Triple Constaint; Project Management yang Perlu Kalian Pelajari

Google News
Triple Constaint
Triple Constaint

Jobnas.com – Ketiga batasan ini secara sederhana dapat dilihat sebagai anggaran yang pas-pasan. Dalam manajemen proyek, ketiga kendala tersebut merupakan tiga aspek atau batasan yang paling penting untuk dipertimbangkan.

Anggaran memaksa kalian untuk mengetahui batasan, apa yang harus kalian beli, dan juga menemukan cara untuk “lebih pintar”.

Ingin tahu lebih lanjut tentang tiga terpenting itu? Di sini lain Jobnas akan menjelaskan masing-masing batasannya, dan mengapa penting dalam manajemen proyek?

Maka dari itu kalian bisa baca artikel ini!

Apa itu Triple Constaint?

Yang paling utama langkah mengetahui Triple Constaint ini Jobnas terlebih dahulu ingin menunjukkan bahwa Triple Constaint memiliki beberapa istilah lain. Yaitu, Project management triangle, iron triangle, dan project triangle.

Jika melansir pendapat TechTarget, tiga kendala tersebut merupakan model yang menggambarkan tiga kendala utama dalam manajemen proyek. Tiga kendala yang dimaksud adalah ruang lingkup, jadwal atau waktu, dan biaya. Sekilas, ketiga hal ini bisa dikatakan menjadi andalan setiap proyek.

Bahkan manajer proyek terhebat pun tidak dapat menjalankan tugasnya secara efektif tanpa ketiga batasan ini. Tanpa timeline, scope dan biaya yang jelas, tentunya manajemen proyek akan lebih sulit, bukan?

Nah, ketiga batasan ini saling bergantung, artinya saling bergantung satu sama lain. Misalnya, ruang lingkup proyek telah diperluas. Otomasi membutuhkan lebih banyak biaya, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mempersiapkan, atau setidaknya dikonfigurasi ulang.

Jika suatu proyek tiba-tiba harus diselesaikan lebih cepat, tentu akan ada perubahan biaya dan ruang lingkup pekerjaan.

Mengapa Ini Sangat Penting?

Yang menjadi alasan utama mengapa triad sangat penting untuk proyek apa pun adalah fleksibilitas. Mungkin kalian bingung mengapa sebenarnya kontur menciptakan fleksibilitas.

Ketika ada batasan tertentu pada ruang lingkup, anggaran dan jadwal, ketika ada perubahan yang tidak terduga, proyek akan selalu diselesaikan dalam batas yang telah ditentukan. Misalnya, jika ada masalah anggaran yang tidak sesuai dengan ruang lingkup proyek. Anda akan “dipaksa” untuk berkreasi dan menemukan celah sendiri.

Pada hakekatnya, ketiga batasan tersebut merupakan batasan yang menjadi kerangka kerja dalam suatu proyek. Setiap anggota tim menggunakannya sebagai panduan, bahkan saat terjadi masalah.

Penjelasan Tentang Batasan dalam Ikatan Triple Constaint

1. Biaya/Cost

Dari ketiga kendala tersebut, biaya menggambarkan kendala biaya (anggaran) untuk setiap proyek. Banyak faktor yang mempengaruhi perhitungan biaya ini, mulai dari pembayaran orang yang mengerjakan proyek, hingga faktor eksternal yang tidak terduga.

Apakah proyek itu besar atau kecil, menggunakan alat manajemen proyek yang tepat sangat penting untuk membuat penetapan biaya lebih mudah dan tetap akurat. kalian hanya perlu memilih metode yang ingin kalian gunakan.

Mungkin pilihannya jatuh pada data historis, yakni dengan melihat perhitungan biaya proyek serupa. Analisis kualitas juga dapat berfokus pada biaya penggunaan kualitas terbaik dari setiap aktivitas.

2. Bidang aplikasi/Scope

Yang menjadi batasan kedua dari ikatan rangkap tiga adalah ruang lingkup atau ruang lingkup. Batasan ini berisi apa yang perlu dilakukan agar proyek dapat berjalan dengan lancar. Adapun intinya, segala sesuatu dalam ruang lingkup proyek harus ditulis agar hal itu terjadi.

Tentu kalian harus memilih mana yang didahulukan, mana yang dapat didahulukan. Hal ini sangat penting, agar energi dan seluruh sumber daya yang dimiliki dapat digunakan secara lebih efisien dan efektif. Apakah kalian merasa bahwa beberapa misi lebih sulit daripada yang lain? Usahakan untuk menyelesaikan proyek lebih awal agar proyek berjalan lancar dan sesuai jadwal.

3. Time/Waktu

Keterbatasan ketiga dari triple link adalah waktu atau perencanaan dalam manajemen proyek. Penjadwalan ini penting agar proyek dapat dilaksanakan sesuai dengan keinginan klien, pemangku kepentingan, dan pihak-pihak kunci lainnya.

kalian dapat menggunakan bagan Gantt, struktur rincian kerja (WBS), dan berbagai proses manajemen waktu untuk mengatur jadwal ini. Namun, dengan bagan Gantt, semuanya diperbarui secara otomatis setiap kali anggota tim menyelesaikan tugas. Sangat mudah bukan?

Berikut penjelasan lengkap tentang ikatan rangkap tiga yang biasa dikenal dengan segitiga besi atau segitiga manajemen proyek. Intinya, triple link adalah batasan atau pedoman yang akan mempercepat suatu proyek, sesuai rencana awal.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Menghadapi Rekan Kerja yang Mempunyai Niat Menjatuhkanmu

Kalau kalian masih menginginkan informasi seperti yang ada di artikel ini, kalian bisa mencoba mendaftarkan email kalian kemudian berita informasi dan tips penting lainnya akan dikirimkan langsung ke kotak masuk kalian setiap pekan.