Pentingnya Menjadi Pahlawan untuk Diri Sendiri Penting Kalian Ketahui

Pentingnya Menjadi Pahlawan untuk Diri Sendiri Penting Kalian Ketahui

Jobnas.com – Jika membicarakan sosok pahlawan yang terlintas dalam pikiran kita berjuang untuk orang lain. Adakah selintas dalam pikiran kalian untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri?

Hal di atas sejalan dengan definisi KBBI tentang pahlawan sebagai pejuang pemberani. Padahal, kita semua bisa menjadi pahlawan bagi diri kita sendiri.

Bagaimana dan mengapa ini harus dilakukan? Sekarang, cari tahu jawabannya di Artikel Jobnas kali ini.

Mengapa Penting untuk Menjadi Pahlawan Diri Sendiri?

Menjadi orang yang dewasa tentu tidak mudah. Setelah lulus kuliah, kami harus mencari pekerjaan. Begitulah yang selalu dipikirkan oleh banyak orang. Ketika kita sudah bekerja, kita harus bekerja keras untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Belum lagi jika lingkungan kerja tidak sesuai dengan harapan kita. Tentu saja, memulai dengan rekan kerja yang beracun atau atasan mikro memaksa kita untuk bekerja sangat keras. Jika demikian, lebih mudah bagi kita untuk melupakan merawat diri kita sendiri.

Pasalnya, pikiran hanya terfokus pada pekerjaan dan bagaimana membuatnya bekerja lebih maksimal. Meski terlalu banyak bekerja juga tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental. Padahal, menurut Harvard Medical School, sejumlah penyakit kronis bisa terjadi jika kalian bekerja terlalu keras.

Misalnya, diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, stroke, dan penyakit jantung berisiko lebih tinggi bagi orang yang bekerja terlalu lama. Selain serangan fisik, gangguan mental juga sering terjadi pada orang yang terlalu banyak bekerja dan lupa istirahat.

Gangguan mental seperti stres, sering cemas dan depresi adalah masalah utama orang yang terlalu banyak bekerja. Inilah sebabnya mengapa work-life balance sangat penting dalam dunia kerja. Sayangnya, menjaga work-life balance tidaklah mudah.

Alasannya adalah banyak karyawan lebih tertarik pada pekerjaannya daripada diri mereka sendiri. Jadi menjadi pahlawan bagi diri sendiri adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental dan work-life balance.

Jadi kita harus berjuang seperti pahlawan bagi diri kita sendiri untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

Hal-hal yang Perlu kalian Lakukan untuk Menjadi Pahlawan Diri Sendiri

Setelah mengetahui pentingnya menjadi pahlawan bagi diri sendiri di atas, cari tahu dulu apa yang bisa kamu lakukan untuk mewujudkannya. Di bawah ini adalah cara-cara untuk mengetahuinya.

1. Pergi Bekerja Tepat Waktu

Cara untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri adalah tepat waktu untuk bekerja. Ini bisa dilakukan tanpa lembur. Sebenarnya, bekerja lembur bukanlah hal yang buruk. Apalagi jika memang pekerjaan tersebut harus segera diselesaikan.

Akan tetapi, bekerja lembur setiap hari tentu bisa membuat badan semakin lelah, pikiran tidak bisa diam. Jadi kalian harus mencoba untuk bekerja tepat waktu dan mencoba untuk fokus, berhenti menunda-nunda.

2. Berkumpul dengan Orang Terdekat

Healthline menjelaskan bahwa bertemu dengan teman atau orang dekat lainnya dapat mengurangi rasa lelah dan stres di tempat kerja.

Kesibukan pekerjaan seringkali membuat kita lupa akan pentingnya menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat kita. Meski bertemu dengan orang tersayang bisa membuat kita merasa lebih baik dan sejenak melupakan beban pekerjaan.

Dengan begitu, sangat penting untuk bertemu dengan orang-orang terdekat kita karena dapat membuat kita tetap terjaga meski sedang banyak pekerjaan.

3. Terus Terapkan Kebiasaan Hidup Sehat

kalian juga bisa menjadi pahlawan bagi diri sendiri dengan mengikuti kebiasaan hidup sehat. Tanpa kebiasaan hidup sehat, tentunya kita akan mudah sakit, lelah dan akhirnya tidak bisa fokus bekerja.

Beberapa contoh kebiasaan gaya hidup sehat yang harus diterapkan antara lain makan makanan bergizi, tidur cukup, dan rutin berolahraga. Ketika kaliam terbiasa melakukan hal-hal ini, tubuh dan pikiran Anda akan selalu dalam kondisi yang baik.

4. Berilah Waktu kepada Diri Sendiri

Tahukah kalian bahwa waktu adalah hal yang nyata untuk dilakukan karena dapat membuat kita lebih bahagia? Seperti yang dikutip WebMD, meluangkan waktu untuk diri sendiri dapat mengurangi stres, meningkatkan energi dan produktivitas, serta dapat membuat kalian lebih bahagia.

Melakukan hal-hal yang kalian sukai di waktu saya akan membuat kalian lebih nyaman dan keadaan emosi kalian akan meningkat. Jadi ketika kalian sedang dalam keadaan semangat yang baik, klaian pasti akan lebih produktif.

5. Jangan Memaksakan Diri

Menurut Psychology Today, penting untuk menerima diri sendiri setelah melakukan yang terbaik. Pasalnya, perjuangan untuk tetap melakukan sesuatu dengan sempurna hanya akan menguras tenaga dan semangat Anda.

Pada bagian ini yang bisa kita lakukan untuk menjadi pahlawan bagi diri sendiri adalah mencoba mengetahui kemampuan diri sendiri. Dengan cara ini, kita tidak akan memaksakan diri untuk terus bekerja atau melakukan sesuatu di luar kemampuan kita.

Selalu memaksakan diri untuk bekerja sangat keras untuk mencapai hasil yang sempurna bukanlah kebiasaan yang baik.

Baca juga: Memahami Learning Curve untuk Meningkatkan Performa Karier

Inilah penjelasan dari Jobnas mengapa sangat penting untuk menjadi pahlawan untuk diri sendiri.

Jika kalian tertarik dengan tema yang semacam ini kalian dapat membacanya di Blog Jobnas. Selain artikel yang memuat tentang informasi peting di sana juga di sediakan forum tanya jawab.

Dari sekarang kalian bisa memulail dan berbagi cerita tentang masalah umum di tempat kerja dan cara mengatasinya.

0
367