Inilah 4 Tips KPR Ala Jobnas, Jangan Salah Pilih Biar Tidak Menyesal

Google News
Inilah 4 Tips KPR Ala Jobnas, Jangan Salah Pilih Biar Tidak Menyesal
Inilah 4 Tips KPR Ala Jobnas, Jangan Salah Pilih Biar Tidak Menyesal

Jobnas.com – Dampak dari covid-19 memiliki dampak negatif di berbagai sektor. Sebelum memilih kpr rumah bersama keluarga, kalian harus mencari tahu dulu saran dan tips apa saja yang kalian butuhkan.

Mengacu pada penjelasan Kontan pemerintah akan menyubsidi bunga KPR untuk menalangi perusahaan di bidang perumahan. Upaya tersebut harus didukung oleh berbagai pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, pelaku perdagangan, dan perbankan.

Manfaat KPR bagaikan angin segar bagi mereka yang ingin segera memiliki rumah. Meski begitu, ada beberapa hal lain yang tetap perlu diperhatikan sebelum KPR.

Berikut adalah beberapa tips hipotek yang telah disiapkan Jobnas untuk kalian semua.

1. Ketahui Spesifikasi Rumah dan Sejarah Bank

Tips selanjutnya dalam memilih KPR adalah dengan mengetahui sejarah bank dan pengembang real estate yang menawarkan KPR. Saat ini sudah banyak bank yang menawarkan produk pinjaman KPR. Dari banyaknya tawaran tersebut tentunya akan membuat kalian cukup bingung ketika harus memilih.

Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan sedikit riset mengenai detail program KPR yang ditawarkan oleh bank-bank tersebut dan kredibilitas para pemasang iklan. Setelah memastikan riwayatnya, kalian juga perlu mengetahui spesifikasi rumah gadai yang diajukan.

Ketahui letaknya, jarak antara tempat kerja dan sekitarnya. Selain itu, kondisi rumah juga perlu diperhatikan. Misalnya, jika kondisi KPR tidak sesuai dengan harapan kalian, sebaiknya jangan terburu-buru mendapatkannya. kalian dapat mencari contoh KPR lain untuk membandingkannya.

2. Pertimbangkan Opsi Jangka Waktu Pembayaran

Selanjutnya, kalian juga harus mempertimbangkan dengan hati-hati memilih jangka waktu pembayaran. Alasannya karena mempengaruhi jumlah cicilan yang harus kita bayarkan. Bila kalian memilih jangka panjang, jumlah pembayaran biasanya tidak akan terlalu tinggi.

Namun, jika dijumlahkan, kalian tetap akan mengeluarkan biaya yang signifikan karena pembayaran bunga yang besar. Namun opsi jangka panjang ini akan meringankan arus kas keuangan kalian karena jumlah cicilan yang tidak terlalu merogoh kocek.

Sedangkan jika memilih jangka pendek, biaya cicilannya memang akan cukup besar. Jadi, jika kalian memiliki penghasilan bulanan yang rendah, kalian harus menghindari penggunaan jangka pendek ini karena dapat merepotkan.

Akan tetapi, jika kalian memiliki penghasilan cukup atau lebih dan ingin membeli rumah untuk investasi, kalian bisa mempertimbangkan hal ini. Jika tujuannya adalah untuk berinvestasi, lebih cepat lebih baik. Namun, jika rumah pertama dan penghasilan pas-pasan, tidak ada salahnya mencicil dalam jangka waktu yang lama.

3. Bandingkan Suku Bunga KPR

Seperti yang dijelaskan CNBC, ada dua jenis suku bunga, tetap dan mengambang.

Membandingkan suku bunga adalah salah satu tips pinjaman KPR yang harus kalian perhatikan. Alasannya, suku bunga merupakan salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap besarnya cicilan yang harus kita bayarkan setiap bulannya.

Ketika kalian memilih hipotek dengan suku bunga tetap, jumlah pembayarannya akan relatif lebih rendah. Namun perlu diingat, hal tersebut tidak berlangsung selamanya, biasanya hanya untuk 2-3 tahun pertama saja.

Selama periode tersebut, suku bunga floating dapat berubah tergantung pada suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Sebelum memilih KPR, sebaiknya kalian menghitung dengan cermat besaran bunga yang harus dibayarkan agar tidak menjadi beban di kemudian hari.

4. Pastikan kalian Mampu Membayar

Sebelum kalian mulai mengambil KPR, ada satu hal utama yang perlu dipertimbangkan, dan itu adalah solvabilitas. Jika situasi keuangan kalian tidak stabil, jangan terburu-buru untuk mendapatkan KPR.

Kalian harus mengalokasikan 30% dari penghasilan kalian untuk mempersiapkan KPR. Jangan lupa bahwa ketika kalian memutuskan untuk mengambil hipotek, kalian wajib mencicil setiap bulan sampai lunas.

Oleh karena itu, kalian harus mempersiapkan keuangan sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk mengambil KPR.

Jika kalian sudah mengetahui tips-tips yang sudah dijelaskan Jobnas di atas. Setelah membaca tips memilih KPR tentunya, apakah kalian merasa semakin ingin segera memiliki rumah? Memiliki rumah tentu menjadi impian setiap orang. Inilah sebabnya sebelum mengajukan KPR, kalian harus hati-hati meninjau hal-hal di atas.

Baca juga: Inilah 4 Penyebab Generasi Millennial Banyak Hutang

Tips yang diperkenalkan Jobnas di atas ini supaya kalian tidak merasa menyesal karena telah membuat pilihan yang salah. Entah itu karena pilihan tempat tinggal atau karena sulitnya melakukan pembayaran.

Jika kalian mempunyai keinginan perihal saran tentang manajemen keuangan? Kalian dapat terus mengikuti konten kami. Selain cara itu biar lebih praktis kalian bisa mendaftarkan diri kalian di Blog kami.