Supaya Videomu Dilihat Banyak Orang, Pelajari Rahasia Algoritma YouTube

Google News
Rahasia Algoritma YouTube
Rahasia Algoritma YouTube

Jobnas.com – Salah satu kunci utama agar kontenmu dapat dinikmati lebih banyak orang adalah mengetahui rahasia di balik Algoritma YouTube, terlebih jika kamu sebagai seorang content creator. Dengan mempelajari rahasia algoritma YoutTube, videomu akan tampil paling atas di beranda pencarian dan dijadikan sebagai rekomendasi video yang perlu ditonton. 

Baca Juga : Pentingnya Pengembangan Pelanggan dalam Strategi Perencanaan Bisnis

Ketika sudah seperti itu, untuk menjangkau audiens agar masuk ke dalam target pasarmu tentu akan lebih mudah. Di artikel ini, Jobnas.com telah merangkum tentang algortima YouTube tersebut. Yuk, simak penjelasannya !. 

Mengetahui Cara Kerja Algoritma YouTube

1. Algoritma untuk Rekomendasi

Hal yang paling mempengaruhi algoritma rekomendasi di YouTube adalah seberapa banyak orang yang mengklik dan menyukai video tersebut, durasi menontonnya, komentar, dan masih banyak lagi. Terlepas dari hal tersebut tentu ada faktor lain yang perlu kamu ketahui. 

Menurut Search Engine Journal, rekomendasi YouTube “diisi” berdasarkan interaksi audiens. Hal ini misalnya diukur dari yaitu berapa lama durasi mereka menonton, seberapa sering, apakah ada yang membagikan video tersebut, dan lainnya. Tidak ada masalah jika performa channel tersebut memang kurang baik sebelumnya. Jadi pada konteks ini, performa sebuah video adalah pertimbangan YouTube, bukan akun creator secara keseluruhan. 

Jadi, kesimpulannya adalah tugas YouTube dalam pengaturan algoritma rekomendasi konten-konten yang diinginkan oleh audiens tersebut.

2. Algoritma untuk Hasil Pencarian

Menurut Hootsuite, relevansi, engagement, dan metadata sebuah video menjadi fokus dari algoritma YouTube untuk hasil pencarian. Menurut Hootsuite

Ketika kamu mencari “cara menanam tumbuhan herbal”, maka hal tersebut masuk dalam konteks relevansi. Sudah tentu, hasil yang akan keluar yaitu yang berhubungan dengan tumbuhan herbal, bukan cara menanam jenis-jenis tanaman palawija. 

Untuk konteks engagement, sama seperti algoritma untuk daftar video rekomendasi, yaitu seberapa banyak orang berinteraksi dengan kontenmu. Sedangkan metadata bisa membawa perubahan untuk nasib videomu. Hal-hal yang termasuk dalam metadata misalnya, video, keyword yang ditargetkan, dan tags yang dicantumkan di deskripsi videomu.

Nah, itu dia seputar penjelasan tentang cara kerja algoritma YouTube. Selanjutnya, agar kamu lebih memahami seluk-beluk algoritma YouTube, Jobnas.com akan memberikan tips-tips agar algoritma YouTube-mu optimal. 

Tips Mengoptimalkan Algoritma YouTube

Setelah mengetahui cara kerja algoritma YouTube, sekarang saatnya kamu mempelajari cara untuk memanfaatkannya. Kamu bisa mengoptimalkan algoritma YouTube-mu agar performa videomu semakin baik, alih-alih menganggap algoritma sebagai pembatas. Berikut ini merupakan cara agar algoritma YouTube-mu dapat optimal : 

1. Buat Konten yang Konsisten

Tips pertama adalah membuat konten semenarik mungkin, dan usahakan untuk terus konsisten. Membuat konten semenarik mungkin dan usahakan agar terus konsisten menjadi tips pertama agar algoritma Youtube-mu optimal. Semisal, kamu merupakan seorang yang terbiasa membuat video review tempat-tempat wisata, dari situ kamu usahakan untuk terbiasa konsisten dengan tema besarmu itu dan bahasa yang digunakan, jangan membuat video atau vlog tentang review makanan dan dalam bahasa Inggris.  

Baca Juga : JHT BPJS Ketenagakerjaan: Syarat Lengkap dan Cara Klaim

Menurut Neil Patel, salah satu cara untuk meningkatkan reach organik ke akun YouTube-mu adalah dengan meningkatkan subscriber. Nah, dalam konteks inilah membuat konten menarik dan konsisten menemukan momentumnya. Selain itu, usahakan juga untuk membalas setiap ada penonton yang meninggalkan komentar di kolom komentar YouTube-mu. Setidaknya, like komentar mereka juga sudah cukup untuk meningkatkan engagement di channel-mu.

2. Pastikan Metadata Sudah Teroptimasi

Memastikan bahwa metadata video-video di channel-mu sudah dioptimasi merupakan cara lain untuk memanfaatkan algoritma YouTube. Hal ini kamu bisa lakukan mulai dari penggunaan keyword yang relevan dan banyak dicari, penggunaan tags untuk menjangkau lebih banyak user, penulisan deskripsi yang jelas, dan masih banyak lagi. Meskipun agak terlihat sepele, metadata ini sangat membantu meningkatkan performa videomu. 

3. Perhatikan Performa dari YouTube Analytics

Selain itu, agar algoritma YouTube-mu dapat optimal, salah satunya juga dengan memperhatikan performa yang tertera di Analytics. Sebab, YouTube Analytics biasanya akan memberikan data konten mana saja yang disukai oleh viewers, mana yang memiliki engagement paling tinggi, dan metrik-metrik lainnya.  Kamu jadi tahu harus lebih konsisten membuat konten seperti apa, ketika kamu mengetahui performa dari YouTube Analytics. Dari sini lah kamu bisa tahu performa video-video tersebut hampir bisa dijamin akan memiliki performa yang lebih baik.

Baca juga: Kenali Paid Partnership, Tingkatkan Jangkauan Pelanggan di Instagram

4. Jangan Melupakan Faktor Eksternal

Agar performa videomu meningkat, maka salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memastikan semua elemen dalam video sudah terpenuhi. Selain itu, kamu tidak boleh melupakan faktor-faktor eksternal juga, lho. Karena, kamu tidak bisa bergantung pada algoritma rekomendasi YouTube saja. Sebab, videomu baru akan muncul di bagian rekomendasi kalau sudah ada orang yang melakukan interaksi, walau hanya sekadar menonton saja.

Seperti yang dijelaskan Shopify, kamu bisa mengirimkan video baru ke daftar mailing list dan mempromosikannya di media sosial. Setidaknya, usaha ini akan cukup mendongkrak views video yang diupload.

5. Pastikan Thumbnail Menarik untuk Diklik

Memastikan bahwa thumbnail yang digunakan relevan dengan konten video dan juga cukup menarik perhatian merupakan cara terakhir agar algoritma YouTube bisa optimal. Hal ini disebabkan karena judul dan thumbnail pada video adalah dua hal pertama yang dilihat oleh calon viewers.

Baca Juga : Memahami Inclusive Design, Konsep Desain untuk Semua Pengguna

Itu dia penjelasan lengkap Jobnas.com mengenai cara kerja algoritma YouTube untuk hasil pencarian dan rekomendasi, serta tips mengoptimalkannya. Semoga berguna dan berhasil dipraktikkan untuk konten-konten videomu selanjutnya, ya!