4 Cara Ampuh Menghadapi Rekan Kerja yang Mempunyai Niat Menjatuhkanmu

Google News
Menghadapi Rekan Kerja yang Mempunyai Niat Menjatuhkanmu
Menghadapi Rekan Kerja yang Mempunyai Niat Menjatuhkanmu

Jobnas.com – jika kita kelihatan lebih profesional dari yang lainnya. Pasti akan ada insiden yang membuat kalian bertanya bagaimana menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan. Karena pada dasarnya, jika mengutip sebuah pepatah kuno, “semakin tinggi pepohonan, maka semakin kencang juga angin yang meniupnya”.

Persaingan sehat bisa menjadi hal yang biasa. Orang pasti ingin menjadi yang terbaik, terutama di lingkungan kerja. Namun, terkadang ada orang yang sudah teracuni dan akan melakukan apa saja untuk menjadi yang terbaik.

Karena mereka tidak mengerti bagaimana bersaing secara sehat, dan mereka hanya saja fokus pada persaingan tersebut, bukan pada tujuan akhir. Maka bisa jadi mereka melakukan apa yang mereka mau tanpa berpikir panjang.

Jika kalian merasa tidak nyaman dengan rekan kerja seperti ini,kalian tak usah hawatir. Jobnas sudah menyediakan penangkalnya.

1. Tidak Usah Mengikuti Permainan

Adapun cara pertama untuk menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan kita adalah dengan tidak mematuhinya. Dengan kata lain, jangan main-main. Saat melempar Monster, orang yang memukul orang di tempat kerja sering melakukan semuanya dengan harapan agar mereka terlihat lebih baik.

Terkadang mereka juga melakukannya karena tidak yakin dengan tempatnya di kantor. Dengan cara ini, mereka menunjukkan kekurangan rekan lainnya. Cobalah untuk mengabaikannya, karena yang terpenting adalah Anda melakukan pekerjaan kalian dengan baik.

2. Fokus pada Diri Sendiri

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jangan masuk ke permainan yang dimainkan rekan kerja kalian. Dan cara yangkedua, berfokuslah pada diri sendiri adalah cara paling efektif untuk menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan kalian.

Fokus hanya pada diri kalian sendiri, pada tujuan yang ingin kalian capai dan bagaimana kalian bisa mencapainya. Pada akhirnya, yang akan dilihat atasan kalian adalah kinerja kalian sendiri, bukan persaingan yang tidak sehat.

Cobalah untuk menanamkan gagasan bahwa kalian harus lebih baik dari diri kalian sendiri dan bukan orang lain.

3. Cobalah Berbicara dengan Rekan Kerja

Cara yang ketiga, menghadapi rekan kerja yang ingin merendahkan kita selanjutnya adalah dengan membicarakannya secara langsung. Terkadang mereka tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan itu mengganggu dan tidak baik untuk orang lain.

Misalnya, rekan kalian yang mendiskusikan ide dalam rapat mengatakan “Saya ini, saya itu”, padahal idenya bukan dia.

Segera minta waktu untuk berbicara sambil bertatap muka, sambil bertanya: “Saat pertemuan terakhir, anda berulang kali menggunakan kata ‘saya’ saat mendiskusikan ide yang kita berdua kembangkan. Anda mungkin tidak mengetahuinya, tapi menurut saya, itu tidak adil.

Menurut The Muse, kalian harus memilih kata-kata dengan bijak saat mengambil langkah ini. Dan ada contoh lain yang mungkin lebih ekstrim, tapi itulah intinya. Biarkan dia tahu apa yang dia lakukan salah dan bagaimana kalian salah. Mari kita coba bicara secara pribadi. Jangan membuat konflik di tempat umum.

4. Melapor ke Manager atau HRD

Cara menghadapi rekan kerja yang ingin menjatuhkan kita adalah dengan melaporkannya kepada atasan kita. Jika itu menghambat produktivitas.

Seperti yang telah disebutkan di awal, tipe orang seperti ini sering merendahkan orang lain dengan harapan agar mereka terlihat lebih baik. Jika bos kalian tidak memperhatikan dengan seksama, dia mungkin percaya apa yang dikatakan rekan kerjanya.

Oleh karena itu, kalian dapat melaporkan masalah tersebut kepada manajer atau HRD. Persiapkan semua detail yang diperlukan dan fokuslah pada fakta bahwa apa yang dilakukan kolega kalian karena itu semua bisa menghambat pertumbuhan atau produktifitas kita.

Yang perlu dicatat, jangan terdengar seperti sedang mengeluh. Mintalah solusi tentang apa yang terbaik yang dapat kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini. Ini adalah berbagai jenis saran yang dapat kalian ikuti dan lakukan apakah rekan kerja sengaja atau tidak sengaja mencoba menjatuhkan kalian. Pada dasarnya, fokuslah pada diri sendiri dan apa yang dapat kalian capai.

Baca juga: Apa Saja yang Diperiksa saat Medical Check Up untuk Kerja?

Jangan terlibat dalam permainan yang tidak penting dan hanya akan membuat kalian stres di kemudian hari. Jika kalian mau tahu tips lainnya untuk menghadapi rekan kerja yang berperilaku seperti ini maka kalian jangan lewatkan informasi dari Jobnas yang terbit setiap hari.