Tingkatkan Kinerja Tim Melalui Strategi Pelatihan Sales Coaching

Google News
Strategi Pelatihan Sales Coaching
Strategi Pelatihan Sales Coaching

Jobnas.com – Untuk meningkatkan suatu kecakapan karyawan, pelatihan dalam bidang pekerjaan adalah hal yang sangat signifikan untuk dilakukan, salah satunya melalui coaching di bidang sales. Suatu strategi yang dapat dilakukan oleh sales manager jika ingin tim yang dikelola lebih produktif dan sukses. Lalu, apa saja yang mesti dilakukan agar melakukan coaching dapat berhasil ?. Yuk, simak penjelasan Jobnas.com berikut ini !

Pengertian Sales Coaching

Secara definitif, sales coaching merupakan sebuah proses pelatihan yang dilakukan sales manager pada sales representative. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa kerja sales representative. Pasalnya, strategi ini dinilai usaha yang sangat efektif dibanding hanya memberitahu bawahan apa yang perlu mereka lakukan sehingga target perusahaan dapat dicapai atau bahkan terlampaui.

Seperti dilansir dari HubSpot, sales coaching yang baik adalah proses yang kontinu dan dilakukan secara individu sehingga semakin mudah diingat. Di samping itu, coaching yang dilakukan mesti bertujuan untuk memperbaiki perilaku atau usaha yang selama ini dinilai kurang efektif. Dalam konteks ini, coaching harus mampu meningkatkan kemampuan tim sales yang menjadi tanggung jawabmu tidak hanya berorientasi pada peningkatan angka target yang tercapai.

Baca Juga : Ingin Jadi Sales Representative yang Profesional? Wajib Kuasai 5 Skill Ini

Berikut ini merupakan beberapa teknik coaching yang dapat dilakukan oleh tim sales mana pun. 

Teknik Sales Coaching

1. Menggunakan Data

Pemanfaatan teknologi dan data adalah cara yang sangat membantu untuk mengetahui aspek-aspek apa saja yang tim sales-mu bisa kembangkan. Software CRM atau software sales lainnya merupakan salah satu hal yang bisa kamu gunakan. Melalui software-software tersebut, metrik konversi setiap bulannya bisa kamu ketahui. Identifikasi apa saja yang meningkat atau justru menurun dan pahami mengapa perubahan-perubahan ini terjadi.

2. Kombinasi Gaya Coaching

Kamu perlu mencari gaya variatif ketika kamu menggunakan sales coaching, karena proses yang dilakukan terus-menerus. Untuk itu, ada beberapa gaya coaching yang bisa dicoba, beberapa di antaranya adalah:

  • Strategic coaching: Strategic coaching dilakukan untuk mengajarkan penjualan ke pasar yang spesifik serta bagaimana melaksanakan proses pembelian yang kompleks.
  • Tactical coaching: Tactical coaching adalah bimbingan mengenai bagaimana memulai hubungan dengan konsumen dan lain-lain.
  • Specific skill coaching: Tipe coaching ini bisa dilakukan untuk membantu sales representative meningkatkan komunikasi dan strategi penjualan lainnya.

3. Ajak Partisipasi

Teknik yang baik agar tim salesmu dapat berinisiatif dan mendukung proses sales coaching adalah dengan mengajak partisipasi. Ajaklah mereka dalam proses pengembangan diri dan tim yang dilakukan, alih-alih menyuruh mereka melakukan sesuatu untuk meningkatkan performa. Selain itu, kamu bisa menanyakan apa yang bisa mereka kembangkan serta bagaimana performanya selama ini. Oleh karenanya, kamu harus sering mengadakan meeting one-on-one antara sales coach dan sales representative.

Baca Juga : Advertising/">Hati-hati dengan Penggunaan False Advertising, Bisa Berdampak Buruk

4. Sharing Antar Anggota Tim

Tawarkan dia untuk berbagi pada sales lainnya, jika ada salah satu anggota sales representative yang performanya menonjol. Hanya dengan cara seperti itu, mereka bisa belajar dari rekan setim dan meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik.

Tools Sales Coaching

Untuk meningkatkan dan menyederhanakan teknik sales coaching agar lebih efektif, ada banyak tool maupun sarana yang bisa digunakan. Tool-tool ini bisa digunakan sendiri-sendiri maupun bersamaan satu dengan yang lainnya. Tool-tool tersebut adalah : 

1. Chorus.ai

Untuk menyederhanakan proses penyusunan taktik dan rencana coaching berdasarkan data dari lead dan pelanggan kamu bisa menggunakan Chorus.ai yang menawarkan fitur artificial intelligence (AI).

Baca juga: Cara Buat Tangan Digital di PDF

2. Gong

Agar interaksi sales dengan pelanggan dapat ditinjau dan diidentifikasi dengan baik adalah dengan menggunakan Gong. Karena software ini menggunakan conversation intelligence capabilities. Sehingga, sales manager bisa mengidentifikasi tindakan-tindakan yang baik maupun yang kurang tepat dalam upaya sales.

3. Showpad Coach

Software yang memang khusus dibuat untuk coaching dan training adalah Showpad Coach. Software ini bisa mengatur setiap anggota timmu. Selain itu, juga bisa digunakan untuk mengulas data analitik yang berguna untuk proses coaching. 

4. ExecVision

ExecVision adalah conversation intelligence program yang sangat berguna untuk coaching tim dalam jumlah besar. Selain itu, software ini  dapat mempermudah analisis dan manajemen proses coaching secara komprehensif.

Baca Juga : Ingin Jadi Sales Representative yang Profesional? Wajib Kuasai 5 Skill Ini

Itulah beberapa hal terkait pelatihan sales coaching yang sudah dijelaskan  Jobnas.com. Sudahkah kamu lebih paham mengenai sales coaching? Proses ini adalah hal yang sangat bermanfaat untuk kesuksesan timmu. Jadi, aplikasikan pengetahuan baru ini untuk meningkatkan performa sales perusahaanmu, ya.

Di Jobnas.com, masih ada banyak tips-tips di bidang sales yang bisa dipelajari, lho.