Inilah 4 Penyebab Generasi Millennial Banyak Hutang

Inilah 4 Penyebab Generasi Milenial Banyak Hutang

Jobnas.com – Sekarang, rata-rata generasi millennial sudah bekerja dan mendapatkan penghasilan bulanan. Ini juga salah satu alasan mengapa mereka membuang lebih banyak. Sebutan ini dikenal sebagai sebutan generasi paling boros. Apa sih yang membuat mereka banyak hutang?

Mungkin ini adalah jawabnnya mereka tidak hanya belanja offline, generasi ini juga sangat gemar belanja online. Bahkan survei Katadata mengungkapkan bahwa Milenial dan Generasi Z lebih suka bertransaksi di e-commerce.

Dari survei tersebut, diketahui generasi milenial mendominasi transaksi belanja di e-commerce dan berani membeli barang dalam jumlah nominal yang besar. Transaksi berlebihan ini akhirnya membuat generasi milenial lebih boros. Bahkan seringkali juga membuat mereka terlilit hutang yang sangat banyak.

Cara untuk menghindarinya, kalian bisa coba cari tahu dulu apa yang menyebabkan generasi milenial terlilit utang.

1. Tergantung pada Kartu Kredit

Penyebab terjadinya keborosan yang kedua, Kartu kredit juga bisa menjadi sumber beban utang bagi kaum milenial, apalagi jika kalian menggunakannya sembarangan tanpa memikirkan akibatnya. Sebelum melakukannya, kalian harus mengetahui dulu kelebihan dan kekurangan kartu kredit. Jadi ketika kalian menggunakannya, kalian bisa lebih bijak.

Pembelian kartu kredit sebaiknya untuk barang-barang yang benar-benar kalian butuhkan untuk kebutuhan sehari-hari. Misalnya untuk membeli mesin cuci, laptop atau kebutuhan mendesak lainnya.

Namun, kalian tidak boleh menggunakan kartu kredit hanya untuk melakukan pembelian bulanan, membayar makanan di kedai kopi, atau bahkan membeli pakaian mahal. Ingatlah bahwa kalian wajib membayarnya kembali, jadi pikirkan baik-baik sebelum menggunakan kartu kredit.

2. Terlalu Sering Keluar

Ngopi bareng teman sepulang kerja atau sepulang kuliah memang menyenangkan. Namun, jika dilakukan setiap hari, pasti akan boros. Setelah lelah bekerja dan dikejar deadline, akan lebih menyenangkan jika kita menenangkan diri dengan bertemu teman.

Kebiasaan jalan-jalan generasi millennial atau dikenal dengan sebutan BPS menjadi salah satu penyebab menurunnya pembelian pakaian di tahun 2019. Menghabiskan makanan dan minuman kopi bisa menjadi penyebab pemborosan.

Apalagi jika kalian melakukannya hampir setiap hari, maka tentunya sangat buruk bagi keuangan kalian.

3. Tidak Ada Keinginan Untuk Berinvestasi

Ketika kalian ingin mengalokasikan uang untuk berinvestasi, tentunya kalian bisa mengurangi pemborosan. Sayangnya, sangat sedikit generasi milenial di Indonesia yang mau mencoba berinvestasi.

Laporan Tirto, survei bertajuk The Future of Currency menggambarkan fakta bahwa hingga 44% generasi milenial Indonesia berinvestasi hanya sekali dalam satu atau dua tahun. Selain itu, tambahan 20% generasi milenial diketahui tidak pernah berinvestasi.

Dari hasil survei di atas terlihat bahwa anak muda di Indonesia masih belum begitu tertarik untuk berinvestasi. Inilah mengapa mereka lebih cenderung menggunakan uang mereka untuk membeli barang atau bepergian.

Kalaupun diinvestasikan, tentu akan lebih menguntungkan di kemudian hari. Saat ini, ada banyak jenis investasi milenial yang bisa kalian coba. Jadi cari tahu investasi mana yang paling cocok untuk kalian dan cobalah.

4. Ikut Arus Gaya Hidup Teman

Alasan nomor empat milenial sering terlilit utang adalah karena mengikuti gaya hidup teman-temannya. Persahabatan itu penting, tapi bukan berarti kamu harus mengikuti gaya hidup temanmu. Apalagi jika pilihan gaya hidup mereka tidak sesuai dengan kantong kalian.

Sekarang setelah kalian dewasa, kalian akan dapat memilih gaya hidup yang lebih bijak. Jangan tolak ajakan teman karena alasan yang salah, nanti kehabisan uang.

Misalnya, belajarlah mengatakan “tidak” jika kalian diminta untuk bepergian. Jika dia teman yang baik, dia mungkin akan mengerti apa yang kalian maksud dengan mengatakan tidak.

Jadi mulai sekarang jangan pernah coba-coba ikut gaya hidup mahal teman-temanmu lagi jika tidak ingin menyia-nyiakannya.

Ini dia empat alasan-alasan kenapa generasi millennial sering terlilit hutang. Jika kalian tidak ingin berhutang, kalian pasti harus menjauhi hal-hal di atas. Menabung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, jika kalian tidak bisa menabung, maka kalian tidak akan sehat secara finansial.

Baca juga: Syarat Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Lengkap

Jika kalian masih ragu dengan penyebab terjadinya pemicu hutang yang telah disebutkan Jobnas di atas. Kalian bisa mulai bercerita tentang masalah kalian di tempat kerja atau ketika kalian kesulitan mengelola keuangan di Blog Jobnas.

Caranya kalian bisa bergabung sekarang dan mulailah berbagi pengalaman kalian di Jobnas Community.

0
317