Memahami Learning Curve untuk Meningkatkan Performa Karier

Google News
Memahami Learning Curve untuk Meningkatkan Performa Karier
Memahami Learning Curve untuk Meningkatkan Performa Karier

Jobnas.com – Tahukah kalian bahwa Learning Curve dapat digunakan untuk meningkatkan performa kerja? Pertumbuhan pribadi dan karir tidak selalu berbicara tentang kualitas pekerjaan, karena banyak hal berbeda yang dijadikan acuan.

Kalian mungkin sering mendengar istilah learning curve. Learning curve adalah istilah yang biasa digunakan dalam pembelajaran komputer. Bahkan, kalian bisa menggunakan kurva ini saat mempelajari keterampilan apa pun.

Penasaran dengan topik Jobnas kali ini mari temukan penjelasannya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Learning Curve?

Menurut Valamis, kurva belajar adalah istilah dari bahasa Indonesia yaitu korelasi antara kinerja siswa pada suatu tugas dan jumlah usaha atau waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut. Korelasi ini biasanya direpresentasikan secara grafis.

Istilah kurva belajar sendiri pertama kali diperkenalkan oleh psikolog Hermann Ebbinghaus pada tahun 1885. Awalnya, istilah ini digunakan untuk mengukur efisiensi produksi dan memperkirakan biaya.

Saat ini, kurva ini digunakan untuk mengukur kinerja karyawan pada tugas yang berulang. Konsepnya adalah bahwa setiap karyawan membutuhkan waktu untuk mempelajari cara melakukan tugas tertentu.

Selama pengembangan karir, kurva pembelajaran itu sendiri digunakan untuk menganalisis berapa lama waktu yang dibutuhkan karyawan untuk mempelajari keterampilan baru.

Bagaimana Mengukur Kurva Belajar

Kurva pembelajaran dapat digunakan untuk mengukur keluaran secara efektif saat mempelajari sesuatu. Untuk ini, kalian dapat menggunakannya untuk mengukur kinerja kalian di tempat kerja.

Berikut adalah langkah-langkanya.

1. Pengukuran Simultan Beberapa Variabel

Untuk menghasilkan keluaran yang efisien, kalian perlu mendapatkan gambar yang paling lengkap. Oleh karena itu, kalian perlu menerapkan teori kurva belajar ke sebanyak mungkin variabel terukur untuk pekerjaan tersebut.

Dengan cara ini kalian dapat melihat bagaimana variabel saling memengaruhi dan membandingkannya.

2. Periksa Ulang Data yang Kalian Gunakan

Sebelum membuat keputusan berdasarkan hasil, pastikan kalian tidak mengabaikan variabel apa pun. Apalagi jika hasilnya tidak seperti yang kalian harapkan. Jika hasilnya tidak terduga, mungkin karena beberapa data hilang.

3 . Pantau Terus

Jangan hanya menerapkan teori kurva belajar pada saat perubahan. Pantau sepanjang tahun jika perlu. Untuk menggunakan kurva pembelajaran secara efektif untuk pertumbuhan karier, tindak lanjuti secara teratur.

Pemantauan berkelanjutan akan mengingatkan kalian untuk segera memperbaiki dan memodifikasi pendekatan kalian segera setelah masalah muncul.

4. Membuat Keputusan yang Tepat

Jika data menunjukkan bahwa proses pembelajaran kalian saat ini tidak terlalu efektif, lakukan beberapa perubahan dan ukur kembali. Dalam beberapa kasus, keputusan terbaik mungkin muncul pada perubahan pertama.

Dalam kasus lain, mungkin diperlukan beberapa putaran pengujian untuk menemukan perubahan yang benar-benar meningkatkan kinerja.

5. Tetapkan Tujuan yang Jelas dan Terukur

Teori kurva pembelajaran hanya dapat berfungsi jika variabel yang kalian tentukan dapat diukur dan konsisten. Kurva belajar diukur secara kuantitatif. Oleh karena itu penting untuk menetapkan tujuan yang jelas dan terukur.

Tips Meningkatkan Performa Karir dengan Learning Curve

1. Pilih Pekerjaan yang Bernilai Tinggi bagi Kalian

Cara yang pertama, yang penting dalam suatu pekerjaan bukan hanya jumlah jam kerja. Di luar jam kerja, yang terpenting adalah nilai tugas yang kalian selesaikan. kalian harus mencapai kualitas dan kuantitas hasil kerja yang maksimal.

Semakin banyak waktu yang kalian habiskan untuk tugas bernilai lebih tinggi, semakin banyak uang yang akan kalian peroleh untuk setiap jam yang kalian habiskan.

2. Manfaatkan Kelebihan Kalian

Cara yang kedua, ketika kalian mengerjakan tugas-tugas yang sesuai dengan keahlianmu, kamu dapat menyelesaikannya dalam waktu yang lebih singkat. Berusahalah untuk menjadi lebih baik dalam hal apapun yang kamu lakukan.

Kalian meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pekerjaanmu lebih cepat dengan memanfaatkan kelebihan kalian dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diharapkan dari kalian.

3. Bekerja Lebih Cepat dengan Visi yang Jelas

Cara yang ketiga, jika kalian ingin memanfaatkan kurva pembelajaran karier kalian adalah bekerja lebih cepat. Kembangkan rasa urgensi. Jika perlu, terapkan metode manajemen waktu yang sesuai untuk kalian.

Kembangkan dan pertahankan visi yang jelas dalam aktivitas kerja kalian. Dengan cara ini, kalian dapat berpindah dari tugas ke tugas lebih cepat.

kalian akan terkejut betapa banyak yang dapat dicapai hanya dengan memutuskan untuk meningkatkan kecepatan apa pun yang kalian lakukan.

4. Sederhanakan Pekerjaan Kalian

Cara yang terakhir yang perlu kalian lakukan untuk memajukan karier kalian menggunakan kurva belajar adalah menyederhanakan pekerjaan kalian.

Sederhanakan pekerjaan kalian dengan visi yang jelas tentang apa yang penting untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah.

Gabungkan beberapa item pekerjaan ke dalam satu tugas untuk langkah yang lebih sedikit guna meningkatkan produktivitas.

Hilangkan sama sekali operasi bernilai rendah. Sekarang kalian sudah tahu bagaimana kurva belajar dapat memengaruhi karier.

Baca juga: 5 Khasiat Kebersihan untuk Kesehatan Mental, Coba Buktikan!

Mulailah sekarang juga cara-cara yang sudah dijelaskan di atas! Seperti yang kalian ketahui, jika kalian membutuhkan berbagai informasi seputar dunia kerja dan lainnya bisa kalian dapatkan di Jobnas.