Optimalkan Local SEO, Agar Kamu Menguasai Bisnis di Area Lokal

Optimalkan Local SEO, Agar Menguasai Bisnis Area Lokal

Jobnas.com – Local SEO menjadi salah satu hal yang dapat kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnismu, terutama di area lokal. Bagi yang baru memulai bisnis, area lokal sangat memungkinkan menggaet banyak pelanggan yang ada di sekitar area lokasi bisnismu. 

Lalu, apa itu pengertian local SEO sebenarnya, sih ? dan kenapa penting untuk diimplementasikan serta bagaimana cara penerapannya agar dapat berjalan dengan baik ?. 

Baca Juga : JHT BPJS Ketenagakerjaan: Syarat Lengkap dan Cara Klaim

Nah, di artikel ini Jobnas.com akan membahas itu semua. Yuk, simak penjelasannya. 

Pengertian Local SEO

Seperti yang telah disinggung di atas, local SEO sangat memungkinkan bisnismu menggaet banyak pelanggan terutama yang berada di area lokasi bisnis mu. Selaras dengan ini, Bright Local melansir bahwa agar bisnismu mendapatkan peringkat tertinggi pencarian lokal di mesin Google, maka local SEO sangat direkomendasikan untuk diterapkan. 

Sebagai pengguna, hal seperti ini mungkin sering kamu temui ketika mencari sesuatu di Google. Seperti, ketika kamu mencari restoran burger terdekat. Nah, Google secara otomatis akan menunjukkan hasil restoran burger yang ada di area terdekatmu. Biar bagaimanapun untuk saat ini, banyak pengguna yang melakukan pencarian sesuai dengan lokasinya saat ini. Misalnya, saat ingin mencari keyword “pasang CCTV”. 

Tidak jarang, pengguna akan mencarinya dengan menambahkan lokasi di belakangnya, “pasang CCTV Surabaya”, “Semarang”, atau kota lainnya. Nah hal ini juga sangat berguna untuk memaksimalkan website para pebisnis di area lokalnya. Apalagi untuk memaksimalkan bisnismu di internet, maka praktik semacam ini sangat efektif untuk diterapkan. 

Kenapa demikian ?. Karena bisnis mu bersaing hanya di area lokasi tertentu saja, bukan dalam satu negara. Lalu, seberapa penting sih menerapkan local SEO untuk website bisnis kita ?. 

Pentingnya Local SEO

Seperti dilansir Search Engine Journal, setidaknya hampir separuh atau 50 % orang sering melakukan penelusuran lokal dengan seluler untuk mencari suatu alamat bisnis terdekat. Bahkan, 78% pencarian lokal melalui seluler berakhir dengan pembelian yang dilakukan user secara offline.

Data tersebut mengindikasikan bahwa kunci utama untuk mengembangkan bisnis di area lokal ialah melalui local SEO ini. Hal ini juga akan berguna bagi bisnis mu untuk menarik konsumen agar mengetahui lokasi bisnisme, sehingga mereka akan melakukan transaksi dengan mendatangi tokomu. 

Baca Juga : Staff General Affair

User tentu akan mengalami kesulitan saat mencari bisnismu apabila kamu tidak dapat memaksimalkan local SEO dengan baik. Pada akhirnya, bisnismu tidak akan berkembang dengan pesat. Di sinilah local SEO berperan signifikan membuat bisnismu menjadi semakin berkembang pesat. 

Lantas, bagaimana cara memaksimalkan local SEO untuk bisnis ? 

Strategi Memaksimalkan Local SEO

Local SEO adalah proses pengoptimalan yang menjanjikan untuk bisnis seperti yang telah dijelaskan di atas. 

Jobnas.com akan memberikan strategi bagaimana cara memaksimalkan local SEO untuk bisnis. Setidaknya ada 3 strategi agar local SEO dapat dimanfaatkan untuk bisnismu. 

1. Optimalkan Google My Business

Bagi kamu yang masih belum menggunakan Google My Business, segera lah mulai pelajar tool dari Google yang satu ini. Untuk memaksimalkan praktik local SEO sehingga bisnismu dapat dideteksi oleh halaman pencarian dan Google Maps, kamu bisa mengoptimalkan Google My Business, hal ini seperti dilansir dari Ahrefs. 

Langkahnya ialah buka Google My Business, kemudian bisnismu daftarkan di sana. Untuk mendaftarnya, kamu bisa menggunakan Gmail dan lengkapi profilmu dengan cara mengisi nama bisnis, kategori, logo, foto, produk, dan lain-lain. Setelah itu, dengan sendirinya profil google My Business akan tampil seperti jika ada user yang sedang mencarinya di Google. 

2. Membuat Konten Lokal

Sesuai namanya, konten lokal adalah saat kamu memainkan sebuah konten seputar kota di mana saat ini bisnismu berjalan. Contohnya, kamu menjalankan kamu menjalankan bisnis travelling di Yogyakarta. Maka, segera buat konten lokal mengenai kota tersebut, seperti wisata-wisata menarik di Yogyakarta, makanan enak di Yogyakarta, dan lain-lain. Untuk mengoptimalkan local SEO, hal ini sangat penting untuk dilakukan. 

Karena mau tidak mau ketika kamu membuat konten secara luas untuk menarik banyak orang, maka seperti dilansir dari Hubspot, konten lokal akan membantumu fokus untuk menarik audiens lokal terlebih dahulu. 

3. Memastikan Website Mobile-friendly

Pastikan websitemu mobile-friendly atau dengan kata lain ramah digunakan oleh pengguna seluler. Kamu bisa menggunakan tool seperti Google Mobile-Friendly untuk memastikan apakah websitemu sudah mobile-friendly apa belum. Karena di sana kamu akan tahu apa yang mesti kamu perbaiki apabila situsmu belum ramah unutk pengguna seluler. 

Baca Juga : Mau tau Cara Jualan di Tiktok? Berikut 6 Strategi Marketing yang Efektif Jangkau Pelanggan Tiktok

Itulah beberapa penjelasan terkait local SEO serta bagaimana cara mengoptimalkannya. Pada intinya, local SEO adalah jenis SEO yang perlu kamu pertimbangkan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Tentu dengan adanya local SEO ini bisnismu akan mendapatkan keuntungan yang besar di masa depan. 

Sudah siap untuk memaksimalkan bisnismu dengan local SEO?

Baca juga: Sender Reputation, Sebuah Gambaran atas Kualitas di Mata Pelanggan

Agar kamu lebih siap dalam mengembangkan bisnis melalui SEO, Jobnas.com memiliki banyak sekali informasi seputar SEO dan digital marketing, lho. Jadi, jangan sampai ketinggalan informasi dari Jobnas.com, ya.

0
32