapat dilakukan bisa kalian lakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah penggunaan Rich Snippet.

kalian mungkin pernah melihatnya, biasanya dapat Rich Snippet ini sering ditemukan di mesin pencari Google. Jika kalian belum mengenalnya pasti kata-kata ini terasa asing. Padahal bagi para pengiat website kata-kata ini sangat Familiar.

Kini artikel Jobnas akan membahas seputar apa itu Rich Snippet dan Mempelajari peran penting yang dimainkannya dalam memaksimalkan seo. Artikel kali ini sangat cocok untuk kalian yang mempunyai minat atau sedang menekuni website.

Apa Itu Rich Snippet?

Sebuah istilah yang digunakan untuk menentukan penyajian data yang ditampilkan di halaman pertama Google. Sederhanya, adalah markup data terstruktur yang dapat ditambahkan oleh pemilik situs web ke kode HTML mereka yang ada.

Penambahan ini memungkinkan search engine atau mesin pencari untuk lebih memahami informasi yang disajikan pada suatu halaman web. Dengan adanya Rich Snippet tujuannya memberikan informasi yang lebih lengkap dan sederhana guna membantu pengguna menemukan apa yang mereka cari dengan lebih cepat dan dalam waktu yang lebih singkat.

Rich Snippet ini tidak hanya memberikan informasi yang terkandung dalam konten web kepada pengguna saat situs web muncul di SERP Google. Juga berguna membagikan informasi konfirmasi dan lain sebagainya.  Informasi yang ditampilkan biasanya merupakan hasil pencarian penting. Seperti penelusuran resep, orang tertentu, dll.

Mengapa Rich Snippet Penting untuk SEO

Rich Snippet serupa dengan iklan hasil penelusuran yang menonjol dari jenis cuplikan lainnya. Hanya dengan melihat Rich Snippet, kalian bisa mendapatkan gambaran tentang isi halaman dan apakah cocok dengan apa yang kalian cari.

Jenis Konten yang Dapat Menggunakan Rich Snippet

1. Peringkat

Jenis konten yang dapat ditampilkan menggunakan Rich Snippet tentu saja adalah peringkat. Ulasan yang ditampilkan oleh mesin pencari dapat berupa individu atau gabungan.

2. Selebriti

Orang yang sudah memiliki informasi yang cukup dan jelas di Internet dapat ditampilkan dengan Rich Snippet.

Profil biasanya ditampilkan dengan beberapa properti umum seperti nama, jabatan, majikan atau organisasi yang terkait dengan orang tersebut, dan informasi kontak.

3. Produk

Ini adalah salah satu konten yang dapat mengambil manfaat dari Rich Snippet. Properti yang ditampilkan oleh Rich Sneppet tentang produk biasanya mencakup nama, foto, merek, deskripsi, dan ulasan.

Selain itu, kalian sekarang dapat mencari nama produk tertentu untuk melihat kisaran harga produk.

4. Organisasi Perusahaan

Informasi yang ditampilkan dalam rich snippet ini adalah nama perusahaan, alamat dan website, nomor telepon dan lokasi.

5. Resep

Banyak orang melihat manfaat rich snippet saat mencari resep. Rich snippet menampilkan berbagai informasi, termasuk: Peringkat, waktu memasak, informasi nutrisi, dll.

Cara Menampilkan Rich Snippet

Pertama, Mengidentifikasi Properti yang Diperlukan

Penting untuk mengetahui properti konten yang cocok dengan properti situs web. Data yang ditampilkan mempengaruhi visibilitas perusahaan. Jadi pastikan data Anda selengkap dan serelevan mungkin.

Kedua, Pilih Spesifikasi Markup

Anda dapat menggunakan markup yang berbeda untuk mendeskripsikan data terstruktur. kalian dapat memilih dari tiga spesifikasi markup: di antaranya microdata, JSON-LD, dan RDFa.

Ketiga, Monitor Rich Snippets

Tidak ada jaminan kapan Google akan menampilkan rich snippet di website kalian. seperti biasanya tergantung pada seberapa sering kalian mempublikasikan konten dan seberapa sering Google merayapi halaman web kalian. Dibutuhkan setidaknya satu minggu atau lebih agar rich snippet muncul di SERP Google.

Keempat, Buat Markup Data Terstruktur

Untuk melihat cuplikan kaya, penting untuk melihat kode markup.

Minimal, Anda harus memasukkan nama organisasi, logo, dan informasi URL untuk ditampilkan dengan benar.

Kelima, Menentukan jenis konten

Saat melihat Rich Sneppet, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis konten. Di Google, setelan ini berada di bawah Perusahaan & Organisasi. Hal ini memungkinkan Google untuk menampilkan informasi menurut jenis konten.

Keenam, Menguji Markup Data Terstruktur

Tentu saja, untuk menampilkan Rich Sneppet dengan benar, kalain perlu memastikan markup data terstruktur ditulis dengan benar.

Untuk memastikan bahwa kalian telah membuat markup data terstruktur yang tepat, kalian dapat menjalankan verifikasi kode menggunakan Alat Pengujian Data Terstruktur Google.

Berikut ini ringkasan singkat perihal rich snippet. rich snippet tampaknya tidak berdampak banyak pada SEO, tetapi memaksimalkannya bisa menjadi signifikan.

Baca juga: Model Bisnis Berlangganan; Model Bisnis Terbaik untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan 

Jika kalian tertari dengan konten jobnas kali ini, kalian bisa terus mengikuti konten-konten selanjutnya. Jobnas menampilkan artikel seputar dunia bisnis, pekerjaan, dan lain semacamnya. Kalian bisa menvari tahu dan membacanya di blog jobnas yang telah disediakan.

0
132