5 Khasiat Kebersihan untuk Kesehatan Mental, Coba Buktikan!

5 Khasiat Kebersihan untuk Kesehatan Mental, Coba Buktikan!

Jobnas.com – Cobalah dari sekarang untuk membiasakan diri memeriksa rumah atau kantor bahkan ruang kerja kalian. Apakah rapi atau berantakan? Jika berantakan, sekarang saatnya untuk membersihkan atau merapikannya. Menurut data dari Rubbermaid Survey, dikutip dari Prevention, 91% orang merasa sangat stres, cemas, dan kewalahan saat rumahnya berantakan.

Sedangkan menurut data Brother, 40% pekerja mengatakan mereka bisa lebih produktif jika ruang kerjanya tertata. Mereka bahkan tidak tahu harus mulai dari mana untuk membersihkan rumah. Karena itu, banyak orang ingin mendeklarasikan secara teratur.

Sebenarnya, apa itu pembersihan dan apa manfaatnya untuk kesehatan mental? Jika kalian penasaran dengan informasi semacam ini maka kalian bisa menemukan jawabannya di artikel Jobnas kali ini.

Apa itu Decluttering?

Membersihkan rumah bisa menjadi kegiatan yang tidak menyenangkan bagi sebagian orang. Capek kerja seharian, kenapa masih bersih-bersih rumah? Padahal, membersihkan atau menata barang-barangmu punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan mental.

Sebelum kita membahasnya lebih jauh, apa sebenarnya pembersihan itu? Membersihkan adalah proses memutuskan apakah barang-barang di ruang kalian benar-benar diperlukan, seperti yang ditulis Simplify Stuff. Dengan kata lain, kalian memprioritaskan hal-hal yang benar-benar kalian butuhkan dan gunakan.

Jika tidak benar-benar diperlukan, kalian dapat memindahkan barang-barang tersebut ke tempat lain. Secara umum, teratur juga dapat dikaitkan dengan gaya hidup minimalis. Jika dilakukan secara rutin, pembersihan akan membuat hidup kalian bersih dan rapi.

Manfaat Kesehatan Mental dari Pembersihan

Mungkin kita todak asing lagi dengan ungkapan yang sangat popular mengenai kebersihan. “Kebersihan sebagian dari iman” selain ungkapan itu, Kebersihan sangat erat kaitannya dengan ketertiban. Namun, siapa sangka, ternyata bersih-bersih juga punya banyak manfaat kesehatan mental.

Apa saja Manfaatnya? Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang disediakan Jobnas.

1. Tingkatkan Perhatian

Mindfulness berarti berfokus sepenuhnya pada semua yang kalian lakukan. Keuntungan ini terkait dengan poin sebelumnya. Jika kamar kalian rapi, kalian tidak perlu terlalu memikirkannya. Kalian dapat lebih fokus pada apa yang kalian lakukan.

2. Pereda Stres

Ketika kamar tidur, kantor, atau rumah kalian berantakan, kalia bisa merasa sangat stres. “Kapan ini akan dibersihkan?” kalian bertanya pada diri sendiri. Namun, mereka tidak akan membersihkannya sendiri. kalian perlu memecahkannya sendiri.

Maka kalian tidak perlu lagi stres atas kekacauan kalian.

3. Lepaskan Masa Lalu

Apakah kalian memiliki kenangan dari masa lalu, seperti hadiah dari mantan atau kekasih kalian? Saatnya kalian melepaskan masa lalu dengan berbenah. Jika kalian benar-benar tidak membutuhkannya dan terus mengingatkan kalian pada masa lalu, kalian dapat menghapusnya.

Jadi kalian tidak akan sedih setiap kali kalian melihatnya. Kebersihan telah terbukti memiliki efek positif pada kesehatan mental seseorang. Bahkan, kegiatan tersebut juga dikatakan dapat meningkatkan produktivitas.

4. Hargai Apa yang Kalian Miliki

Saat kalian melakukan decoding, kalian akan menemukan banyak hal yang mungkin kalian lewatkan. Misalnya, kalian menemukan sebuah buku yang sudah lama kalian simpan tetapi belum sempat kalian baca. Bahkan, kalian mungkin sudah menemukan tabungan kalian sejak sekolah dasar.

Menurut The Spruce, itu bisa membuat kalian lebih bersyukur dan menghargai apa yang kalian miliki. Oleh karena itu, ketika kalian membuka toko online atau e-commerce, kalian tidak akan langsung tergiur untuk membeli barang yang kalian inginkan. Kalian akan menemukan bahwa kalian masih memiliki barang-barang ini di rumah.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Menurut Psychology Today, penataan furnitur juga berpengaruh baik terhadap kepercayaan diri seseorang. Saat membersihkan kamar, kalian akan dihadapkan pada banyak keputusan.

Kalian akan dihadapkan pada pilihan apa yang akan dihapus, apa yang harus disimpan, dan di mana harus meletakkannya. Jika kalian terus melakukan hal-hal tersebut, kalian akan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan.

Baca juga: Waspadai Emotional Sponge Jika Terlalu Berempati hingga Pengaruhi Kesehatan Mental

Jadi kapan akan mulai membersihkan ruangan kalian? Sekarang, besok atau akhir pekan ini?

Jika sudah melakukannya dan merasakan efeknya jangan ragu-ragu untuk membicarakannya di forum Tanya jawab Jobnas. Di sana, banyak pengguna Jobnas yang sedang menunggu cerita dan tips kebersihan kalian.

Jika kalian ingin menceritakannya kepada mereka supaya mereka juga merasakan hal yang sama dengan yang kalian rasakan, maka dari sekarang daftarkan diri kalian di blog Jobnas sekarang juga.

0
1786