Kenali 5 Perbedaan Antara Bos vs Pemimpin

Perbedaan Antara Bos vs Pemimpin

Jobnas.com – Begini perbedaan antara Bos vs Pemimpin sering banget terlintas dalam percakapan seorang para pencari kerja.

Bagaimana tidak? untuk memastikan setiap pencari kerja ingin memiliki atasan dengan keterampilan kepemimpinan yang baik dan etis.

Terutama dengan berbagai polemik yang muncul terkait karyawan yang menampilkan sikap atasannya di kantor.

Untuk melihat berapa pentingnya penilaian karyawan dan jobseeker terhadap seorang atasan, kali ini, Jobnas akan mengupas perbedaan dari seorang bos dan pemimpin.

Yuk, simak selengkapnya dalam rangkuman berikut ini!

Definisi Bos dan Pemimpin

Sebelum membahas lebih tentang perbedaan peran antara bos vs pemimpin, kita harus mengetahui terlebih dahulu arti dari masing-masing istilah.

Mengutip dari laman Cleverism, kata ‘bos’ dring dekali menuai stigma yang negatif. Pasalnya, dengan istilah seperti itu sering dikaitkan dengan kata ‘bossy’ yang memiliki arti suka memerintah.

Jika kamu membuka Oxford Dictionary, terjemahan dari kata ‘boss’ adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab pada sebuah organisasi.

Dengan demikian, kini istilah ‘bos’ lebih sering sekali di kaitkan dengan seorang atasan yang sangat tidak menyenangkan dan memiliki wewenang untuk suka memerintahkan bawahannya.

Di sisi lain, pemimpin sering sekali dikaitan dengan seseorang yang berperan untuk memimpinkan sebuah organisasi.

Bila kamu sandingkan perbedaan dari bos vs pemimpin, dengan kata ‘pemimpin’ dengan memiliki makna yang jauh lebih positif.

Mengapa dengan demikian? Sebab, tidak seperti bos, untuk seorang pemimpin sering di anggap sebagai seseorang yang mampu untuk menasehati bawahannya dan tidak hanya untuk memerintahkan.

Bahkan, tidak jarang juga seorang pemimpin akan ikut berpartisipasi dalam rangka menyelesaikan sebuah tugas bersama bawahannya.

Baca Juga: Tunjangan Hak Para Pekerja yang Wajib Ditunaikan Perusahaan

Perbedaan Peran Seorang Bos dan Pemimpin

Setelah kamu mempelajar bebrapa perbedaan arti antara bos dan pemmpin, kini kita akan membahas lebih lanjut lagi dari hal-hal yang membentuk pengertian tersebut, yaitu peran mereka di kantor.

Meskipun tanggung jawab mereka adalah sebagai atasan, tentunya sifat seorang bos dan pemimpin dapat dilihat dari kinerja mereka di tempat kerja.

Nah, kira-kira, seperti apa perbedaan peran antara seorang bos dan pemimpin? Berikut penjelasannya:

1. Sikap saat Menghadapi Masalah

Menurut Intelivate, perbedaan utama antara bos vs pemimpin dapat dilihat saat mereka sedang menghadapi sebuah masalah.

Pada umumnya seorang bos hanya akan memberikan sebuah perintah dan mendorong para karyawannya untuk menemukan sebuah solusi yang pasti.

Bebeda halnya dengan seorang pemimpin. Serorang pemimpin akan membantu semua bawahannya dengan memberikan dengan berbagai opsi yan solutif.

2. Cara memberikan Penilaian dan Kritik

Dengan perbedaan selanjutnya antara seorang bos dan pemimpin dapat kamu saksikan saat ia sedang memberikan penilaian dan kritik.

Jika seorang bos akan mengukur kualitas kerja karyawan berdasarkan hasil akhirnya. Bahkan, tak jarang ia akan menilai cara kerja karyawan. Bila karyawan bekerja sesuai aturan dan perintahnya, maka nilai yang diberi akan lebih tinggi.

Berbeda dengan seorang pemimpin. Ia akan menilai kinerja karyawan secara objektif.

Mulai dari progres hingga hasil akhir, semua aspek akan di jadikan sebuah bahan penilaian. Pemimpin juga tidak akan sungkan untuk mengapresiasi kerja keras bawahannya.

Saat memberikan sebuah kritikan, perbedaan bos vs pemimpin adalah dari bentuk saran yang mereka ujarkan.

Bila bos hanya akan memberikan kritik yang pedas, pemimpin akan mengungkapkan kritik yang membangun damn memotifasi.

3. Saat menerima Saran dari Bawahan

Dikutip dari laman Villanova University, ada perbedaan sikap antara bos vs pemimpin saat bawahan sedang memberikan saran.

Seorang bos pada umumnya tidak akan menerima kritik ataupun saran dari bawahan. Pada dasarnya, menurut mereka cara kerja yang mereka ajukanlah yang terbaik.

Di sisi lain, seorang pemimpin takkan ragu untuk mendengarkan semua saran yang telah diberikan bawahannya.

Tidak hanya itu, mereka juga akan memberikan rasa apresiasi dan mendiskusikan solusi yang terbaik untuk bersama bawahannya.

4. Sikap Mereka mengenai Kesetaraan

Kesetaraan merupakan suatu hal yang penting untuk diberdayakan dalam tempat kerja, khususnya pada era modern ini.

Tidak hanya perihal gender atau ras, kesetaraan antar karyawan juga bisa ditunjukkan melalui sikap yang adil.

Untuk perbedaan antara bos vs karyawan adalah cara mereka menanggapi isu tersebut.

Seorang bos biasanya memiliki karyawan favorit. Mereka bahkan tidak mementingkan kesetaraan di antara karyawannya.

Namun, berbeda dengan sikap pemimpin. Dalam segala perintah, mereka akan mampu untuk mengajukan unsur-unsur yang mendukung kesetaraan. Semua penilaian dan tugas juga diberikan secara objektif.

5. Bila terjadi Kesalahan

Terakhir, di kutip dari Volaris Group, perbedaan signifikan antara bos vs pemimpin adalah cara mereka menanggapi kesalahan.

Umumnya, seorang bos hanya akan menempatkan kesalahan pada bawahannya. Mereka tidak akan ragu untuk memberikan bawahan hukuman tanpa mendengarkan alasan mereka.

Berbeda sebaliknya, cara pemimpin menanggapi kesalahan adalah dengan mencari solusi secara bersama-sama dengan bawahannya.

Meskipun bawahan sudah mengaku salah, pemimpin tidak akan menghukumnya secara sembarangan. Ia justru akan memberikan kritik yang membangun.

Itu dia 5 perbedaan yang perlu kamu ketahui antara seorang bos vs pemimpin. Intinya, seorang bos kini memiliki makna negatif karena sikapnya yang suka memerintah tanpa memberikan dukungan.

Baca juga: 6 Tips Interview di Luar Kota, Pahami dan Selalu Menjaga Kesehatan

Beda halnya dengan pemimpin. Individu ini digambarkan sebagai atasan yang diidamkan oleh para jobseeker. Nah, bagaimana denganmu? Apakah atasanmu seorang bos atau pemimpin?

0
29