Dalami Stand-up Meeting, Supaya Kamu lebih Variatif, Kompak dan Produktif

Google News
Stand-up Meeting
Stand-up Meeting

Jobnas.com – jika kalian mendengar kata-kata rapat maka apa yang terlintas di benak kalian? Lelah atau kehilangan waktu? Mungkin begitu jawabannya.

Perlu kalian ketahui, Stand-up metting bukan hal yang seperti itu. Malah bisa membuat kalian lebi efisien, dan justru bisa meningkatkan produktivitas.

Apakah kalian ingin tahu tentang hal itu? Bacalah sampai tuntas penjelasan lengkap pada artikel kali ini.

Apa itu Stand-up Meeting?

Mari kita mulai dengan definisinya. stand-up meeting adalah berupa pengarahan atau rapat yang bisa dikatakan sangat begitu singkat.

Jenis pertemuan ini diatur sesuai dengan metode manajemen proyek Agile. Seperti yang dijelaskan Jobnas di atas tadi, pertenuab tersebut lebih unik dan bisa dilakukan sambil berdiri. Ya, posisi ini pasti menyakitkan dan membuatmu pegal-pegal. Memang pertemuan ini sengaja diadakan dan sengaja dikemas dalam posisi yang tidak nyaman agar durasi pertemuan tidak terlalu lama.

Biasanya stand-up meeting ini berlangsung setiap hari, sebelum anggota tim mulai menjalankan tugasnya masing-masing.

Topik yang dibahas dalam pertemuan itu juga sangat spesifik. Misalnya:

  1. Apa yang kalian selesikan kemarin?
  2. Apa yang bisa menjadi pengahmbat untuk menyelesaikannya?
  3. Untuk hari ini, apa yang akan kalian lakukan?

Selain metode Agile, pertemuan ini juga digunakan oleh orang-orang yang menganut metode Kanban. Metode seperti itu sering disebut dengan daily stand-up atau kanban harian.

Dilansir dari Scrum, pendekatan manajemen proyek Scrum juga memiliki Scrum harian yang serupa.

Meskipun demikian, kalian tetap bisa mengadakan pertemuan serupa tanpa pendekatan manajemen proyek. Siapa tahu, koordinasi tim Anda akan meningkat.

Manfaat Pertemuan Tatap Muka (Stand-up Meeting)

Tentu pertemuan ini tidak diadakan secara tiba-tiba. Pertemuan ini memiliki banyak fungsi untuk tim kalian.

Saya mencoba menrangkumnya dari ringkasan Agile Alliance dan Agile Business, mengenai fungsi stand-up meeting adalah:

1. Menjadi Bentuk Transparansi

Selama pertemuan ini, setiap anggota tim diberi kesempatan untuk berbicara oleh pemandu. Ini, tentu saja, membuat setiap peran menjadi transparan.

Dengan diadakannya secara demikian kalian akan tahu pekerjaan teman kalian dan sebaliknya.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Jelas, manfaat berbicara melampaui transparansi. Apakah kalian ingin membangun kepercayaan di antara anggota tim? Stand-up meeting adalah solusi atau salah satu jawabannya.

3. Cari Tahu Masalahnya

Ingatlah bahwa salah satu kunci dalam rapat berdiri adalah masalah yang dihadapi dalam pekerjaan. Dengan demikian, secara otomatis, fungsi pertemuan ini adalah untuk mengungkap atau mencari tahu masalah. Karena diadakannya dengan setiap hari, masalah ini juga bisa teratasi dengan cepat.

4. Menjaga Kekompakan Tim atau Kelompok

Setiap anggota tim memiliki jadwal sibuk mereka sendiri. Di tengah pekerjaan, standing meeting atau sebuah pertemuan yang ada setiap di pagi hari bisa jadi tempat berkumpul. Ini bisa menjadi pengingat bahwa anggota tim tidak sendirian. Dengan begitu mereka akan merasa memiliki rekan kerja yang siap membantu jika ada masalah apa bial tidak dapat menyelesaikannya.

Metode Mengadakan Rapat Berdiri

Faktanya, stand-up meeting adalah pertemuan yang sangat mudah untuk diatur. Melansir Atlassian, kalian dalam mengadakan pertemuan atau rapat ini cukup tinggal memilih tempat dan waktu pertemuan dan tempatnya.

Kemudian mintalah kesudian rekan satu tim kalian untuk berkumpul di tempat dan waktu tersebut. Setiap orang hanya harus menjawab tiga pertanyaan selama stand-up meeting, seperti yang sudah di sebutkan di atas tadi.

Selain pertanyaan yang tiga di atsa kalian bisa juga menambahkan pertanyaan lain perihal yang terkait,. Contohnya adalah “apa kabar hari ini?” atau pertanyaan lainnya.

Jadi, apakah kalian dan tim kalian bekerja dari jarak jauh? Kalau nyatanya demikian, kalian selalu bisa mengadakan stand-up meeting di mana saja dan kapan saja.

Pertemuan ini dapat diselenggarakan melalui aplikasi konferensi jarak jauh. Jika durasinya terlalu lama, Geekbot menjelaskan, kalian bisa menggunakan aplikasi komunikasi. Cobalah menjadwalkan rapat. Cukup jawab pertanyaan sambil berdiri secara bergiliran.

Anda juga bisa menggunakan alat, seperti, alat telemetri tersebut, contohnya adalah Dailybot, Olaph, Neo, I Done This, dan lain-lain.

Demikian penjelasan Jobnas mengenai pertemaun atau rapat yang sangat unik. Coba terapkan dan lakukan demi meningkatkan produktivitas tim kalian.

Stand–up meeting adalah satu dari sekian banyak cara membuat tim makin variatif dan kompak tentunya. Selain itu, masih ada banyak tips lainnya yang bisa kamu terapkan.

Baca juga: Ayo Kenali Stock Photo, Supaya Budgetmu Makin Kencang

Kalian bisa mempelajari semua itu dengan gratis. Caranya juga mudah, kalian tinggal membacanya di blog Jobnas.com dan bisa juga mendaftarkan diri supaya setiap kali ada kabar penting admin jobnas bisa langsung mengirimkan info tersebut di akun kalian.